sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ungkapan “Surprise“

Sebagai manusia tentu saja kita bisa merasakan banyak hal, ketika mungkin mendengar sebuah berita yang mungkin dianggap mustahil bisa terjadi atau tak masuk akal maka mungkin ekspresi yang kita tunjukkan adalah merasa terkejut.

Misalnya saja anda menonton di televisi ada orang yang bisa tahan berendam di bak penuh es batu selama 2 jam, maka anda merasa terkejut dan akan mengatakan “wow! Itu sangat luar biasa dan mengejutkan!” ketika menyaksikan hal tersebut. Kali ini kami akan mengajak anda semua untuk mengetahui idiom/kata/kalimat/ungkapan: surprise dalam Bahasa Inggris sehingga anda bisa menunjukkan ekspresi terkejut menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Simak ulasan lengkapnya!

Ungkapan surprise dalam Bahasa Inggris

Ketika anda ingin mengungkapkan rasa terkejut anda di dalam Bahasa Indonesia mungkin akan sangat mudah ya. Namun bagaimana jika anda ingin mengungkapkan atau mengekspresikan rasa terkejut anda dalam Bahasa Inggris? Tentu anda harus tahu bagaimana ungkapannya di dalam Bahasa Inggris bukan? Di dalam Bahasa Inggris sendiri ungkapan rasa terkejut itu dikenal sebagai expressions of surprise. Tak jauh dari Bahasa Indonesia, berikut ini adalah beberapa ungkapan surprise dalam Bahasa Inggris beserta dengan contoh kalimatnya yang anda bisa pahami:

1) What a surprise! (Betapa mengejutkan!)

Ungkapan terkejut ini bisa anda gunakan ketika anda merasa terkejut dengan sebuah kabar yang mengagetkan anda. Misalnya saja anda baru saja mendengar kabar bahwa sahabat anda diterima beasiswa di luar negeri dan itu sangat mengejutkan anda.

Contoh kalimat:

What a surprise! Congratulation, I am happy for you! (Betapa mengejutkan! Selamat ya, aku bahagia untukmu!)

2) Is it true? (Apakah itu benar?)

Ketika mendengarkan sesuatu berita yang mungkin menurut anda mustahil atau tidak mungkin terjadi, maka seringkali anda tidak percaya dan menanyakan apakah kabar itu memang benar adanya. Jika anda dihadapkan dengan situasi seperti ini maka anda bisa mengekspresikannya dengan kalimat ini.

Contoh kalimat:

Is it true? I saw that Andre’s relationship with his wife was fine, why did they get divorced? (Apakah itu benar? aku melihat bahwa hubungan Andre dengan istrinya baik-baik saja, mengapa mereka bisa bercerai?)

3) I’m amazed at… (Saya kagum pada…)

Rasa terkejut atau expressing surprise ini juga bisa anda tunjukkan ketika anda misalnya melihat pencapaian seseorang yang berhasil dan itu membuat anda kagum. Ketika anda kagum kepada keberhasilan seseorang maka anda bisa menggunakan kalimat ini.

Contoh kalimat:

You are so cool! I’m amazed at your achievement (Kamu sangat keren! Aku kagum dengan pencapaianmu!)

4) That was very suprising! (Itu sangat mengejutkan!)

Anda mendengar berita yang membuat anda terkejut, karena mugkin pada awalnya anda mengira hal itu tidak akan terjadi. Maka anda bisa menggunakan kalimat keempat ini untuk mengekspresikan rasa terkejut anda.

Contoh kalimat:

It turns out you are my sister’s boyfriend, that was very suprising! (Ternyata kamu pacar adikku, itu sangat mengejutkan!)

5) Great (Hebat)

Jika anda merasa terkejut namun tidak ingin terlalu basa-basi mengekspresikan rasa surprise itu maka anda bisa mengatakannya dengan singkat yaitu great atau hebat.

Contoh kalimat:

You are so great! (Kamu sangat hebat!)

6) My goodness! (Astaga)

Biasanay di dalam Bahasa Indonesia, ketika kita merasa terkejut dengan suatu hal maka dengan singkat akan mengatakan astaga. Dalam Bahasa Inggris maka anda bisa menggunakan kalimat ekspresi seperti ini.

Contoh kalimat:

My goodness, you see their chat? (Astaga, kamu melihat percakapan mereka?)

Contoh percakapan expression surprise

Jika tadi kita sudah belajar mengenai apa saja jenis kalimat yang bisa diucapakan untuk menunjukkan ekspresi surprise atau terkejut. Maka pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa contoh percakapan atau dialog dalam Bahasa Inggris mengenai expresion surprise. Simak ulasan pentingnya di bawah ini ya!

Dialogue 1

A: I want to tell you something, maybe this will surprise you (Aku ingin memberitahumu sesuatu, mungkin ini akan mengejutkanmu)

B: You can tell me now (Kamu bisa memberitahuku sekarang)

A: Promise, don’t be surprised! (Janji, jangan terkejut ya!)

B: Okay I will try this (Baik, aku kan mencobanya)

A: Actually, I received a scholarship abroad so that next month I have to fly to America (Sebenarnya aku diterima beasiswa di luar negeri sehingga bulan depan aku harus terbang ke Amerika)

B: That was very suprising! (Itu sangat mengejutkan!)

A: Sorry didn’t tell you earlier (Maaf tidak memberitahumu lebih awal)

B: It’s okay, I am really proud of you! (Tidak masalah, aku sungguh bangga padamu)

Dialogue 2

C: Did you hear the news from Rino last night? (Apakah kamu sudah dengar berita dari Rino kemarin malam?)

D: What news? I haven’t heard anything from Rino (Berita apa? aku belum mendengar apa-apa dari Rino)

C: Don’t be surprised! (Jangan terkejut!)

D: What’s the matter? (Ada apa sebenarnya?)

C: Actually, last night Rino met your sister with Raka (Sebenarnya kemarin malam Rino bertemu dengan adikmu bersama Raka)

D: What a surprise! (Betapa mengejutkan!)

C: I also couldn’t believe it until I saw the photo (I also couldn’t believe it until I saw the photo)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada anda semua mengenai beberapa contoh kalimat dan contoh percakapan mengenai expression of surprise. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa berguna bagi anda semuanya!

 

Cara Mengungkapkan Keterkejutan dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Cara untuk Membalas Ungkapan Kewajiban
Ungkapan “Surprise“
Idiom atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Hari dalam Bahasa Inggris
Idioms atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Masalah dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris
Expressing Anger
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Cara untuk Membalas Ungkapan Ekspektasi
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris tentang Kehidupan