sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pembukaan Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)

Menulis surat lamaran bisa membuat seseorang merasa stres dan bingung harus menulis apa. Untungnya, ada sejumlah formula yang bisa diikuti untuk membuat cover letter atau surat pembuka lamaran kerja. Perkenalan harus menunjukkan diri kita yang sebenarnya, antusiasme, dan menonjolkan kualifikasi yang membuat kita sangat cocok untuk posisi tersebut.

Masih saja bingung dengan apa yang akan ditulis, atau terlalu sering menggunakan kalimat yang sama? Yuk simak bagaimana membuat cover letter yang efektif berikut ini.

1. Tunjukan Antusiasme Terhadap Perusahaan

Jika kamu benar-benar tertarik dengan perusahaan atau pernah menggunakan produk atau layanan mereka sebelumnya, ini adalah kesempatan bagus untuk mengatakannya. Pengusaha menghargai antusiasme yang otentik, dan hal tersebut kerap diterjemahkan menjadi karyawan yang bermotivasi tinggi dan sukses.

Berikut contohnya.

The compay’s emphasis on employee development is why I’m so excited about this position. My 98% client satisfaction rate at my last job owes a lot to my commitment to constant skills improvement. I’m excited to see where I could take your client within such a well-constructed system.

Perhatian perusahaan terhadap pengembangan karyawan menjadinalasan mengapa saya sangat bersemangat dengan posisi ini. Tingkat kepuasan klien 98% saya pada pekerjaan terakhir saya sangat bergantung pada komitmen saya untuk peningkatan keterampilan yang konstan. Saya senang melihat di mana saya dapat mengarahkan klien Anda dalam sistem yang dibangun dengan baik.

2. Sebutkan nama yang memberikan rekomendasi

Jika kita dirujuk untuk melamar di pekerjaan ini oleh seseorang, bahian awal dalam cover letter bisa menjadi tempat untuk menyebutkan hubungan tersebut. Ini akan menarik perhatian manajer perekrutan karena mereka ingin tahu mengapa seseorang yang mereka kenal merekomendasikan kamu untuk posisi tersebut. Berikut beberapa tips untuk melakukannya dengan cara yang lebih tepat:

  • Hindari menggunakan kata-kata yang terlalu seperti “greatest” (terhebat) atau “best” (terbaik).
  • Tunjukkan antusiasme dan rasa syukur.
  • Buatlah secara singkat dan biarkan rekomendasinya yang diberikan yang berbicara.

Contohnya,

As a web designer for the past decade, I’ve collaborated with many people on various projects, large and small. Recently, I had the opportunity to work with Mrs. Yunita Anthony. After working together for several weeks, she recommended that I apply to join the Product Design team at this company. With my 100% client satisfaction ratings, I believe I am the right candidate to hire as the next graphic designer.

Sebagai seorang web designer selama dekade terakhir, saya telah berkolaborasi dengan banyak orang dalam berbagai proyek, besar dan kecil. Baru-baru ini, saya mendapat kesempatan untuk bekerja dengan Ibu Yunita Anthony. Setelah bekerja bersama selama beberapa minggu, dia merekomendasikan agar saya melamar untuk bergabung dengan tim Desain Produk di perusahaan ini. Dengan tingkat kepuasan klien 100%, saya yakin saya merupakan kandidat yang tepat untuk dipekerjakan sebagai desainer grafis berikutnya.

3. Buka dengan pencapaian yang mengesankan

Tulis paragraf pembuka yang menonjol yang menunjukkan pencapaian mengesankan dan menampilkan hasil yang terukur. Di sini, penting untuk menghubungkan antara bagaimana kita menambahkan nilai bisnis secara nyata dari pengalaman kerja sebelumnya dan bagaimana kamu akan menerapkannya ke posisi yang baru ini.

Contohnya,

“I am Indonesian professional marketer, SEO, and content writer. As information, one of our specific skill is in creating business and financial articles or review, travel, engineering and others type of articles. I have worked with several well-known sites for content writing on their websites for many years.”

Saya seorang marketer profesional dari Indonesia, SEO dan penulis konten. Sebagai informasi, satu dari keahlian saya adalah membuat artikel atau ulasan tentang bisnis, kesehatan, perjalanan, teknis dan berbagai jenis artikel lainnya. Saya sudah bertahun-tahun bekerja untuk beberapa situs terkemuka untuk penulisan konten di website mereka.

4. Angkat berita yang layak ditonjolkan

Mulailah cover letter dengan bukti bahwa kamu telah melakukan sedikit riset tentang perusahaan. Jika perusahaan yang kamu tuju tersebut baru-baru ini menjadi berita, sebutkan di baris pembukaan dan kaitkan dengan alasan mengapa kamu mengagumi perusahaan tersebut. Untuk menghindari pujian yang berlebihan dan terdengar dibuat-buat, sampaikan peristiwa, fakta, statistik penting, atau penghargaan tertentu yang baru saja dimenangkan oleh perusahaan.

5. Tunjukkan semangat pada apa yang dilakukan

Passion menjadi salah satu faktor pendorong terbesar di balik kesuksesan. Dan karena manajer perekrutan sedang mencari kandidat yang dapat menjadi pendukung perusahaan mereka dan memiliki etos kerja yang kuat, memulai dengan mengekspresikan passion dan motivasi kamu bisa menjadi daya tarik yang luar biasa bagi perusahaan.

6. Sisipkan cerita humor

Meskipun kamu mungkin tidak akan mengirimkan cover letter ke komba menulis kreatif, jangan takut untuk menyisipkan humor, karisma dan kreativitas. Selama itu sesuai untuk pekerjaan dan perusahaan yang dituju.

Manajer bagian perekrutan pastinya tak ingin membaca novel, tapi mereka mencari sesuatu yang menarik dan jaga perhatian mereka. Lakukan sedikit riset tentang budaya perusahaan, budaya kerjanya seperti apa lalu gunakan gaya kreatif kamu sendiri untuk menilainya.

Contohnya,

You posted a job ad for a line cook for the Upnormal Restaurant’s kitchen staff. I would love to apply for the position, as I can make a reduction like no one’s business, do crazy utensil-flipping tricks like those chefs at Benihana, and cook a steak people fight over. Also, if you hire me, I’m a size small, so it could save you money when you order chef jackets (compared to hiring some larger candidates)

Anda memasang iklan pekerjaan untuk seorang juru masak untuk staf dapur Restoran Upnormal. Saya ingin sekali melamar posisi itu, karena saya dapat melakukan pengurangan tak seperti orang lain di bisnis mana pun, melakukan trik membalik perkakas seperti para koki di Benihana, dan memasak steak yang diperebutkan orang. Juga, jika Anda mempekerjakan saya, ukuran saya kecil, sehingga Anda dapat menghemat uang saat memesan baju koki (dibandingkan dengan mempekerjakan beberapa kandidat yang lebih besar).

7. Mulai dengan pernyataan yang meyakinkan

Buat manajer bagian perekrutan terkesan dengan membuka dengan pernyataan yang meyakinkan secara singkat dan menimbulkan efek yang mencerminkan visi dan misi perusahaan. Tanpa terlihat kamu sedang menyalin dan meng-copy paste dari visi misi yang ada situs web mereka.

 

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) dari Hotel dalam Bahasa Inggris
Penutup Email dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Chef dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Bahasa Inggris: Berterima Kasih atas Pembayaran
Menulis Surat untuk Santa Claus (Letter to Santa)
Contoh Surat Bahasa Inggris Mengucapkan Ulang Tahun
Cara Membuat Catatan Rapat/Notulen (Minutes of Meeting) dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) dari Bank dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Penulisan Alamat Jalan/Alamat dalam Bahasa Inggris Yang Benar