sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pengertian Formal Greeting dan Contoh dalam Percakapan Bahasa Inggris

Dalam kaidah tata Bahasa Inggris, terdapat dua jenis greeting atau ucapan salam dan sapaan. Kedua jenis greeting itu adalah Formal Greeting dan Informal Greeting. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai pengertian Formal Greeting dan contoh dalam percakapan Bahasa Inggris.

Formal Greeting adalah ucapan salam atau sapaan yang disampaikan dalam konteks-konteks formal. Formal Greeting identik dengan ucapan dan sapaan yang menjunjung sopan santun. Jadi dalam Formal Greeting tidak menggunakan bahasa-bahasa slang atau bahasa gaul.

Penggunaan Formal Greeting

Pada dasarnya, Formal Greeting digunakan pada setiap konteks, keadaan, dan suasana yang formal. Konteks ini bisa berbeda-beda setiap orangnya, tergantung dengan siapa dan tentang apa mereka berbicara. Namun secara garis besar, Formal Greeting biasanya digunakan pada:

  • Konteks bisnis

Penggunaan Formal Greeting yang paling sering ditemui adalah pada konteks bisnis. Konteks bisnis membutuhkan suasana formal dimana profesionalitas dijunjung tinggi. Karena itu, penggunaan bahasa dan tingkah laku sangat diperhatikan di dalamnya.

Termasuk juga dalam menyampaikan greeting, yang tentunya yang digunakan adalah Formal Greeting. Formal Greeting akan sangat membantu kita dalam menjaga komunikasi secara sopan pada konteks bisnis. Misalnya pada saat bertemu dengan klien, presentasi di perusahaan, dan lain sebagainya.

  • Pertemuan pertama

Penggunaan Formal Greeting selanjutnya yang cukup sering ditemui juga adalah pada saat pertemuan pertama. Di pertemuan pertama, akan aneh jika kita langsung menggunakan bahasa santai. Nanti malah dinilai sok dekat dengan orang yang baru dikenal tersebut.

Selain pertemuan pertama, Formal Greeting juga biasanya digunakan dengan orang yang tidak begitu dekat dengan kita. Dengan orang-orang tersebut, biasanya kita merasa canggung saat bertukar sapa. Sehingga yang paling aman digunakan adalah Formal Greeting.

  • Orang yang lebih tua dan dihormati

Penggunaan Formal Greeting yang terakhir namun diterapkan oleh hampir semua orang adalah saat berkomunikasi dengan orang yang lebih tua. Kita pasti sudah diajarkan sedari dulu bahwa bertutur kata dengan orang yang lebih tua harus menjunjung sopan santun. Jadi Formal Greeting sangat tepat digunakan untuk hal itu.

Kita juga biasanya menggunakan Formal Greeting saat bertemu dengan orang yang kita hormati. Sama seperti orang yang lebih tua, kita akan merasa perlu bersopan santun kepada orang yang kita hormati. Meskipun secara umur sama dengan kita atau bahkan lebih muda, Formal Greeting tepat untuk digunakan ketika menyapa mereka.

Contoh Formal Greeting dalam Percakapan Bahasa Inggris

Membahas Formal Greeting tidak lengkap jika hanya mengetahui pengertian dan penggunaannya saja. Kita juga perlu mengetahui contohnya dalam percakapan Bahasa Inggris. Dengan begitu kita akan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh Formal Greeting dalam percakapan Bahasa Inggris:

Contoh 1:

Benjamin: Good morning. Let me introduce myself, Miss. I’m Benjamin and you can call me Ben (Selamat pagi. Perkenalkan nama saya Benjamin dan Anda bisa panggil saya Ben, Nona)

Alora: Good morning, Mr. Ben. My name is Alora, and you can call me Alo. Nice to meet you (Selamat pagi, Tuan Benjamin. Nama saya Alora, dan Anda bisa memanggil saya Alo. Senang bertemu dengan Anda)

Benjamin: Nice to meet you too, Miss Alo (Senang bertemu dengan Anda juga, Nona Alo)

Contoh 2

Sasha: Good afternoon, Mr. Badrullah. How have you been? (Selamat siang, Tuan Badrullah. Apa kabar Anda?)

Badrullah: I’m fine, Mrs. Sasha. And how about you? (Saya baik-baik saja, Nyonya Sasha. Dan bagaimana dengan Anda?)

Sasha: I’m fine too, thank you, Mr. Badrullah. It has been a long time (Saya juga baik-baik saja, terima kasih, Tuan Badrullah. Sudah lama kita tidak bertemu)

Badrullah: You’re right, Mrs. Sasha. I think it’s about 2 years since the last time we met (Anda benar, Nyonya Sasha. Saya rasa sekitar 2 tahun sejak terakhir kita bertemu)

Contoh 3:

Dilon: Hello, Miss Kayla. I’m Dilon, marketing manager of PT. Berkah Jaya (Halo, Nona Kayla. Saya Dilon, manajer marketing PT. Berkah Jaya)

Kayla: Hello, Mr. Dion. I’ve heard of you from my colleges, and it’s an honor to meet you personally (Halo, Tuan Dion. Saya sering mendengar tentang Anda dari rekan-rekan kerja saya, dan sebuah kehormatan bisa bertemu Anda secara langsung)

Dion: It’s an honor for me too, Miss Kayla. Your track record is really impressing (Sebuah kehormatan juga untuk saya, Nona Kayla. Prestasi Anda sangat mengesankan)

Contoh 4:

Inayah: Kenta, let me introduce my college, Radja. He’s the one in charge of this new project (Tuan Kenta, perkenalkan rekan saya, Radja. Dia yang akan memegang proyek baru ini)

Kenta: How do you do, Mr. Radja (Apa kabar, Tuan Radja/digunakan untuk pertama berkenalan)

Radja: How do you do, Mr. Kenta (Apa kabar, Tuan Kenta/digunakan untuk pertama berkenalan)

Contoh 5:

Hannah: Good evening, Mrs. Jamila. It’s nice to see you here (Selamat malam, Bu Jamila. Senang bertemu Anda disini)

Jamila: Good evening, Hannah. It’s nice to see you too. How long has it been, Hannah? (Selamat malam, Hannah. Senang juga bisa bertemu Anda juga. Sudah berapa lama kita tidak bertemu, Hannah?)

Hannah: About a year, I think. I’m so happy to see you again, Mrs. Jamila (Sekitar satu tahun, saya rasa. Saya senang bisa bertemu dengan Anda lagi, Bu Jamila)

Jamila: Me too. It’s always a pleasure to see you, Hannah (Saya juga. Saya selalu senang bisa bertemu Anda, Hannah)

Demikianlah pembahasan tentang pengertian Formal Greeting dan contohnya dalam percakapan Bahasa Inggris. Pastikan kamu menggunakan Formal Greeting dengan baik dan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Percakapan tentang Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Ekspresi untuk Menarik Perhatian Seseorang (Getting Attention)
Menjaga Percakapan Inggris Tetap Berlanjut
Percakapan Bahasa Inggris di Restoran A&W
Conversation: Percakapan Dokter & Pasien tentang Diagnosa dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog: Pronominal Adverbs
Dialog tentang Kesehatan
Dialog Bahasa Inggris tentang Otomotif
Dialog tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan antara Tour Guide dengan Wisatawan Saat Menjelaskan Tempat Wisata