sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata “An”

Selamat datang, teman-teman semua!

Belajar sebuah bahasa baru tidak akan lengkap rasanya apabila tidak mempelajari struktur atau tata bahasanya. Mempelajari dan mengingat struktur yang membentuk sebuah kalimat dalam satu bahasa memang memusingkan dan membingungkan. Namun, bukan berarti kita tidak akan bisa menguasainya.

Kali ini kita akan membahas sebuah topik yang termasuk ke dalam tata bahasa (grammar) Bahasa Inggris. Topik kita kali ini adalah mengenai kata sandang atau yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan article atau yang dapat juga kita terjemahkan sebagai artikel.

Apakah yang dimaksud dengan artikel? Dalam tata bahasa untuk Bahasa Inggris, artikel merujuk pada kata sifat (adjectives) yang dipakai untuk memodifikasi orang, kata benda, tempat, kebangsaan, suku, dan lain sebagainya. Artikel dapat juga diartikan sebagai pembatas dari kata benda (nouns) dan diletakkan sebelum kata benda yang dimaksud.

Topik utama kita kali ini adalah salah satu kata sandang, yaitu “an”. Seperti apakah kata sandang ini dan bagaimanakah contoh penggunaannya dalam kalimat-kalimat Bahasa Inggris? Mari kita mulai pembahasan untuk topik kita.

Kata Sandang/Artikel “An

Kata sandang “an” termasuk ke dalam tipe kata sandang atau artikel tidak tentu atau pasti (indefinite article) dalam Bahasa Inggris. Mengapa dikatakan tak pasti? Dalam Bahasa Inggris, artikel ini digunakan ketika kita belum mengetahui sama sekali apakah kata benda yang dimaksud itu secara spesifik.

Mari kita perhatikan beberapa contoh di bawah berikut (kata-kata yang dicetak tebal adalah kata benda):

  1. The color of an apple is either red or green (warna dari buah apel bisa merah dan bisa juga hijau).
  2. An elephant is able to remember past events (seekor gajah mampu mengingat kejadian-kejadian yang sudah lampau).
  3. An hourglass is used to measure time (sebuah jam pasir digunakan untuk menghitung waktu).
  4. My grandfather is an honest man (kakekku adalah seorang pria yang jujur).

An” juga dapat digunakan untuk menandakan kebangsaan atau keanggotaan dari sebuah kelompok.

  1. Jenny is an Englishwoman (Jenny adalah seorang wanita Inggris; menunjukkan bahwa Jenny adalah anggota atau bagian dari kelompok orang Inggris).
  2. Moon orchid is an Indonesian flower (Anggrek Bulan adalah bunga khas dari Indonesia).

Dari keempat contoh di atas, dapatkah teman-teman melihat pola atau bentuk penggunaan artikel “an” dalam kalimat? Berikut beberapa pola yang ditarik berdasarkan keenam contoh kalimat yang ada di atas:

  • Artikel an dapat digunakan ketika bertemu dengan anggota dari huruf vokal (a, u, i, o, e).
  • An digunakan ketika bertemu dengan huruf h mati atau silent h dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa contoh kata-kata Bahasa Inggris yang memiliki huruf h “mati”:
    • Honor/honour (kehormatan)
    • Hour (waktu/jam)
    • Honest (jujur)
    • Hannah (nama orang. Untuk nama seperti ini, huruf h yang mati adalah huruf h yang berada di akhir nama orang ini).
    • Heir (pewaris/penerus)
    • Thailand (nama negara. Untuk kasus ini,biasanya kita akan mengucapkan “th”. Namun, di sini huruf h dapat dikategorikan sebagai huruf mati, sehingga pengucapannnya menjadi “t” saja.
    • Vehicle (kendaraan). Walaupun dalam pengucapannya, huruf h masih disebutkan. Namun, mayoritas orang-orang yang berbicara Bahasa Inggris tidak menyebut huruf h dalam kata ini.
    • Ghost (hantu). Dalam kata ini, huruf h tidak disebutkan atau diucapkan.
    • Herb (herba). Bagi penutur Bahasa Inggris yang tinggal di Inggris dan Australia, mereka masih akan menyebutkan huruf h dalam kata ini. Namun, tidak demikian dengan mereka yang tinggal di Amerika dan Kanada. Mereka cenderung tidak menyebutkan huruf h.

Ada beberapa pengecualian atau hal yang harus dihindari dalam penggunaan artikel ini yang sangat bagus untuk kita ketahui. Berikut beberapa pengecualian/hal yang harus kita hindari tersebut:

  • Apabila ada huruf vokal yang dibaca dengan menggunakan huruf konsonan di awal kalimat, seperti huruf U.

Contoh: Kamala Harris is an United States’ new elected vice president (Kamala Harris adalah wakil presiden terpilih Amerika Serikat yang baru).

Walaupun huruf U dalam “United” adalah huruf vokal, awalan kata ini adalah huruf “y” ketika diucapkan (baca: yu-nai-tit). Maka, an tidak dapat digunakan sebagai kata sandang yang tepat.

  • Hindari menggunakan “an” sebagai kata sandang apabila kata-kata benda tersebut dalam bentuk jamak atau lebih dari satu (g. hours (jam atau waktu), apples (apel-apel), elephants (para gajah), heirs (para pewaris)).
  • Sebaiknya jangan memakai “an” apabila kata benda yang dimaksud adalah kata benda yang tidak bisa dihitung (g. advice (saran)).

Selain an, Bahasa Inggris memiliki dua tipe kata sandang yang lain: a dan the. Seperti an, artikel a pun termasuk dalam jenis kata sandang yang belum pasti atau belum tentu dengan beberapa penjelasan dan kondisi tertentu.

Lain halnya dengan artikel a dan an, artikel the merupakan bagian dari tipe artikel pasti atau yang sudah tentu, yang artinya bahwa kata benda yang dimaksud telah kita ketahui secara pasti.

Itulah penjelasan mengenai an sebagai satu dari beberapa kata sandang yang ada dalam struktur Bahasa Inggris. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semua yang sedang mempelajari Bahasa Inggris dan ingin belajar juga mengenai beberapa artikel yang digunakan untuk membentuk kalimat-kalimat runtut dalam Bahasa Inggris.

Sampai jumpa lagi dan terus semangat belajar!

 

Penggunaan “That”
Speaking TOEFL: Kenali Perbendaharaan Kata untuk Debat
Penggunaan ‘Alone’ vs ‘Itself’
Penggunaan ‘Was’ Dalam Bahasa Inggris
Kata Transisi dalam Tulisan dalam Bahasa Inggris
Daftar Kata Tanya dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata “Themselves”
Penggunaan “Advisor” dan “Adviser”
Penggunaan Kata “Much” dan “More” dalam Bahasa Inggris
Kata Mutiara Tentang Pantai