sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Memuji Teman Kerja (How to Compliment Colleagues at Work in English)

Kerjasama dan komunikasi dalam tim merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dan dipertahankan dalam lingkungan kerja. Kerjasama yang baik antar anggota tim dapat memberikan dampak yang baik bagi tiap individu dalam suatu organisasi sehingga hal tersebut juga memberikan dampak yang baik bagi pertumbuhan organisasi tersebut.

Salah satu aspek penting yang bisa membantu meningkatkan hubungan antar anggota tim yaitu ketika para anggota memberikan pemikiran atau ungkapan yang positif kepada anggota tim lain secara langsung atau dengan kata lain memberikan compliment atau pujian ketika ada anggota tim melakukan suatu hal yang memuaskan atau membanggakan. Memuji dengan tulus membuat seseorang merasa senang dan termotivasi untuk bekerja lebih baik bagi tim dan organisasi dimana ia berada.

Mungkin sebagian kita masih bingung bagaimana cara menyampaikan pujian kepada teman kerja kita. Apalagi ketika pujian tersebut harus disampaikan dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, berikut berbagai cara atau alternatif kata untuk menyampaikan pujian kepada rekan kerja dalam bahasa Inggris.

  1. Sesuaikan dengan lawan bicara anda

Sebelum memberikan pujian, sebaiknya anda mempertimbangkan bukan hanya kepada siapa anda berbicara tetapi juga posisi orang tersebut di lingkungan kerja anda. Bedakan cara anda menyampaikan pujian kepada teman kerja dengan manajer atau karyawan. Contohnya sebagai berikut:

    • Kepada teman kerja — semi formal/formal

You’ve really made a huge difference here and I’m thankful you joined this team. (Anda benar-benar membuat perbedaan besar di sini dan saya sangat bersyukur anda bergabung dengan tim ini.)

    • Kepada manajer — formal

Thank you for teaching me how to regulate the new financial system. I really appreciate the time you took to show me how the data will be formatted from now on. (Terima kasih anda sudah mengajari saya cara untuk mengatur sistem keuangan yang baru. Saya sangat menghargai waktu yang anda luangkan untuk menunjukkan kepada saya bagaimana data akan diatur mulai sekarang.)

    • Kepada karyawan — semi formal/formal

The work you did to improve our ratings was fantastic. I am    continually impressed by the results. (Pekerjaan yang anda lakukan untuk meningkatkan peringkat kami sangat luar biasa. Saya terus menerus terkesan dengan hasilnya.)

  1. Puji secara spesifik

Selalu berikan pujian terhadap suatu hal secara jelas dan spesifik agar orang tersebut tahu apa yang harus mereka pertahankan dan tingkatkan kembali. Sebutkan prestasi atau pencapaian apa yang telah lakukan dengan jelas beserta dengan hasil dari pencapaian tersebut. Semakin spesifik pujian yang anda sampaikan akan semakin baik. Contohnya sebagai berikut.

    • Avoid (Hindari)

“Great work!” (“kerja bagus!”) — tidak spesifik

    • Do this instead (Lakukan ini sebagai gantinya)

Great work on the X project meeting today. It’s incredible how thorough your work is.” (“Kerja bagus pada rapat proyek X hari ini. Sungguh luar biasa betapa menyeluruh pekerjaan anda.)

  1. Sampaikan dampak/hasil dari apa yang ia lakukan

Dalam menyampaikan pujian anda juga bisa menjelaskan bagaimana hal yang dilakukan rekan kerja anda tersebut telah memberikan dampak yang baik bagi anda, anggota tim maupun bagi lingkungan kerja anda. Hasil yang disampaikan tidak perlu terlalu detail atau bertele-tele agar tidak memberikan kesan pujian tersebut dibuat-buat atau berlebihan. Terkadang kalimat sederhana saja sudah cukup untuk menyampaikan maksud anda, contohnya:

Thank you for your help with this project. I couldn’t have done it without you. (Terima kasih atas bantuan anda pada proyek ini. Saya tidak akan bisa menyelesaikannya tanpa anda.)

Dengan menekankan dampak atau hasil tersebut akan membuat rekan kerja anda tersebut merasa dihargai dan merasa pekerjaan yang ia lakukan memiliki dampak yang penting bagi perkembangan proyek yang sedang atau telah dikerjakan.

  1. Tetap profesional

Usahakan untuk tetap bersikap sopan dan formal saat memberikan pujian kepada rekan kerja anda meski pun saat anda menyampaikannya di luar lingkungan kerja. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah waktu dan tempat saat anda menyampaikan pujian kepada rekan kerja anda. Pastikan anda menyampaikan pujian anda pada waktu yang tepat terutama jika anda menyampaikannya di tempat umum.

Berikut beberapa contoh kalimat alternatif untuk menyampaikan pujian kepada rekan kerja anda dalam bahasa Inggris.

Ketika rekan kerja anda membantu anda

  • Thank you for always being willing to lend a hand. I couldn’t have done it without you. (Terima kasih karena (anda) selalu bersedia membantu. Saya tidak akan bisa menyelesaikannya tanpa anda.)
  • Thank you for being flexible. You are a lifesaver. (Terima kasih karena telah bersikap fleksibel. Anda adalah penyelamat.)

Flexible di sini bukan berarti lentur, lemas atau lunak secara harfiah tetap pujian ini biasa disampaikan saat rekan kerja anda mampu berpikir dengan cepat dan mengatasi situasi tertentu. Contohnya saat ada perubahan jadwal yang tidak terduga tetapi ia bisa mengatasinya dengan cepat.

  • Thank you for providing a unique perspective. We surely can make a better output from this. (Terima kasih karena telah memberikan perspektif yang unik/berbeda dari yang lain. Kita pasti bisa mencapai hasil yang lebih baik dengan ini.)

Mengapresiasi kemampuan/perkembangan rekan kerja anda

  • Nice/great job on your presentation today. It shows how you pay attention to details really well. (Kerja bagus untuk presentasi anda hari ini. Hal itu menunjukkan bagaimana anda memperhatikan detail dengan sangat baik.)
  • You’re a great communicator and I love your confident. I really enjoy working with you. (Anda adalah komunikator yang handal dan saya suka kepercayaan diri anda Saya sangat menikmati bekerja bersama anda.)
  • Good work, as always. I appreciate you getting this to me so quickly so I have time to review it beforehand. (Kerja bagus, seperti biasa. Saya menghargai anda menyerahkan ini kepada saya begitu cepat sehingga saya punya waktu untuk memeriksanya terlebih dahulu.)
  • Thank you for pulling everyone/everything together on such short notice. I’m so proud/happy/lucky to have you as a part of my team. (Terima kasih telah menyatukan semua orang/semuanya dengan pemberitahuan dalam waktu singkat. Saya sangat bangga/senang/beruntung memiliki anda     sebagai bagian dari tim saya.)
  • Outstanding work! This is truly above and beyond. (Pekerjaan yang luar biasa! Ini benar-benar melebihi ekspektasi.)
  • You are so creative. I always love hearing your perspective on things. (Kamu sangat kreatif. Saya selalu suka mendengarkan perspektif Anda tentang berbagai hal.)
  • I appreciate your enthusiasm. Keep up the good work. (Saya menghargai antusiasme anda. Pertahankan kerja bagus (anda).)
  • Well done and ahead of deadline too. You consistently bring your all and    truly appreciate that. (Bagus dan juga lebih cepat dari tenggat waktu. Anda secara konsisten memberikan semuanya (/semua kemampuan anda) dan saya sungguh menghargainya.)
  • Thank you for always speaking up in team meetings when no one else does. (Terima kasih karena selalu berbicara dalam rapat tim saat tidak ada orang lain yang melakukannya.)
  •  It’s really admirable how you always see projects through from conception to completion. (Sungguh mengagumkan bagaimana anda selalu melihat proyek dari konsep hingga penyelesaiannya.)

Selain kalimat-kalimat di atas, masih banyak alternatif lain untuk menyampaikan sebuah pujian kepada rekan kerja anda dalam bahasa Inggris. Kalimat-kalimat di atas dapat anda modifikasi sesuai dengan situasi dan keinginan anda. Kalimat yang digaris bawahi bisa menjadi panduan dasar anda saat memodifikasi kalimat-kalimat tersebut, kecuali kalimat dengan awalan “Thank you for …” karena yang digaris bawahi pada kalimat tersebut merupakan berbagai contoh kalimat dari apa yang dapat anda apresiasi dari rekan kerja anda dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa contoh kalimat yang di modifikasi dan merupakan gabungan dari kalimat-kalimat di atas.

  • Thank you for providing a unique perspective. I really enjoy working with you. (Terima kasih karena telah memberikan perspektif yang unik/berbeda dari yang lain. Saya sangat menikmati bekerja bersama anda.)
  • Great job on your recent project. You always consistently bring your all and I truly appreciate that. (Kerja bagus untuk proyek terbaru anda. Anda selalu secara konsisten memberikan semuanya (/semua kemampuan anda) dan saya sungguh menghargainya.)
  • It’s really admirable how you always found a way to solve a problem. Keep up the great work. (Sungguh mengagumkan bagaimana anda selalu menemukan cara untuk menyelesaikan suatu masalah. Pertahankan kerja bagus (anda).)

Bagaimana pun jika ada kesempatan untuk menyampaikan apresiasi anda kepada rekan kerja anda, jangan lewatkan dan sampaikan saja. Umpan balik yang positif akan memberikan dampak yang positif juga dalam lingkungan kerja. Sekian pembelajaran hari ini. Selamat belajar dan mencoba.

 

Komunikasi: Cara Meminta Seseorang Untuk Mengulangi Omongannya
Cara Mengungkapkan Kewajiban / Keharusan (Expressing Obligation)
Cara Menjawab Interview dalam Bahasa Inggris
Listening: Giving & Receiving Compliment Dialog
Berbagai Cara Mengatakan Lapar dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Application Letter
Menolak dengan Sopan di Kantor (How To Say No Politely At Work)
Interview Kerja: Cara Menceritakan Pekerjaan di Masa Lalu
Cara Membuat Kompain (Complaint) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Teman