sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Gerund Sebagai Subjek

Sebagai orang yang sedang belajar Bahasa Inggris, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah gerund. Walaupun demikian, masih lumayan banyak English learners yang masih bingung dengan peran gerund dalam pembentukan kalimat Bahasa Inggris. Untuk itulah pada kesempatan ini, artikel ini akan membahas secara mendetail tentang salah satu peran gerund dalam kalimat, yakni gerund sebagai subjek. Yuk kita lihat langsung pembahasannya.

Definition of Gerund

Sebelum kita melihat uraian tentang gerund sebagai subjek, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu pengertian gerund dan fungsinya untuk mempermudah kita mempelajari peran gerund sebagai subjek.

1. Apakah gerund itu?

Secara sederhana, gerund adalah verb atau kata kerja yang diikuti oleh akhiran –ing (v-ing). Misalnya saja read (membaca) menjadi reading, sleep (tidur) menjadi sleeping, watch (menonton) menjadi watching, dan sebagainya.

2. Apa fungsi gerund?

Gerund berfungsi untuk mengubah kata kerja (verb) menjadi kata benda (noun). Peran gerund bermacam-macam, di antaranya adalah sebagai subjek, sebagai objek, dan sebagai pelengkap. Untuk kali ini kita akan belajar tentang peran gerund sebagai subjek.

3. Apakah semua kata kerja yang berakhiran –ing itu adalah gerund?

Tidak semua kata kerja dengan akhiran –ing itu adalah gerund. Present participle juga memiliki rumus yang sama, yakni kata kerja + ing. Yang membedakan gerund dan present participle ialah gerund berfungsi sebagai kata benda, sedangkan present participle berfungsi sebagai kata kerja atau kata sifat. Contoh:

    • Reading is my hobby. (Membaca adalah hobi saya) –> Reading di sini adalah kata benda (gerund)
    • She is reading a fashion magazine. (Dia sedang membaca sebuah majalah mode) –> Reading di sini adalah kata kerja (present participle)
    • She is a loving (Dia adalah guru yang pengasih) –> Loving di sini adalah kata sifat (present participle)
    • He loves eating. (Dia suka makan) –> Eating di sini adalah kata benda (gerund)

4. Apakah gerund mengubah arti jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia?

Gerund tidak mengubah arti. Itu karena bahasa Indonesia tidak mengenal gerund. Contoh: Playing adalah bentuk gerund dari play. Baik play maupun playing, keduanya memiliki arti yang sama yakni “bermain” atau “main”.

Gerund as Subject

Gerund sebagai subjek adalah gerund yang terletak di awal kalimat. Gerund sering digunakan sebagai subjek pada kalimat untuk membicarakan aktivitas, kebiasaan, fakta, atau pendapat. Gerund selalu berbentuk singular (tunggal). Kata kerja yang mengikutinya adalah kata kerja untuk orang ketiga tunggal (is, has, atau verb+s).Mari kita lihat contoh si bawah ini. Kata yang ditebalkan adalah gerund dan yang digarisbawahi adalah kata kerja.

  • Dancing makes me happy. (Menari membuat saya senang) –> kata kerja harus ditambah s (make –> makes)
  • Sleeping is what I need right now. (Tidur adalah apa yang saya butuhkan saat ini)
  • Eating fruits and vegetables is good for our body. (Makan buah-buahan dan sayuran itu baik untuk tubuh kita)
  • Swimming in the lake every summer is our tradition. (Berenang di danau setiap musim panas adalah tradisi kami)

Di antara kita mungkin ada yang ingin tahu mengapa dalam contoh di atas kata “fruits and vegetables” dan “in the lake every summer” juga ditebalkan dan termasuk ke dalam gerund bersama dengan “sleeping” dan “swimming. Untuk mengetahui jawabannya, teruslah membaca artikel ini sebab di bawah ini ada penjelasan mengenai hal tersebut.

Types of Gerund as Subject

Ada dua jenis gerund sebagai subjek, yaitu gerund biasa dan gerund phrase. Gerund biasa adalah gerund yang berdiri sendiri tanpa adanya kata lain untuk melengkapi atau memodifikasinya. Kata yang digarisbawahi di bawah ini adalah gerund biasa:

  • Singing can be relaxing. (Bernyanyi bisa menenangkan)
  • Exercising is a way to maintain our health. (Berolahraga adalah satu cara untuk mempertahankan kesehatan kita)
  • Smoking is forbidden in this area. (Merokok dilarang di area ini)
  • Waiting is one of many things that I hate. (Menunggu adalah satu dari banyak hal yang saya benci)
  • Vomiting may be a symptom of early pregnancy. (Muntah bisa menjadi tanda awal kehamilan)

Gerund phrase adalah gerund yang diikuti oleh kata lainnya yang melengkapi atau memodifikasi gerund tersebut. Gerund jenis ini juga biasa disebut sebagai gerund with object (gerund dengan objek). Mari kita lihat contoh gerund phrase di bawah ini untuk lebih jelasnya. Yang digarisbawahi adalah gerund phrase.

  • Being an astronaut has always been my dream since I was a kid. (Menjadi seorang astronot adalah impian saya dari sejak saya kecil)
  • Playing football is what we do after school. (Bermain sepak bola adalah apa yang kami lakukan setelah pulang sekolah)
  • Waking up in the morning is a hard thing to do for me. (Bangun di pagi hari adalah hal yang sulit dilakukan bagi saya)
  • Travelling by airplane is much faster and more comfortable. (Bepergian menggunakan pesawat terbang itu jauh lebih cepat dan lebih nyaman)
  • Watching a movie in the cinema offers different experience. (Menonton film di bioskop menawarkan pengalaman menonton yang berbeda)

Itulah pembahasan tentang gerund sebagai subjek. Sekarang, cobalah untuk membuat kalimat kita sendiri dengan gerund sebagai subjeknya. Selamat mencoba!

 

Grammar-Adverb: Emphasizers, Amplifiers, Downtoners (Intensifier Adverbs)
Sentences: Apa itu Run-On Sentence?
Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris
Grammar: Apa itu Prepositional Phrase?
Act-related Adverbs (Kata Keterangan yang Berhubungan dengan Suatu Tindakan)
Future Tense: Simple Future vs Future Continuous
Grammar-Adjective: Attributive Adjectives – Part 2
Subordinating Conjunctions
Gerund Sebagai Subjek
Sentences: Apa itu Declarative Sentence?