sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Lain Mengatakan “I Know” / “I Understand”

Another way to say “I Know” / “I Understand”

Kita semua tahu bahwa “I know” dan “I understand” merupakan ungkapan dalam bahasa Inggris yang dipakai untuk mengungkapkan bahwa kita mengerti maksud dari lawan bicara kita. Meskipun demikian, masih ada ungkapan lainnya yang memiliki fungsi yang sama dengan “I know” dan “I understand”. Apa saja ungkapan-ungkapan tersebut? Berikut ini adalah cara lain untuk mengatakan “I know, I understand” dalam bahasa Inggris beserta dengan penjelasan singkatnya:

1. Ok

Untuk memberitahu bahwa kita mengerti dan mengikuti apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kita, kita bisa menggunakan “ok” atau “okay”. Contoh:

A: I’m sorry. Mr. Robert is not in the office right now. (Maaf. Pak Robert sedang tidak ada di kantor saat ini)

B: Ok. I’ll come back tomorrow. (Oke. Saya akan kembali lagi besok)

2. All Right

“All right” juga merupakan ungkapan singkat yang bisa digunakan untuk menyatakan pengertian kita terhadap lawan bicara kita. Contoh:

A: Don’t forget to feed the cat while I’m not here. (Jangan lupa untuk memberi makan kucingnya selama aku tidak ada di sini)

B: All right. (Baik)

3. Sure

Sama seperti “ok” dan “all right”, “sure” juga termasuk ke dalam ungkapan singkat yang bisa menggantikan “I know” dan “I understand”. Contoh:

A: Do you mind if I take a rain check? I’m not feeling well right now. (Apakah kamu keberatan jika kita bertemu lain kali? Aku sedang tidak enak badan sekarang)

B: Sure. (Tentu saja)

4. I Get You/ I Get It

“I get you” atau “I get it” merupakan ungkapan yang paling umum digunakan untuk menyatakan kepahaman. Frasa ini biasanya dipakai dalam situasi tidak formal. Dalam bentuk lampau, gunakanlah “I got you” atau “I got it”. Contoh:

A: I’m sorry for not letting you borrowing my necklace. It’s just, you know, the necklace is my family heirloom. (Maaf tidak mengizinkanmu untuk meminjam kalungku. Hanya saja, kau tahu, kalungnya adalah warisan keluargaku)

B: It’s okay. I get you. (Tidak apa-apa. Aku mengerti)

5. Of Course

Cara selanjutnya yang bisa dipakai untuk mengatakan “I know, I understand” adalah “of course”.  Frasa ini lazim digunakan ketika kita paham sekaligus setuju atas apa yang dikatakan oleh lawan bicara kita. Contoh:

A: We have to make sure that we’ve followed every step correctly. (Kita harus memastikan bahwa kita telah mengikuti setiap langkah dengan benar)

B: Of course. We have to do that, otherwise we’ll fail. (Tentu saja. Kita harus memastikannya, jika tidak kita akan gagal)

6. I See

“I see” adalah ungkapan lainnya yang bisa menggantikan “I know, I understand”. Contoh:

A: Hey, do you know how to get to the city park? (Hei, apakah Anda tahu bagaimana cara untuk ke taman kota?)

B: Just go straight and turn right at the first intersection. The park is right next to Bank A. (Lurus saja dan belok kanan di persimpangan pertama. Tamannya tepat berada di samping Bank A)

A: I see. Thanks. (Mengerti. Terima kasih)

7. I Take Your Point/ Fair Enough

“I take your point” dan “fair enough” dipakai ketika kita mengerti akan pendapat lawan bicara kita dan menghargai pendapatnya tersebut tanpa menyebutkan apakah kita setuju atau tidak setuju dengannya. Contoh:

A: Why did you come late to today’s meeting? (Mengapa Anda datang terlambat ke rapat hari ini?)

B: I had forgotten to turn on my alarm, so I woke up late this morning. I apologize for this unprofessionalism. (Saya lupa untuk menyalakan alarm saya, sehingga saya bangun terlambat pagi ini. Saya minta maaf atas ketidakprofesionalan ini)

A: I take your point. Please don’t do that again next time. (Saya paham. Tolong jangan lakukan itu lagi lain kali)

B: I won’t. Thank you. (Tidak akan. Terima kasih)

8. I Hear You

Ungkapan selanjutnya yang bisa dipakai untuk menggantikan “I know, I understand” adalah “I hear you”. Ungkapan “I hear you” memiliki kesan bahwa kita benar-benar mendengarkan dan merasakan apa yang diucapkan oleh lawan bicara kita. Contoh:

A: Hey, is something wrong? You look worried. (Hei, ada apa? Kamu terlihat cemas)

B: I accidentally broke my sister’s favourite CD. She definitely will be very mad at me. (Aku tidak sengaja merusak CD kesukaan kakakku. Dia pasti akan sangat marah padaku)

A: I hear you. Why don’t you speak and explain everything to her? I’m sure she’ll understand. (Aku mengerti. Mengapa kamu tidak berbicara dan menjelaskan segalanya padanya? Aku yakin dia akan mengerti)

B: Thanks, but I’m not ready yet. (Terima kasih, tetapi aku belum siap)

9. I See Where You Are Coming From

Untuk memberitahu lawan bicara bahwa kita mengerti, kita bisa menggunakan “I see where you are coming from”. Frasa ini memiliki arti dan fungsi yang sama dengan “I know” dan “I understand”. Contoh:

A: I didn’t see you at the party last night. Why? You had promised me that you would come. (Aku tidak melihatmu di pesta kemarin malam. Mengapa? Kamu berjanji padaku akan datang)

B: Sorry. I had to finish my work by midnight, or I would get laid off. (Maaf. Aku harus menyelesaikan pekerjaanku sebelum tengah malam, atau aku akan diberhentikan)

A: I see where you are coming from, but at least you should have told me. (Aku paham, tetapi setidaknya kamu harus memberitahuku)

Itu tadi sejumlah cara lain untuk mengatakan “I know, I understand” dalam bahasa Inggris. Ternyata ada banyak cara untuk mengungkapkan bahwa kita memahami lawan bicara kita. Pelajari dan terapkan cara-cara tersebut agar bahasa Inggris kita semakin lancar.

 

Cara Komplain Secara Sopan dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan “I Know” / “I Understand”
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (Politely Decline an Invitation)
Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Kejelasan Suatu Peristiwa / Memberikan Klarifikasi dalam Bahasa Inggris
Cara Agar Mahir Berbahasa Inggris
Cara Baca Angka dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Cara Lain Mengatakan “Yes”
Cara Lain Mengatakan “I Like It”