sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menulis Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris

Berterima kasih adalah salah satu hal mendasar yang perlu dilakukan dalam interaksi dengan orang lain. Bahkan ada kalanya kamu merasa perlu menuliskan surat ucapan terima kasih tersendiri sebagai ungkapan yang tulus. Namun, bagaimana caranya ya?

Selain itu, konteks untuk mengirimkan surat pun bisa beragam. Ada yang mengirimkan untuk rekan kerja yang telah membantu menggantikan tugas selama cuti, mengirim surat untuk teman yang mengirimkan makanan favorit, dan masih banyak lagi. Tentu saja karena hal sesederhana apapun layak mendapat apresiasi, bukan?

Dalam artikel berikut ini, kami telah merangkum beberapa tips bagi kamu dalam menulis surat ungkapan terima kasih. Simak ya!

Tulis Secara Spesifik

Pertama-tama, pastikan kamu telah menulis secara spesifik kepada siapa surat ini ditujukan. Jangan hanya menuliskan kelompok atau badan yang menaunginya saja secara umum. Cara ini juga merupakan bentuk penghargaan kepada orang lain.

Kirimkan Sesegera Mungkin

Jika konteksnya misal surat terima kasih seusai wawancara kerja, kirimkan dalam rentang waktu 24 jam setelah wawancara itu tuntas. Tuliskan ungkapan terima kasih dengan jelas dan runtut. Dalam konteks yang tidak terlalu formal, kamu pun bisa mengirimkan suratnya lewat email.

Jangan Ada Typo

Sebelum memencet tombol send atau mengirimkan surat, baca sekali lagi seluruh surat yang ditulis. Pastikan tidak ada kesalahan grammar atau bahkan typo di dalam surat.

Beri Sentuhan Personal

Setiap surat terima kasih tentu bernuansa positif dan membuat orang yang membacanya merasa senang. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mengulangi rasa terima kasih kamu di bagian akhir untuk menunjukkan kesungguhan.

Tak lupa, jika terkait dengan dunia kerja, sertakan apa yang ingin kamu lakukan atau rencana ke depan lewat surat ini. Beri sentuhan personal dengan menambahkan detil yang tidak semua orang ingat untuk cantumkan dalam surat mereka.

Contoh Surat Terima Kasih

Setelah menyimak beberapa tips di atas, kini saatnya melihat contoh langsung surat ungkapan terima kasih. Tak perlu terlalu formal, yang penting adalah terasa tulis dan personal.

Berikut salah satu contoh template surat terima kasih usai wawancara yang bisa kamu pertimbangkan:

Template:

Dear (nama pewawancara),

Paragraf 1

  • Ucapan terima kasih
  • Beri detil personal bagaimana kamu menikmati sesi wawancara bersama mereka
  • Mengulik diskusi untuk menunjukkan ketertarikan pada perusahaan

Paragraf 2

  • Tunjukkan antusiasme menunggu kabar terkait proses rekrutmen
  • Menutup surat dengan ucapan terima kasih sekali lagi
  • Menawarkan bantuan jika perlu tambahan informasi lain

(Penutup),

(Nama)

Contoh:

Dear Mr. Andrew,

Thank you for your precious time meeting me yesterday, regarding the voice talent position at Sun Moon Media. It was a pleasure connecting with you and hearing how enthusiastic you are about the company goals. Due to my background as the media producer, I was particularly interested in your innovative ideas for grabbing audience through the voice talent. It left me with the sense that we’d create a great collaboration.

You also mentioned that you will be taking some time to make a hiring decision, so I’ll do my best to wait despite how excited I am to be considered. Meanwhile, let me know if there’s any further info I can provide. Thanks again for choosing me as one of your candidates.

Regards,

Neena

Terjemahan:

Dear Mr. Andrew,

Terima kasih atas waktu berharga yang diluangkan untuk menemui saya kemarin, terkait dengan posisi pengisi suara di Sun Moon Media. Sungguh senang bisa berkenalan dan mendengar langsung antusiasme Anda terhadap tujuan perusahaan. Dengan latar belakang saya sebagai produser media, saya begitu tertarik dengan ide inovatif untuk menarik pemirsa lewat pengisi suara. Hal itu menginspirasi saya bahwa kita bisa berkolaborasi dengan baik.

Anda juga menyebut bahwa perlu waktu beberapa lama untuk mengambil keputusan, untuk itu saya akan menunggu dengan baik meski sangat antusias ingin terpilih. Sementara itu, jangan ragu menghubungi jika ada informasi lain yang perlu saya berikan. Sekali lagi terima kasih telah memilih saya sebagai salah satu kandidat.

Regards,

Neena

Contoh Surat Terima Kasih untuk Keluarga

Tak kalah penting adalah mengucapkan terima kasih kepada keluarga yang telah membantu kamu. Hal ini kadang luput dari perhatian, padahal sama-sama pentingnya. Simak contohnya ya!

Dear Jackson,

Thank you for your help with the family reunion, you’re my hero! The time you put into booking the ballroom and sending out invitations to my family members, not to mention organizing the potluck, took much of the strain off me this year.

When I have someone to help me, the Maine family reunion is not only manageable but fun. If you hadn’t jumped in to save the day, I might have ended up canceling it altogether and missing the chance to reconnect with everyone.

I’d love to take you out for coffee next time you’re in town as a small token of gratitude for all you’ve done. Give me a call!

Love,

Ally

Terjemahan:

Dear Jackson,

Terima kasih atas bantuan kamu membantu mengurus reuni keluarga besar, kamulah pahlawanku! Semua waktu yang kamu kerahkan untuk menyewa gedung, mengirim undangan ke seluruh keluarga, belum lagi mengurus potluck, semuanya begitu meringankan bebanku.

Ketika ada orang yang bersedia membantu, reuni keluarga Maine tak hanya bisa dikelola tetapi juga menyenangkan! Jika tidak ada kamu, bisa jadi aku akan membatalkan reuni keluarga dan kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan semuanya.

Izinkan aku mengajakmu minum kopi bersama jika berkunjung ke sini sebagai bentuk penghargaan atas semua yang kamu berikan. Telepon aku ya!

Love,

Ally

Menyenangkan bukan membacanya? Tentu saja, karena surat ucapan terima kasih adalah salah satu gesture positif yang membuat orang lain merasa dihargai. Begitu pula dengan orang yang menulis surat, akan merasa lega karena telah berterima kasih dengan tulus.

Sekarang giliran kamu membuat surat ucapan terima kasih dengan contoh template seperti yang ada di atas. Ikuti perasaan kamu dan tuliskan dengan tulus apa yang membuat kamu merasa begitu berterima kasih. Selamat mencoba!

 

Cara Menulis Overview dalam Bahasa Inggris
Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris
Ungkapan/Ekspresi Ketidaksetujuan (Expressing Disagreement)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Contoh Bercerita Tentang Liburan (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan Bahasa Inggris yang Menggunakan Makanan pada Kalimatnya
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Cara Menulis & Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris (Jam, Tanggal, Tahun)
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)


 
Menulis Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Surat Formal & Informal dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Cara Tepat Menulis Email Bisnis Berbahasa Inggris
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Texting Slang: Singkatan-singkatan Bahasa Inggris dalam Perpesanan