sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Membuat Prediksi dalam Bahasa Inggris (Making Prediction in English)

Waktu adalah hal penting dalam Bahasa Inggris. Karena struktur kalimat berbeda tergantung waktunya. Ambil contoh ketika akan making prediction in English. Membuat prediksi dalam bahasa inggris sangat erat kaitannya dengan present future tense.

Jenis tense yang mengacu pada kegiatan yang akan  dilakukan di masa yang akan datang ini mengikuti tata bahasa untuk future. Melakukan prediksi menggunakan kata seperti “akan” yang dalam Bahasa Inggris dapat menggunakan “will” atau “going to” keduanya memiliki arti yang sama namun penggunaan yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Prediksi dengan will dan going to

Will dan going to di sebut juga dengan auxiliary verb. Kata bantu yang menjelaskan kata kerja ini mengikuti kata kerja dasar atau disebut juga infinitive verb. Kata kerja yang tidak ada penambahan apapun dibelakang kata kerjanya. Penggunaan kata will dan going to berarti “akan” yang berarti prediksi di masa yang akan datang.

Penggunaan will

Bentuk will dalam future merupakan prediksi yang tidak berdasarkan bukti. Jadi prediksi ini sering disebut sebagai pendapat pribadi. Karena pendapat pribadi ini baru sebuah dugaan, perkiraan berdasarkan pernyataan yang salah atau disebut juga dengan ketidakpastian.

Biasanya penggunaan bentuk “will” dalam prediksi bahasa inggris menggunakan kata keterangan (adverb) seperti probably, definitely atau perhaps untuk menunjukkan pendapat yang kuat. Secara gramatikal untuk kata will terbagi dalam dua bentuk.

I will go home (saya akan pulang)

Subject + will + verb1

I will be very happy (Saya akan sangat senang)

Subject + will be + non-verb (adjective atau noun)

Contohnya:

  • I will be rich man (Saya akan menjadi orang kaya) ini menunjukkan keinginan tetapi tidak ada faktanya
  • He will probably come home in an hour (Dia mungkin akan pulang ke rumah dalam waktu satu jam) perkiraan
  • They will probably come here a little bit late (mereka mungkin akan pulang sedikit terlambat)
  • Perhaps it will be a better day tomorrow (mungkin hari akan menjadi lebih baik esok)

Selain digunakan sebagai prediksi dimasa depan will juga bisa digunakan dalam berbagai situasi seperti  keputusan yang cepat dan spontan, berjanji untuk menunjukkan kesanggupan atau kemauan untuk melakukan sesuatu secara sukarela, menanggapi keluhan atau permohonan bantuan dari orang lain.

Will untuk Keputusan Pasti

Penggunaan kata will dipakai untuk prediksi yang dilakukan secara spontan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana pengandaian dilakukan dengan kepastian yang lebih pasti. Hal seperti kalau lapar maka akan makan atau ngantuk makan akan tidur. Berikut adalah contohnya dalam kalimat.

  • I will take the bus if you cant take me home (saya akan naik bis kalau kamu tidak bisa mengantar saya pulang ke rumah)
  • The Anderson will call us as soon as they landed (keluarga Anderson akan menelpon kita setelah pesawat mereka mendarat)
  • Allison and I will be here tomorrow (Allison dan saya akan berada disini besok)
  • Mother will be very angry if I come home late (Ibu saya akan sangat marah bila saya pulang terlambat)

Lihat contoh making prediction in English dengan kata will dalam kalimat, perhatikan susunan katanya yang dibuat untuk prediksi yang bisa dipastikan kepastiannya.

X : “It is almost 8 in the evening, what time is dinner? (Sekarang hampir jam 8 malam. Jam berapa makan malam?)

Y: ”We will dine in Heritage Restaurant” (kita akan makan malam di restoran Heritage)

X : “What will we do after it?” (Apakah yang akan kita lakukan setelahnya?”

Y : “I will love to see a movie afterward” (Saya akan sangat senang melihat film setelahnya)

X : “That will be amazing” (Itu akan sangat menakjubkan)

Perhatikan penggunaa kata will pada kalimat di atas. Bila kalimat bertemu dengan verb maka kalimat berbentuk will + verb. Bila bertemu non-verb seperti kata benda dan kata sifat maka menggunakan will + be. Itulah prediksi dengan menggunakan kata will.

Will untuk Janji

Kata Will juga digunakan sebagai janji (promise) seseorang untuk melakukan sesuatu hal. Jadi bisa dipastikan kalau prediksinya akan terjadi karena sudah dibuat menjadi janji. Biasa janji pada diri sendiri atau untuk orang lain.

Dalam penggunaannya kata Will bisa berbentuk positif yang menyatakan “akan melakukan sesuatu” dan bisa menggunakan “won’t” untuk menyatakan tidak akan melakukan sesuatu.

  • I will make you a cake when you arrive.( saya akan membuatkan kamu sebuah kue saat kamu tiba)
  • I will not tell them about the presents. (saya berjanji saya tidak akan memberitahu mereka tentang hadiahnya)

Will Untuk Membantu

Kata will bisa digunakan untuk sebuah tindakan sukarela yang dilakukan oleh orang lain tanpa paksaan. Kalimat seperti ini memberikan bantuan pada orang lain agar mereka bisa melakukan hal lain. Berikut adalah contohnya.

  • I will get the mail, so you can give it to Mr. Smith. ( saya akan mengirim email, jadi kamu bisa memberikannya pada Pak smith)
  • I will call the police, don’t worry, you are safe. (saya akan menghubungi polisi, jangan khawatir. Kamu aman)
  • Will you have some tea? It will calm you down (Apakah kamu mau minum teh? Itu akan menenangkanmu)

Will untuk Penolakan

Kata will  bisa dipakai untuk membuat kalimat yang memprediksikan penolakan. Bentuk dari penolakan ini will not tetapi bisa disingkat menjadi won’t. Lihat contoh dibawa ini sebagai contohnya

  • I won’t do all the housework myself! (saya tidak akan melakukan semua pekerjaan rumah saya sendiri)
  • I won’t go to your party. (saya tidak akan pergi ke pesta kamu)
  • She won’t ever talk to him ever again ( dia tidak akan pernah berbicara dengannya lagi)
  • I won’t skip classes again. I made promise to my parents to attend the school diligently. (Saya nggak akan bolos lagi. Aku janji sama orangtuaku untuk datang ke sekolah dengan rajin.)

Will untuk pengandaian If clause type 1

Kata will bisa digunakan untuk kalimat yang menandakan conditional if type 1. Kalimat yang terdiri dari dua kalimat ini menandakan satu kalimat untuk sebab dan satu kalimat lainnya sebagai akibat yang dapat diprediksi sesuai dengan kalimat pertamanya.

  • If you don’t stop copying my homework, I will tell the teacher. (jika kamu tidak berhenti mencontek pekerjan rumah saya, saya akan memberitahukan guru)
  • I will call your parent if you dont return my bike. ( Saya akan memanggil orang tua kamu bila kamu tidak mengembalikan )
  • If you keep fighting with your friends, I will tell your mom. (Kalau kamu terus berkelahi dengan temanmu, aku akan bilang ke pada ibumu.)

Itulah cara membuat prediksi dalam Bahasa Inggris menggunakan kata “will”. Penggunaannya variatif mulai dari berandai sampai membuat statement berdasarkan perilaku sebab akibat. Selain kata will, Anda juga bisa memakai kata prediksi lainnya yang lazim digunakan dalam Bahasa Inggris.

Prediksi dengan Be going to

Bentuk “be going to” dalam future merupakan prediksi atau rencana yang berdasarkan bukti. Jadi prediksi ini sudah bisa dilihat dengan panca indra kita. Sesuatu yang bisa diprediksi dari hasil pengamatan, yang dilihat, didengar atau dirasa.

Secara gramatikal bentuk kalimat ini sesuai dengan simple future tense dengan format

Subject + is /am/ are + going to + verb + object

Contohnya

  • She is going to go left. His left blinker is on. (Dia akan berbelok kekiri, lampu sennya menyala)
  • It is going to rain soon, the sky is dark. (Akan segera turun hujan, langitnya sangat hitam)
  • The air is very cold, it is going to rain soon. (Udara mulai terasa dingin, hujan akan turun.)
  • Mother is going out. She is all dress up (Ibu akan pergi keluar. Dia sudah berdandan)
  • I think mother is going to make a chocolate cake. All the ingredient is on the table (Saya pikir ibu akan membuat kue coklat. Semua bahannya ada di meja)

Ada hal-hal yang dapat diprediksi dengan melihat tanda-tandanya. Cuaca adalah hal paling mudah untuk menyampaikan sebuah perkiraan. Persiapan sesuatu juga cenderung menjadi indikasi akan terjadi sesuatu atau seseorang akan melakukan sesuatu.

Be going to untuk Rencana Masa Depan

Kata be going to bisa digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah direncanakan untuk dilakukan nantinya. Jadi prediksinya hampir bisa dipastikan karena berdasarkan rencana. Perhatikan contoh kalimat berikut ini.

  • Anna is going to go home after the test is over. (Anna akan pulang setelah tesnya selesai)
  • I am going to continue my study abroad after high school (Saya akan melanjutkan studi keluar negeri setelah lulus dari SMA)
  • We are going to have a party after graduation (kami akan mengadakan pesta setelah kelulusan)
  • Your parents are going to love the new bed. It is big and comfortable (kedua orang tuamu akan menyukai kasur baru mereka. Kasurnya besar dan sangat nyaman)
  • I am going to write a book about my personal experience (Saya akan membuat buku berdasarkan pengalaman peribadi saya)

Prediksi yang terencana menggunakan kata “going to”. Hal ini menandakan bahwa rencana di masa yang akan datang sudah disusun dan tidak dibuat secara spontan. Berikut ini adalah contoh prediksi dengan kata going to dalam bentuk percakapan.

Amy : Tia, what’s your plan for the holiday? (Tia, apa rencana kamu untuk liburan?)

Tia:” I am going to Bali with my friends. (Aku akan bepergian ke Bali bersama teman-temanku.)

Amy : “ That is nice. My mom is going to take me to Disneyland. She already bought the tickets. (Itu bagus sekali. Ibuku akan mengajakku ke Disneyland. Dia sudah membeli tiketnya”

Tia : “That is a nice plan. I am sure you are going to love Disneyland.” (Itu adalah rencana yang bagus. Saya yakin kamu akan menyukai Disneyland.)

Amy : “I am going to wear my new yellow suitcase and pack some food” (Saya akan memakai koper kuning baru dan membawa juga makanan)

Tia : “I am going to take many photos in Disneyland.” (Saya akan mengambil banyak foto di Disneyland)

Jadi membuat prediksi dalam Bahasa Inggris dapat menggunakan baik kata will ataupun going to. Keduanya digunakan dalam tata bahasa untuk mengacu pada rencana atau pengandaian di masa yang akan depan. Ada hal-hal yang bisa dipastikan akan terjadi karena sudah direncanakan. Ada juga hal-hal yang mungkin terjadi karena berbgai tanda-tanda pendukungnya.

Perhatikan penggunaan kedua kata tersebut sesuai dengan format simple future tense yang berlaku. Karena prediksi sering menggunakan tense lain baik berbentuk conditional if atau bentuk lainnya. Buat kalimat prediksi yang baik dan benar sesuai tatanan Bahasa Inggris.

 

Membuat Prediksi dalam Bahasa Inggris (Making Prediction in English)
Cara Membuat Application Letter
Tip Membuat Caption Foto
Kapan Membutuhkan Tanda Pisah (Hyphen) dalam Bahasa Inggris
Membuat Surat Pemberitahuan Karena Cuti Sakit
Cara Membuat Cover Letter yang Baik dalam Bahasa Inggris
Tips Membuat Resensi Dalam Bahasa inggris
Membuat, Memenuhi, Menolak Permintaan dalam Bahasa Inggris
Melakukan Spekulasi/Menebak Kemungkinan (Making Speculation)
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)