sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Membaca Kartu Nama dan Memahami Informasi Pekerjaan atau Perusahaan

Memasuki usia produktif, kita akan mulai melangkah ke jenjang kehidupan yang baru, yakni sebagai seorang pekerja. Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan, bekal yang harus disiapkan adalah ilmu dan ketrampilan.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan adalah dengan mengajukan diri ke sebuah instansi atau perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan kualifikasi yang sudah kita miliki.

Dalam dunia kerja, kita akan menjumpai beragam hal baru seperti hubungan dengan klien, atasan, atau perusahaan lain. Untuk memulai kerjasama bisnis, hal paling mendasar yang perlu kita lakukan adalah menggali informasi tentang orang atau pihak yang akan diajak bekerjasama.

Dalam dunia kerja, perkenalan tidak dilakukan seperti halnya dalam situasi informal di mana dua orang akan bertukar tentang informasi pribadi. Namun, perkenalan antar dua orang dalam lingkungan kerja bisa dilakukan dengan saling bertukar kartu nama.

Membaca kartu nama

Kartu nama atau namecard berfungsi untuk mengenalkan diri sebagai seorang profesional. Dalam sebuah kartu nama, informasi yang tertera umumnya adalah nama, jabatan, instansi, dan kontak serta alamat website. Sebagian orang juga akan mencantumkan logo perusahaan serta tagline yang dimiliki untuk mengenalkan karakter perusahaan.

Kini, penggunaan QR code juga dimanfaatkan dalam kartu nama untuk memudahkan orang lain mengunjungi website atau akun media sosial pemilik kartu nama.

Lihat contoh kartu nama dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Keterangan:

  • IBM Times : company name atau nama perusahaan
  • Room for the youth : company tagline atau slogan perusahaan
  • Elianna Rose : profile name atau nama profile
  • Editor : position atau jabatan
  • id : website url atau alamat web perusahaan
  • ellerose@ibmtimes.id : email address atau alamat email (contact info)
  • +62812345678 : phone number atau nomor telepon (contact info)

Informasi-informasi tersebut adalah yang perlu kita pertimbangkan saat hendak membuat kartu nama. Tidak perlu mencantumkan informasi pribadi seperti usia, tanggal lahir, atau kewarganegaraan sebab itu tak begitu diperlukan dalam menjalin hubungan bisnis.

Kita bisa juga mencantumkan gelar akademik dalam kartu nama untuk menambah kesan profesional.

Memahami Informasi Pekerjaan dan Perusahaan

Selanjutnya, kita akan membahas tentang cara memahami informasi pekerjaan dan perusahaan. Informasi ini biasanya dibutuhkan saat hendak melamar pekerjaan, khususnya menjelang sesi interview dengan pihak HRD perusahaan.

Mengapa kita perlu memahami informasi tentang suatu pekerjaan dan perusahaan yang akan dilamar? Jawabannya adalah, sebab kita akan masuk ke lingkungan tersebut dan menjalaninya.

Apabila kita sudah memahami informasi yang dibutuhkan dengan baik, maka kita akan lebih mudah mempersiapkan diri dan beradaptasi dengan lingkungan.

Sebaliknya, jika kita acuh tak acuh dengan informasi tersebut, kita akan dinilai kurang profesional dan kurang bertanggung jawab dengan pekerjaan yang dilamar.

Informasi mendasar tentang suatu pekerjaan biasanya dilampirkan oleh instansi atau perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan; contohnya seperti yang ada di bawah ini.

As we are now in aggressive expansion period, we would like to strengthen our GrowthTeam by looking for a high passionate students or fresh graduates to fill Multi Media Designer Internship position with below responsibilities:

  • Assist in the creation of Digital Campaigns art creative
  • Involved in ideation, plan (scriptwriting, storyboard), and produce of a variety of short videos to deliver campaign’s message
  • Creating Motion Graphics as needed
  • Working closely with the Technology & Development Team also Business Team of our company

Requirements

Likely, we’ll be delightful to have a candidate with:

  • Well represent education background with related major
  • Capability in using Adobe Photoshop and Illustrator
  • Portfolio of design related (must be submitted when you are applying)
  • Good communication skills”

Responsibilities” dalam sebuah informasi pekerjaan menyatakan tentang tanggung jawab yang harus diemban atau bentuk pekerjaan yang akan dijalani dalam posisi tersebut. Dari contoh di atas, kita melihat empat poin yang berlaku.

Adapun “requirements” merupakan persyaratan yang harus dimiliki oleh pelamar pekerjaan untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Informasi Perusahaan

Adapun untuk informasi tentang suatu perusahaan, cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengunjungi website resmi dari perusahaan tersebut. Biasanya, informasi tentang perusahaan terletak pada tab “About Us”.

Berikut ini adalah contoh informasi tentang perusahaan yang tertera pada laman https://www.urbanhire.com/en/about-us.

We founded Urbanhire because we believe hiring can be more efficient and we want to help companies get the talents they will love. Recruitment is a strategic issue and when done right it can be a significant competitive advantage. We inject the values we uphold most like technological excellence, collaboration and people empowerment to design a recruiting software that just works in the new economy. We’re excited to support the amazing teams at growing companies especially in our home markets of Indonesia and Asia.

We’re proud that we’ve built a cool product that allows companies to inspire and make their culture visible. We don’t believe in boring and transactional job posts when sourcing tech-savvy millennials. We dreamt of powerful, yet easy-to-use, software that hands back control to the companies and allow sharing jobs everywhere from a single account. We make filtering candidates as intuitive as the social networks, and give tools to deploy pre/post application assessments. Urbanhire empowers teamwork in finding the right talents.

Bagaimana, tidak sulit kan? Kita hanya perlu memperbanyak pembendaharaan kata agar lebih mudah memahami informasi pekerjaan atau perusahaan dalam bahasa Inggris dengan baik. Selamat belajar!

 

Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Membaca Kartu Nama dan Memahami Informasi Pekerjaan atau Perusahaan
Pidato Bahasa Inggris: Gemar Membaca Buku (The Importance of Reading Books)
Cara Membaca Waktu (Jam) dalam Bahasa Inggris dan Artinya
English Vocabulary: Jobs (Pekerjaan)
Percakapan Ingin Mengulang Informasi yang Tidak Jelas


 
Contoh Cerita Bahasa Inggris: Liburan ke Yogyakarta
Contoh Dailiy Activity: Liburan Sekolah ke Edinburgh Skotlandia
10 Tips Membuat CV Bahasa Inggris Yang Menarik
Menjelaskan Bisnis kepada Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Writing Rule: Tanda Titik, Koma, Titik Koma (Punctuation)
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Writing Tip: Contraction Word dalam Bahasa Inggris