sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Istilah Mind Blowing dan Mind Boggling

Istilah mind blowing tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun tahukah kamu kalau ada istilah yang dikenal dengan mind boggling juga? Lalu apakah penggunaan istilah mind blowing yang kita gunakan selama ini sudah tepat?

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai persamaan sekaligus perbedaan dari istilah mind blowing dan mind boggling. Supaya dapat menggunakan kedua istilah ini dengan tepat, simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Pengertian Mind Blowing dan Mind Boggling

Istilah mind blowing dan mind boggling memiliki makna yang hampir sama, yaitu menjelaskan sesuatu yang luar biasa atau setidaknya lain dari biasa. Namun penggunaan kedua istilah ini berbeda, sesuai dengan konteks yang terjadi. Kedua istilah ini biasanya digunakan dalam situasi informal yang cenderung santai.

Mind blowing merupakan istilah yang digunakan untuk sesuatu yang mengagumkan, mengejutkan, atau mencengangkan. Istilah mind blowing juga dapat digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang akhirnya meledak setelah berada dibawah tekanan.

Penggunaan istilah mind blowing misalnya ketika kita melihat sebuah karya lukisan yang begitu luar biasa dan mengagumkan. Atau ketika kita secara tidak sengaja menyaksikan kecelakaan lalu lintas yang terjadi begitu cepat, istilah mind blowing juga bisa digunakan.

Sedangkan istilah mind boggling merupakan istilah yang digunakan untuk sesuatu yang sulit dimengerti dan membingungkan. Istilah mind boggling juga dapat digunakan untuk menyatakan ketidakmampuan kita dalam memahami suatu gagasan atau kejadian.

Istilah mind boggling dapat diterapkan ketika misalnya kita mendengar seseorang mengajukan usulan yang tidak biasa, namun sulit untuk dimengerti. Atau bisa juga ketika kita melihat kejadian yang tidak biasa terjadi, tapi membingungkan dan sulit dipahami.

Contoh Penggunaan Mind Blowing

Agar lebih memahami pengertian dan penggunaan istilah mind blowing, berikut beberapa contohnya.

Contoh 1

Nia: I heard that you visited the new gallery in the town yesterday, Danna? How’s about it? (Aku dengar kamu kemarin datang ke galeri baru di kota, Danna? Gimana disana?)

Danna: The gallery is nice, of course. But the paintings are another story, Nia. I saw so many great paintings that I never seen before. (Galerinya bagus, tentu aja. Tapi lukisan-lukisannya lain lagi, Nia. Aku lihat banyak lukisan keren yang belum pernah aku lihat sebelumnya)

Nia: Oh, really? Is it that good? (Oh, benarkah? Apa sebagus itu?)

Danna: Good is not enough to explain those, you need to see it by yourself. There is this one painting that really captived me. It’s not just beautiful, it’s a mind-blowing! (Bagus aja nggak cukup untuk jelasin itu semua, kamu harus lihat langsung. Ada satu lukisan yang benar-benar menarik hatiku. Itu bukan cuma indah, itu sangat menakjubkan!)

Contoh 2

Hana: Do you know that there was a traffic accident near our school this morning, Gia? (Kamu tahu nggak ada kecelakaan lalu lintas dekat sekolah kita tadi pagi, Gia?)

Gia: Don’t make me start, Hana. I’m the very witness of that mind-blowing incident, you know? (Wah, jangan tanya deh, Hana. Aku nih saksi langsung dari kejadian mencengangkan itu, tahu?)

Hana: What? Really? You saw it with your own eyes? (Hah? Beneran? Kamu lihat langsung dengan mata kepala kamu sendiri?)

Gia: Yeah! I saw those two cars crashed with each other in a flash! Everything happened so fast to the point I almost can’t believe my eyes. (Iya! Aku lihat dua mobil itu tabrakan dalam sekejap! Semuanya terjadi begitu cepat sampai aku hampir nggak percaya penglihatanku sendiri)

Contoh Penggunaan Mind Boggling

Agar lebih memahami pengertian dan penggunaan istilah mind boggling, berikut beberapa contohnya.

Contoh 1

Bella: Did you try the new café in front of our office, Helena? (Kamu udah cobain kafe baru depan kantor kita, Helena?)

Helena: I’m not tried it yet, but people said the cake taste weird. Heard about that, I’m reluctant to visit the café. Is the rumor true, Bella? (Aku belum coba, tapi orang-orang bilang kue disana rasanya aneh. Dengar begitu, aku jadi ragu mau kesana. Apa gosip itu benar, Bella?)

Bella: Yeah, it’s true. But set the rumor aside, do you know what’s more shocking? It’s a mind-boggling fact that that cake cost 100.000 IDR per-slice. (Yah, itu benar. Tapi selain gosip itu, kamu tahu apa yang lebih mengagetkan? Fakta mengherankan bahwa kue itu harganya Rp 100.000 per-potong.)

Helena: What? It doesn’t make sense! (Apa? Itu nggak masuk akal!)

Contoh 2

Ani: The new series on TV yesterday is literally trash, you know? (Sinetron baru di TV kemarin benar-benar sampah, tahu?)

Sasha: Yeah, I can’t agree more! The plot is messing up, the actors are bad. But for that kind of show, they got the mind-boggling feedback with their rating spiked up all the way. (Yah, aku setuju banget! Ceritanya berantakan, aktingnya jelek. Tapi untuk acara semacam itu, mereka dapat respon mengherankan dengan ratingnya yang meroket tajam.)

Ani: Really? How could it be so? I will never understand why people watched it. (Beneran? Kok bisa, sih? Aku nggak akan pernah bisa paham kenapa orang-orang nonton itu)

Demikianlah pembahasan mengenai istilah mind blowing dan mind boggling beserta penggunaannya yang tepat. Pastikan kamu memahami betul istilah yang akan kamu gunakan sesuai dengan konteks yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penggunaan “With Regard to” Vs “With Regards to”
Contoh Penggunaan Preposition of Time
Penggunaan “Would” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Just, Already, Still, Yet
Penggunaan Whom
Kosakata Bagian-bagian Rumah dalam Bahasa Inggris: Nama dan Contoh Penggunaannya
Penggunaan Kata “Already”
Penggunaan “Let”, “Lets”, dan “Let’s”
Perbedaan Penggunaan Must, Have To, Should
Mengenal Ungkapan No Hard Feelings, Arti dan Penggunaannya