sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menyatakan dan Menuliskan Waktu dalam Bahasa Inggris

Waktu adalah salah satu hal yang paling berharga dalam kehidupan kita. Satu detik, menit, dan jam yang tercipta dari 24 jam setiap harinya dapat mengubah apa saja. Karena itu, banyak orang bijak yang memberi kita wejangan untuk menghargai dan menggunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya. Waktu itu tak dapat diulang dan tak dapat ditukar dengan apapun yang kita punyai di dunia ini.

Dalam Bahasa Indonesia, ada beberapa cara yang digunakan untuk menyebutkan waktu, seperti pukul 8 pagi tepat, pukul setengah 9 malam, atau pukul 7 lebih sedikit. Bahasa Inggris pun memiliki hal yang demikian dalam penyebutan waktunya. Memang sedikit lebih rumit ketimbang penyebutan waktu dalam Bahasa Indonesia, namun tidak lantas berarti kita tidak bisa menguasai cara membaca waktu dalam Bahasa Inggris.

Karena itu, artikel kita kali ini hadir dengan topik bagaimana menyatakan waktu menggunakan Bahasa Inggris. contoh-contoh penyebutan waktu juga akan disertakan dalam bentuk kalimat-kalimat pendek.

Cara-cara formal untuk menyebutkan waktu (formal ways to tell time)

Cara pertama untuk membaca atau menyebutkan waktu adalah dengan menggunakan cara yang formal. Cara ini memang agak sulit, namun layak untuk dipelajari. Berikut cara-caranya:

  1. Menggunakan istilah “o’clock”

Dalam Bahasa Indonesia, kita lebih mengenalnya dengan istilah “tepat”. Maksud dari cara ini adalah kapanpun kita melihat jam dan jarum panjang berada di angka 12, maka kita dapat menyebutkan waktu yang ditunjukkan tersebut sebagai “tepat”.

Cara penyebutan waktu dengan menggunakan “o’clock” adalah seperti yang ditampilkan di bawah ini:

    • 06:00 o’clock (pukul 06:00 tepat)
    • 12:00 o’clock (pukul 12:00 tepat)

Yang perlu kita ingat ketika membaca jam adalah ada 2 jenis metode waktu dalam Bahasa Inggris, yaitu metode 24-jam (berlaku mulai pukul 00:00 hingga 23:59, tidak perlu menyebutkan menit dan detik) dan metode 12-jam (berlaku dari pukul 01:00 pagi hingga 11:59 malam).

Ketika kita menggunakan pilihan ini untuk membaca waktu, ingatlah bahwa “o’clock” hanya berlaku untuk metode pembacaan waktu 12-jam. Membaca waktu seperti pukul 1 siang dengan menyebutkan “13:00 o’clock (pukul 13:00 tepat)” akan membuat bingung karena adanya aturan 12-jam tersebut.

Dan, jangan lupakan untuk selalu menambahkan preposisi “at” ketika akan menyebutkan waktu, karena preposisi ini merujuk kepada waktu yang sudah pasti dan bersifat spesifik. Menambahkan keterangan seperti “in the evening (pada sore hari)” juga masih dapat diterima.

Contoh kalimat:

Minny will be coming to Marie’s house at 09:00 o’clock to do their English Syntax pair assignment (Minny akan datang ke rumah Marie pada pukul 09:00 tepat untuk mengerjakan tugas Sintaksis Bahasa Inggris berpasangan mereka).

  1. Menggunakan frasa atau istilah “quarter past”

ini juga bisa diambil jika ingin membaca jam menggunakan Bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Ketika kita memerhatikan jam dan kita melihat jarum panjang berada di angka 3, itulah yang disebut dengan “quarter past”. Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, istilah ini dapat diartikan sebagai “lebih atau lewat 15 menit”.

Kemudian, untuk cara yang ini dimulai dengan menyebutkan “quarter past” terlebih dahulu, lalu diikuti dengan jam yang dimaksudkan.

Mekanisme penyebutan:

    • At 12:15 = at quarter past twelve (pada pukul 12 lebih 15 menit)
    • At 11:15 = at quarter past eleven (pada pukul 11 lewat 15 menit)

Contoh kalimat:

This is an announcement, so listen carefully! Mathematic mid-term test will be held at quarter past nine (09:15) tomorrow morning. All students are expected to prepare for this test (Ini adalah pengumuman, harap dengarkan dengan saksama! Ujian tengah semester Matematika akan diadakan pada pukul 9 lewat 15 menit besok pagi. Semua siswa diharapkan mempersiapkan diri untuk ujian ini).

  1. Menggunakan istilah “quarter to”

Cara ketiga adalah dengan menggunakan istilah “quarter to”. Cara membacanya adalah dengan memperhatikan jam dan melihat ke mana jarum panjang mengarah. Apabila jarum panjang pada jam ada di angka 9, itulah yang dinamakan “quarter to”. Kita biasa mengenal ini dalam Bahasa Indonesia dengan sebutan “kurang dari 15 menit”.

Cara membacanya sama dengan cara no.2 di atas, yaitu dengan menyebutkan terlebih dahulu “quarter to” lalu diikuti dengan jam yang kita maksudkan. Terkadang, “quarter to” dapat juga dibaca dengan “a quarter to”.

Cara menyebutkannya:

    • At 07:45 = at quarter to eight (pukul 8 kurang 15 menit)
    • At 02:45 = at a quarter to three (pukul 3 kurang dari 15 menit)

Contoh kalimat:

According to the flight timetable, the airplane from Jayapura to Kendari will land at a quarter to eleven (10:45). Which means… my father will be here, in Kendari, soon! (menurut jadwal penerbangan, pesawat dari Jayapura ke Kendari akan mendarat pada pukul 11 kurang 15 menit. Yang artinya… ayahku akan segara berada di sini, di Kendari!)

  1. Menggunakan istilah “half past”.

Selain o’clock, istilah ini adalah istilah yang paling sering didengar ketika menyebutkan waktu bagi yang mempelajari Bahasa Inggris. Di dalam Bahasa Indonesia, kita mengenali istilah “half past” dengan “setengah”.

Kapan kita mengetahui suatu waktu harus dibaca dengan “half past”? Jawabannya adalah ketika jarum panjang pada jam ada tepat di angka 6 dari waktu yang kita lihat. Seperti dua contoh di atas, terlebih dahulu kita sebutkan menitnya kemudian jamnya.

Cara kita menyebutkannya:

    • At 01:30 = at half past one (pada pukul setengah 2)
    • At 05:30 = at half past five (pada pukul setengah 6)

Contoh kalimat:

Once my mother arrive from work at half past six (06:30), I will serve my cooking on to the dining table immediately (begitu ibuku tiba setelah bekerja pada pukul setengah tujuh, akan kuhidangkan masakanku di meja makan segera).

Cara-cara informal atau lebih mudah untuk menyatakan waktu (informal or easier ways to state time)

Cara kedua ketika kita ingin menyatakan waktu adalah melalui cara informal atau yang lebih mudah. Mengapa dikatakan lebih mudah? Karena pada dasarnya ini yang paling sering digunakan.

  1. Ucapkan angka yang tertera sebagaimana adanya.

ni adalah cara termudah untuk membaca atau menyebutkan waktu dalam Bahasa Inggris. kita hanya perlu mengucapkan angka yang tertera pada jam dengan apa adanya.

Berikut cara kita menyebutkannya:

    • At 10.45 = at ten forty-five (pada pukul sepuluh empat puluh lima)
    • At 02.30 = at two thirty (pada pukul dua tiga puluh)

Contoh kalimat :

The rain starts pouring at four fifty (04.50) in the afternoon and it’s getting heavier (hujan mulai turun pada pukul 04:50 dan semakin deras saja)/

  1. Menggunakan “a.m.” dan “p.m.”. Barangkali banyak dari teman-teman yang sudah sering mendengar dua istilah ini. “A.m.” digunakan sejak pukul 00:00 dinihari hingga 11:59 siang, sementara “p.m.” dimulai dari pukul 12:00 siang hingga 23:59 malam.

Cara membaca jam ketika memakai cara ini adalah dengan menyebutkan waktu sebagaimana adanya, lalu diikuti dengan “a.m.” atau “p.m.” sesuai pembagian yang ada dalam 1 hari (pagi, siang, sore, dan malam).

Contoh cara penyebutan dengan menggunakan “a.m.” dan “p.m.”:

    • At 09:00 a.m. (pada pukul 9 pagi)
    • At 10:00 p.m. (pada pukul 10 malam)

Contoh kalimat:

Yulia, remember that your TOEFL test will begin at 08.00 a.m. tomorrow. Please go to bed early so that you will have enough energy to do it (Yulia, ingatlah bahwa tes TOEFL-mu akan dimulai pukul 08:00 esok pagi. Pergilah tidur lebih awal supaya kau punya cukup energi untuk mengerjakannya).

Itulah cara-cara yang dapat teman-teman tempuh atau gunakan bila ingin menyatakan atau menyebutkan waktu dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selamat belajar untuk teman-teman sekallian dan semoga selalu diberikan kesuksesan!

 

Cara Membuat Application Letter
Membuat Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris (Resignation Letter)
Surat Resign / Pengunduran Diri (Resignation Letter)
Apakah Pertanyaan Retorik itu (Rhetoric)?
Cara Menulis Email yang Sopan (How to Write a Polite Email)
Kumpulan Quotes Bahasa Inggris Bertema Alam (Nature)
Contoh Surat Bahasa Inggris: Lamaran Kerja Finance
Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Arsitek dalam Bahasa Inggris
Cara Mudah Menulis Cerita Pendek Berbahasa Inggris