sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris

Esai adalah karya tulis atau karangan dalam bentuk prosa yang memaparkan tentang suatu masalah dari suduh pandang pribadi penulis secara lugas dan sepintas (KBBI). Esai dapat berisi tentang pendapat akan sesuatu hal, cita-cita, mengemukakan pikiran berdasrkan pengamatan dan sebagainya.

Pengertian lain dari esai adalah komposisi yang terbuat dari beberapa paragraph. Setiap paragraph tersebut memiliki sekumpulan kalimat yang saling terhubung terhadap topik yang diberikan. Esai yang baik biasanya menganduk judul dan minimum terdiri dari tiga paragraf.

Dalam menulis esai bahasa Inggris yang baik anda perlu memperhatikan beberapa hal. Menulis esai sebenarnya tidak sulit jika kita memperhatikan hal berikut :

  • Memilih topik yang akan dibahas
  • Membuat poin yang jelas mengenai hal apa saja yang akan kita masukkan di dalam esai
  • Membuat outline atau garis besar
  • Mengelaborasi setiap poin dan outline yang telah dibuat menjadi sebuah esai

Langkah-langkah dalam Membuat Esai

Esai ditulis berdasarkan topik dasar yang telah diberikan. Namun sebelum menulis esai kita dapat melakukan langkah berikut ini :

1. Sediakan waktu lebih untuk memikirkan dan memahami tentang topik yang anda tentukan. Pelajari dengan seksama, kecuali jika topik tersebut sudah anda kuasai betul. Hal tersebut akan membantu anda menentukan poin-poin yang dapat dimasukkan kedalam esai.

2. Tanyakan pertanyaan-pertanyaaan terait esai tersebut dan temukan jawabannya.

Contoh pertanyaan sebagai berikut :

Apakah judul esai sudah relevan?

Apakah ada beberapa materi yang relevan untuk digunakan sebagai bahan esai?

3. Anda dapat mengacu kepada beberapa sumber informasi dan literature seperti buku, media, atau orang lain yang memiliki kapabilitas atau pengalaman terhadap hal tersebut untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

4. Catat dan tulislah ide dan informasi tersebut sebagai poin-poin yang dapat digunakan untuk menyusun outline atau garis besar esai. Poin-poin tersebut tidak harus berupa kalimat lengkah namun dapat membantu anda untuk memulai menulis esai.

5. Susunlah poin-poin tersebut kedalam rangkaian yang sesuai dengan esai anda. Rangkaian esai yang baik terdiri dari minimum tiga bagian yakni :

  • Bagian perkenalan atau awal (introduction)
  • Bagian inti atau tengah (body/main topic)
  • Bagian penutup atau akhir (conclusion)

Atau anda dapat menggunakan susunan lain sesuai dengan pembahasan yang ingin anda bangun untuk pembaca. Lakukanlah dengan hati-hati.

Memahami Bagian-bagian Esai

1. Introduction

Merupakan awal dari esai dan berisi perkenalan untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang keseluruhan esai tersebut. Tujuan dari paragraf perkenalan adalah untuk mengenalkan pembaca terhadap topik yang akan dibahas sehingga bisanya bentuk paragraf ini lebih singkat dibandingkan paragraf yang lain.

2. Body (Main Topic)

Bagian inti (body) adalah bagian yang berisi tentang penjabaran dan detail dari topik yang disajikan. Bagian ini merupakan bagian utama dari sebuah esai setelah sebelumnya didahului dengan perkenalan (introduction).

Bagian inti dapat terdiri dari beberapa paragraf untuk esai yang panjang, dengan satu topik utama yang dibahas di masing-masing paragraf. Namun untuk sebuah esai pendek, bagian inti biasanya hanya terdiri dari satu paragraf dengan beberapa ide-ide sederhana atau singkat di dalamnya.

Bagian inti ini dapat berisi alasan, contoh-contoh, kutipan, data statistik, opini atau cerita dan pengalaman dari penulis sendiri.

3. Conclusion (Ending)

Bagian penutup atau akhir dari esai adalah bagian yang paling penting dari suatu esai. Setelah penjabaran detail dari topik pada bagian inti (body) esai maka diperlukan bagian penutup yang baik agar pembaca dapat menarik kesimpulan dengan baik dari esai tersebut.

Bagian penutup berisi rangkuman tentang esai dan mengemukakan poin pentin dari topik, serta menyampaikan opini dan pandangan dari penulis sendiri. Jika bagian penutup tidak disusun dengan baik, esai yang telah dijabarkan dengan baik akan berakhir dengan kurang menarik.

Biasanya bagian penutup terdiri dari satu paragraf dan memberikan indikasi bahwa esai akan berakhir.

Menyusun Garis Besar (Outline) dari Esai

Contoh dalam menyusun garis besar atau outline esai yang baik dapat dilihat di bawah ini :

  • Title (Judul) – DIGITAL BANKING
  • Introduction (Perkenalan) – Bagian ini dapat berisi jawaban pertanyaan dari “what is digital banking means?”
  • Body (Inti Esai) – Pada bagian ini akan mengupas tentang detail dari digital banking, kegunaan atau manfaat, dan bagaimana penggunaannya. Atau informasi detail lain yang ingin anda sampaikan.

Contoh : A digital banking is very useful for our finance daily activities. It helps people to access some banking features without showing ourselves in the banking branch. By doing that we can save our time and money for the transportation…….etc.

  • Closing (Main Topic) – Bagian akhir dari esai dapat berupa kesimpulan dari topik tersebut. Misalnya pandangan penulis tentang keberadaan “digital banking”.

Tips Menyusun Esai yang Baik

Ketika menyusun sebuah esai anda harus memperhatikan juga terkait hal berikut :

  • Gunakan outline sebagai pondasi dalam menulis esai
  • Tempatkan ide-ide baru di tempat yang tepat, misalnya terkait manfaat “digital banking” dapat ditempatkan setelah kita menjabarkan apa itu “digital banking”.
  • Disarankan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan pemilihan kata yang tepat.
  • Perhatikan tata bahasa benar (grammatically correct).
  • Jika memunginkan gunakanlah humor atau kalimat yang santai sehingga pembahasan tidak sepenuhnya serius.
  • Sebelum melakukan finalisasi esai anda harus membaca kembali keseluruhan esai, pastika poin penting telah masuk ke dalam esai, hilangkan bagian yang tidak penting, cek kembali alur, ejaan, kapitalisasi, dan tanda baca pada kalimat esai anda.
  • Pastikan tidak ada pengulangan kalimat atau kata.
  • Tanyakan pada orang lain untuk meminta pendapat tentang bagaimana esai anda.

Demikianlah beberapa poin tentang bagaimana menulis esai yang baik. Ingat, jangan terpaku untuk menulis dengan sempurna, karena perlu beberapa kali latihan agar kemampuan menulis esai anda meningkat. Perbanyak literature dan berbagi informasi dengan orang lain.

 

Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Tip Menulis Surat Formal & Informal dalam Bahasa Inggris
Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Apakah dimaksud dengan Analogi (Analogy)?
Etika Berkomunikasi Melalui E-mail
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Writing Tip: Contraction Word dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Apakah Pertanyaan Retorik itu (Rhetoric)?
Menggunakan Salutation dan Complimentary Close dalam Tulisan Formal, Bisnis dan Kasual


 
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita Tentang Liburan (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Cara Tepat Menulis Email Bisnis Berbahasa Inggris
Texting Slang: Singkatan-singkatan Bahasa Inggris dalam Perpesanan
Apakah yang dimaksud dengan Paradoks (Paradox)?