sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Keluhan Pelanggan Hotel dan Responnya

Pernah mendengar istilah tamu adalah raja? Pasti sudah sering mendengarnya kan. Ketika kita bekerja di sebuah hotel, maka tentu saja kita harus melayani tamu atau pelanggan hotel dengan baik sehingga mereka batah untuk berlama-lama menginap di hotel tempat kita bekerja. Tamu yang menginap di hotel tidak hanya berasal dari dalam negeri saja dan pasti ada tamu yang juga berasal dari luar negeri. Tentu saja jika anda bekerja di hotel, anda harus sedikit belajar bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris sehingga bisa berkomunikasi dengan tamu atau pelanggan hotel.

Supaya anda lancar saat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan bisa menanggapi atau memberi respon kepada pelanggan hotel yang membicarakan mengenai keluhan mereka, maka anda harus mulai belajar bagaimana cara memberi respon atau menanggapi mereka dengan Bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai contoh keluhan pelanggan hotel dan responnya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tips memberikan respon keluhan kepada pelanggan hotel yang baik dan benar

Sebagai orang yang bekerja di hotel atau mungkin sebagai front office, tentu saja kita harus tahu bagaimana cara menanggapi tamu dengan baik dan benar sehingga anda tidak mendapatkan complaint juga. Sebelum memberi contoh mengenai dialog tentang respon keluhan kepada pelanggann hotel, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tips memberikan respon keluhan kepada pelanggan hotel yang baik dan benar dalam Bahasa Inggris sehingga anda bisa menerapkannya saat bekerja. Berikut adalah beberapa tipsya :

  1. Menggunakan bahasa yang jelas dan lugas

Ketika ada tamu atau pelanggan hotel yang mengeluh atau memberikan complaint, pertama-tama pastikan bahwa anda menjawab pertanyaan atau keluhan mereka dengan menggunakan bahasa yang jelas, lugas, dan juga lancar. Terutama ketika anda berbicara dengan tamu yang berasal dari luar negeri atau turis. Pastikan bahwa anda menjawab keluhan mereka dengan tidak bertele-tele sehingga mereka tahu apa yang anda maksudkan dan sehingga keluhan yang mereka katakan kepada anda teratasi. Hindari berbicara bertele-tele dan tidak sesuai dengan konteks karena itu akan membingungkan tamu.

  1. Menanggapinya dengan sopan

Jika anda bekerja sebagai front office maka anda tentu harus menjadi image dengan baik karena anda langsung berkomunikasi dengan orang banyak. Kita tentu saja akan bertemu dengan banyak tamu dan pelanggan yang pastinya punya karakter yang berbeda-beda. Terkadang ada tamu yang ketika mereka memberikan keluhan mereka sangat sopan, namun ada juga tamu yang ketika menyampaikan keluhan mereka menyampaikannya dengan marah-marah dan tidak sopan. Bagaimanapun tamu atau pelanggan yang kita hadapi, maka kita harus menanggapi mereka dengan sopan. Pastikan bahwa anda menanggapi keluhan mereka dengan baik dan perhatikan tutur kata anda. Berikan pelayanan dengan baik sehingga tamu atau pelanggan betah menginap di hotel tempat anda bekerja.

  1. Memberikan hal yang informatif

Ketika pelanggan atau tamu hotel memberikan keluhan mereka kepada anda sebagai front officer, maka selain menggunakan bahasa yang jelas dan lugas, menanggapinya dengan sopan, anda juga harus memberikan informasi atau hal yang informatif. Jangan sampai anda memberikan informasi yang tidak penting atau tidak berguna bagi keluhan mereka. Pastikan supaya anda memberikan informasi yang informatif sehingga bisa mengatasi keluhan pelanggan atau tamu hotel.

  1. Bertindak segera

Begitu setelah pelanggan atau tamu hotel menyampaikan keluhan mereka maka anda harus bertindak segera. Jika anda sebagai pelanggan atau tamu hotel, menyampaikan keluhan namun keluhan itu ditanggapi dalam waktu yang lama maka tentu saja anda akan kesal bukan? Oleh karena itu bertindaklah segera, ketika ada tamu hotel atau pelanggan hotel yang memberikan keluhan mereka maka segeralah bertindak untuk memberikan solusi untuk mereka.

Contoh dialog keluhan pelanggan hotel dan responnya

Supaya anda lebih memahami ketika menanggapi keluhan pelanggan dengan benar dalam Bahasa Inggris, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai contoh dialog keluhan pelanggan hotel dan responnya. Setelah tahu bagaimana saja tipsnya, maka anda harus menerapkan semua tips itu dalam dialog ketika berinteraksi dengan tamu atau pelanggan hotel yang melayangkan komplain. Berikut adalah beberapa contoh dialog dalam Bahasa Inggris :

Dialog 1

Waiter : These are your order sir, a chicken fried rice and a glass of ice tea (Ini pesanan anda pak, satu nasi goreng ayam dan segelas es teh)

Guest : Excuse me (maaf)

Waiter : Yes, sir? (Ya pak?)

Guest : I’m sorry but this is not like what I have ordered (Maaf, makanan ini tidak seperti yang saya pesan)

Waiter : I’m so sorry Sir. Any problem with your order? (Saya minta maaf pak, apakah ada masalah dengan pesanan anda?)

Guest : Yes, I think there is something wrong about the food. I Ordered kimchi fried rice instead of chicken fried rice (Ya, saya pikir ada yang salah dengan makanan ini. Saya memesan nasi goreng kimchi bukan nasi goreng ayam)

Waiter : Okay Sir, let me check your order menu (Baik pak, saya akan periksa menu pesanan anda)

Guest : Okay (Baik)

Waiter :  You ordered a kimchi fried rice and a glass of tea. I really apologize for this inconvenience Sir. Allow me to get you the menu that you ordered (Anda memesan satu nasi goreng kimchi dan segelas es teh. Saya sungguh minta maaf atas ketidaknyamanan ini pak. Persilahkan saya untuk memberi anda menu yang anda pesan)

Guest : That’s okay, this restaurant has a pretty good rating in food. I didn’t expect this happen often when I went to eat at this place (Tidak masalah, restaurant ini memiliki rating yang baik untuk makanan. Saya tidak menyangka hal seperti ini sering terjadi ketika saya makan di sini)

Waiter : I’m sorry sir, this is my fault for being careless. I will replace this food with the new one (Saya minta maaf pak, ini merupakan kesalahan saya karena teledor. Saya akan mengganti makanan ini dengan yang baru)

Guest : Okay, just make sure that such things will not happen again in this restaurant (Baik, pastikan bahwa hal seperti ini tidak terjadi lagi di restaurant ini)

Waiter : Thank you Sir for your kindness (Terima kasih atas keramahan anda pak)

Guest : No problem (tidak masalah)

Waiter : Please wait a moment Sir (tolong tunggu sebentar pak)

Guest : Ok, thank you (Baik, terima kasih)

Waiter : You are welcome Sir  (Sama sama pak)

Dialog 2

Receptionist : Good morning Sir, is there anything I can do to help you sir? (Selamat pagi Pak, apakah ada yang bisa saya lakukan untuk membantu anda?)

Guest : Yes, I have some complaint about my room Sir (Ya, saya memiliki komplain mengenai kamar saya pak)

Receptionist : What is it Sir? (Ada apa pak?)

Guest : I just checked in earlier, but the water faucet in my bathroom is not functioning properly. Too bad because the bathroom in this hotel is quite good and clean, but the water can’t function properly (Saya baru datang tadi, namun kran air di kamar mandi saya tidak berfungsi dengan baik. Sangat disayangkan padahal kamar mandi di hotel ini cukup bagus dan bersih, namun airnya tidak bisa berfungsi dengan baik)

Receptionist :  If I may know, what room number do you stay Sir? (Jika saya boleh tahu, di kamar nomor berapa anda menginap pak?)

Guest : in 305 (di 305)

Receptionist : Okay sir, can I check your bathroom? (Baik pak, bolehkah saya memeriksa kamar mandi anda?)

Guest : Of course (Tentu saja)

Receptionist : It looks like the drainage is in trouble Sir. We apologize for the inconvenience because of this. Instead, we will replace your room with a new one with a comfortable bathroom (Sepertinya ada masalah pada saluran airnya Pak. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan karena hal ini. Sebagai gantinya, kami akan mengganti kamar Bapak dengan yang baru dilengkapi kamar mandi yang nyaman)

Guest : Thank you for the response to the complaint, I really appreciate this service (Terima kasih atas respon atas komplainnya, saya sangat menghargai pelayanan ini)

Receptionist : It’s our job to make guests comfortable staying here. Please wait a moment Sir, I will get the key for your new room and after that you can move to the new room (Itu pekerjaan kami untuk membuat para tamu nyaman menginap disini. Tolong tunggu sebentar Pak. Saya akan mengambil kunci untuk ruangan baru anda dan setelahnya anda bisa pindah ke ruangan baru tersebut)

Guest : Okay, I’ll wait (Baik, akan saya tunggu)

Receptionist : Thank you for your kindess Sir (Terima kasih atas keramahan anda Pak)

Dialog 3

Guest : Good morning (Selamat pagi)

FO : Good morning Sir, My name is Thalia. Is there anything I can help for you? (Selamat pagi Pak, nama saya Thalia. Ada yang bisa saya bantu untuk anda?)

Guest : My name is Ari. I have complaints about the room that I stayed right now. My room smells of cigarette smoke and it bothers me a lot (Nama saya Ari, saya mempunyai keluhan mengenai kamar  yang saya tempati saat ini. Kamar saya bau asap rokok dan itu sangat menganggu saya)

FO : Are you sure, Sir? Because we are sure cleaning the room before the guests occupy the room (Anda yakin pak? Karena kami yakin telah membersihkan ruangan sebelum tamu menempati kamar itu)

Guest : Yes, if you don’t believe my complaints then you can check into my room. I don’t smoke, but the smell has been there since we entered the room (Iya, jika anda tidak percaya dengan keluhan saya maka anda bisa pergi memeriksa ruangan saya. Saya tidak merokok, namun baunya sudah ada sejak kami masuk ruangan itu)

FO : Okay Sir, let me check your room (Baik Pak, ijinkan saya memeriksa ruangan anda)

Guest : Sure (Tentu saja)

FO : Sorry for the inconvenience of this room Sir, maybe this is out officer negligence. Instead, we will replace your room with a new one and we will give you a dining voucher at our restaurant (Maaf atas ketikdaknyamanan di ruangan ini pak, mungkin ini keteledoran pegawai kami. Sebagai gantinya, kami akan mengganti kamar anda dengan kamar yang baru dan kami akan memberikan anda voucher makan di restoran kami)

Guest : Okay thanks for the service Ms. Thalia (Baik, terima kasih atas pelayanannya Bu Thalia)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai contoh keluhan pelanggan hotel dan responnya dalam Bahasa Inggris. Semoga artikel ini berguna bagi anda semuanya!

 

Contoh Percakapan Customer Service Menerima Komplain dari Pelanggan Lewat Telepon
Contoh Kalimat Advice & Suggestion
Percakapan Membuat Reservasi Hotel di Tempat (Reservation on the Spot)
Menyalahkan dan Merespon Orang yang Menyalahkan dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Tentang Vital Sign
Kosakata Tentang Perhotelan dalam Bahasa Inggris
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Contoh Kalimat Memberi Saran / Nasehat (Advice)
Merespon Pelanggan yang Komplain Lewat Email (Respond to Customer Complaint by Email)
Contoh Percakapan Mengubah Reservasi Hotel dalam Bahasa Inggris