sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Dialog Bahasa Inggris: Hari Idul Fitri

Idul Fitri adalah satu hari raya yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Umat Muslim merayakan hari raya ini dengan cara yang berbeda-beda tergantung dari budayanya masing-masing. Misalnya saja di Indonesia. Di negara kita, Idul Fitri juga dikenal sebagai lebaran. Saat lebaran, kita merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, berkunjung ke rumah tetangga, menyantap ketupat beserta dengan opor, dan sebagainya.

Dalam Bahasa Inggris, Idul Fitri disebut dengan Eid al-Fitr. Ucapan selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggris yang paling umum adalah “Happy Eid” (selamat Idul FItri). Kali ini kita akan mempelajari ungkapan-ungkapan lainnya dalam Bahasa Inggris yang biasa diucapkan saat hari Idul Fitri melalui beberapa contoh dialog singkat berikut ini.

Dialog 1

Ahmad: Hallo, Ben. Happy Eid! (Halo, Ben. Selamat Idul Fitri!)

Ben: Hi, Ahmad. Happy Eid to you too! (Hai, Ahmad. Selamat Idul Fitri untukmu juga)

Ahmad: Thank you. (Terima kasih)

Dialog 2

Rika: Hey, Dona. Blessed Eid to you and your family. (Hei, Dona. Selamat Idul Fitri untukmu dan keluargamu)

Dona: Thank you. Blessed Eid to you too, and may all your good deeds be accepted by Allah. (Terima kasih. Selamat Idul Fitri juga untukmu, dan semoga ibadahmu diterima oleh Allah)

Rika: Amen. (Amin)

Dialog 3

Anita: Hi, Sarah. Please come in. (Hai, Sarah. Silakan masuk)

Sarah: Thank you. Happy Eid, Anita. Please forgive my body and my soul. (Terima kasih. Selamat Idul Fitri, Anita. Mohon maaf lahir dan batin)

Anita: Please forgive me too. (Mohon maaf juga)

Sarah: May Allah accept all our prayers and forgive all our faults. (Semoga Allah mengabulkan doa kita dan mengampuni kita)

Anita: Amen. Please have a seat and try these cookies I made. (Amin. Silakan duduk dan cobalah kue yang kubuat ini)

Sarah: Thank you. You’re really good at making cookies. This is good. (Terima kasih. Kamu benar-benar hebat dalam membuat kue. Ini enak)

Anita: Thanks. You should try the ketupat and the chicken opor too. (Terima kasih. Kamu juga harus mencoba ketupat dan opor ayamnya)

Sarah: That’s very kind of you, but I should pay a visit to other neighbors too. Maybe after I finish the visit? (Kamu baik sekali, tetapi aku harus berkunjung ke tetangga yang lain juga. Mungkin setelah aku selesai berkunjung?)

Anita: All right. We’ll wait for you. (Baiklah. Kami akan menunggumu)

Sarah: Thanks. (Terima kasih)

Dialog 4

Adam: Hello, Budi. Have a joyful Eid! (Halo, Budi. Selamat Idul FItri!)

Budi: Blessed Eid to you too, Adam. (Selamat Idul Fitri untukmu juga Budi)

Adam: Where did you do your Eid prayer? (Di mana kamu tadi salat Idul FItri?)

Budi: At the Great Mosque. (Di Masjid Raya)

Adam: I did that at the Great Mosque too. How come we didn’t meet there? (Aku juga salat di Masjid Raya. Mengapa kita tidak bertemu di sana?)

Budi: Maybe because there were many people there? (Mungkin karena di sana banyak orang?)

Adam: You’re right. Hey, you should come to my house now. We have ketupat, rendang, strawberry puddings, and other nice things. (Kamu benar. Hei, kamu harus datang ke rumahku sekarang. Di sana ada ketupat, rendang, puding stroberi, dan hal lainya yang enak)

Budi: Thanks. I will come visiting your house later. (Terima kasih. Aku akan berkunjung ke rumahmu nanti)

Adam: Don’t forget to bring your children and wife too. The more the merrier. (Jangan lupa ajak anak dan istrimu juga. Semakin banyak semakin meriah)

Budi: Okay. (Oke)

Dialog 5

Dinda: Happy Eid al-Fitr, Johan! (Selamat Idul Fitri, Johan)

Johan: Yeah, you too. So, what are you going to do to celebrate this day? (Ya, selamat Idul Fitri untukmu juga. Jadi, apa yang akan kamu lakukan untuk merayakan hari ini?)

Dinda: I’m going to the beach with my family. (Aku akan pergi ke pantai dengan keluargaku)

Johan: That’s great! (Itu bagus!)

Dinda: Are you going to some exciting place with your family too? (Apakah kamu juga akan pergi ke tempat menyenangkan dengan keluargamu?)

Johan: I’m not sure. I guess we’ll visit our grandparents’ cemeteries. After that, we’ll just spend the day at home. (Aku tidak yakin. Aku rasa kami akan mengunjungi makam kakek dan nenek kami. Setelah itu, kami hanya akan menghabiskan hari di rumah saja)

Dinda: Do you want to join us? (Apakah kamu ingin ikut dengan kami?)

Johan: Thanks, but I think I should spend this holy day with my family. (Terima kasih, tetapi aku rasa aku harus menghabiskan hari suci ini dengan keluargaku)

Dinda: You’re right. Anyway, please send my warmest regards to your family. I’m sorry for not being able to greet your family directly. I wish you all a very joyful Eid. (Kamu benar. Omong-omong, tolong sampaikan salam hangatku pada keluargamu. Maafkan aku tidak bisa menyalami keluargamu secara langsung. Selamat Idul FItri untuk kalian semua)

Johan: Thanks. Send my regards to your family too. I hope you all will enjoy your time together at the beach. (Terima kasih. Sampaikan salamku pada keluargamu juga. Semoga kalian menikmati waktu bersama kalian di pantai)

Itulah beberapa contoh dialog singkat 2 orang di hari Iduil Fitri dalam bahasa Inggris. Semoga setelah membaca dialog ini kita semua menjadi tahu ungkapan-ungkapan dalam Bahasa Inggris yang terkait dengan Idul Fitri.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Driver Gojek Menanyakan Alamat
Bagaimana Cara Menyudahi Percakapan?
Cara Memulai Percakapan dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris: Komplain tentang Layanan
Menanyakan Berat Badan dalam Bahasa Inggris
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan Sehari-hari
Kalimat untuk Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Mendeskripsikan Bentuk dan Ukuran dalam Lisan & Tulisan