sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata “At”

Selamat datang dalam artikel kali ini, teman-teman semua! Apa kabarnya kalian? Semoga selalu sehat, ya!

Topik yang akan kita bahas kali ini adalah tentang preposisi. Masih adakah di antara teman-teman yang mungkin belum kenal dan mengetahui apakah preposisi itu? Preposisi, atau yang kadang dikenal juga dengan istilah lainnya, yaitu kata depan, adalah bagian dari struktur Bahasa Inggris yang mengkombinasikan antara beragam kata-kata benda, kata-kata ganti, dan juga berbagai frasa menjadi kalimat utuh yang bisa dimengerti.

Dengan kata lain, preposisi dalam kalimat bertindak sebagai penghubung antar kata dalam satu kalimat.

Lalu, bagaimana dengan preposisi “at” sendiri? Bagaimana kita menggunakannya untuk menghubungkan kata-kata dalam kalimat sehingga kita dan orang lain dapat memahaminya? Itulah yang akan kita bahas.

  1. “At” sebagai konektor untuk menyatakan tempat (“At” as a connector to state/mark places)

Fungsi “at” sebagai preposisi Bahasa Inggris yang pertama adalah untuk menyatakan atau menandakan tempat. Berbeda dengan kedua saudaranya, “in” dan juga “on”, “at” memiliki fungsi yang jauh lebih spesifik lagi apabila kita hubungkan dengan waktu.

Contoh:

    • At 08.00 a.m. (pada pukul 08.00 pagi)
    • At noon (pada sang hari)
    • At sunrise (saat matahari terbit)

Berikut penggunaan “at” dalam contoh percakapan menggunakan Bahasa Inggris ketika kita ingin membicarakan tentang waktu:

Contoh 1:

Charles: I call you right now because I don’t have much time, my works are waiting for me. I just want to tell you that I will come to your house today at 07.00 p.m. to visit your baby daughter. Is that okay with you and Hannah?

Isaac: Good thing you notify me in the morning, Charles, or else Hannah will be very upset with you and me if you notify us later. Alright, I’ll call her after this phone call.

Charles: Sweet! Just text me about what Hannah says about me coming to your house to visit the three of you.

(Charles: Aku meneleponmu di waktu sekarang sebab aku tidak punya waktu yang banyak, pekerjaanku menungguku. Aku hanya ingin memberitahumu bahwa aku akan datang ke rumahmu hari ini pukul 7 malam untuk menjenguk anak perempuanmu. Apakah tidak apa-apa untukmu dan Hannah?

Isaac: Baik sekali kau memberitahuku di pagi hari, Charles, atau Hannah akan sangat marah denganmu dan denganku jika kau memberitahu kami nanti. Baiklah, akan kuhubungi dia setelah ini.

Charles: Bagus! Kirimkan saja pesan teks padaku apa yang Hannah katakan tentangku yang akan mengunjungi kalian bertiga di rumah.)

Contoh 2:

Renee: I just heard from my next door neighbor that there is a Japanese restaurant franchise who opened their branch here in our city last week. Shall we go there, probably, later today?

Janet: Then I have to finish my work as early as possible. You know that I love myself some Japanese foods. I want to eat a nice, big bowl of ramen.

Renee: I’m sure they serve it. Can we go, like, at 06.00 p.m. after we’re done with our works?

Janet: Yeah, yeah, we absolutely can. Call me when you’re done with everything in your office.

(Renee: Aku baru saja mendengar dari tetangga sebelah bahwa ada waralaba  restoran Jepang yang membuka cabang mereka di kota kita minggu lalu. Bisakah kita pergi ke sana, barangkali, nanti di hari ini?

Janet: Kalau begitu aku harus menyelesaikan pekerjaanku seawal mungkin. Kau kan, tahu bahwa aku menyukai makanan Jepang. Aku ingin memakan semangkuk besar ramen yang enak.

Renee: Aku yakin mereka menyediakan ramen. Bolehkah kita pergi di jam 6 sore setelah kita selesai dengan pekerjaan kita?

Janet: Ya, ya, tentu saja boleh. Telepon aku begitu kau sudah menyelesaikan semua urusan kantormu.)

  1. “At” untuk menyatakan tempat atau lokasi (“At” to state or mark a place or a location)

Yang kedua, “at” juga berfungsi jika kita ingin mendeskripsikan lokasi atau tempat di sebuah daerah dengan tepat dan spesifik (seperti alamat atau nama jalan), seperti:

    • At Sudirman Street (di Jalan Sudirman)
    • At the bird park (di taman burung)
    • At 254 Harvey Street (di Jalan Harvey No. 254)

Contoh 3:

Tio: I can’t find your address, Laura. Can you giving me the exact number of your house and street?

Laura: At 167 Lincoln Avenue. If you see a small house painted in brown, that’s my house. Call me and I’ll pick you up outside.

Tio: Okay, wait for me because it’s a bit hard to find your house. Talk to you once I find your house.

(Tio: Aku tak bisa menemukan alamatmu, Laura. Bisakah kau memberiku nomor dan jalan rumahmu dengan tepat?

Laura: Di Jalan Lincoln No. 167. Kalau kau melihat rumah kecil bercat cokelat, itulah rumahku. Telepon aku dan aku kujemput kau di luar.

Tio: Oke, tunggu aku karena sedikit susah menemukan rumahmu. Aku akan menghubungi begitu aku menemukan rumahmu.)

Contoh 4:

Yolanda: I already ate the ramyun (one of South Korean type of noodles) at the Korean restaurant you told me last night. I’m not gonna lie… tthe foods are graciously delicious.

Ellen: So, I was right, then? Because I know you’re a fan of Korean foods and when I saw that restaurant, you were the person popping up in my head. Wow, you made my day by making the comment.

(Yolanda: Aku sudah mencicipi ramyun (salah satu tipe mie khas Korea Selatan) di restoran Korea yang kau kasih tahu semalam. Aku tidak akan bohong… makanannya sangat enak.

Ellen: Jadi, aku benar, kalau begitu? Karena aku tahu kau penggemar makanan Korea dan sewaktu aku melihat restoran itu, kaulah orang pertama yang muncul dalam kepalaku. Wow, kau membuat hariku indah dengan membuat komentar itu.)

Itulah pembahasan dalam artikel kita mengenai bagaimana kita memakai “at” sebagai salah satu konektor atau preposisi dalam kalimat-kalimat yang menggunakan Bahasa Inggris.

 

Kata-kata / Kalimat Percakapan Murid di Kelas
Kata Transisi dalam Tulisan dalam Bahasa Inggris
Penggunaan ‘BEEN’ vs ‘GONE’
Kosakata tentang Natal serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata “Any”
Penggunaan “In Terms Of”
Frase/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Memasak
Penggunaan “Suppose” dan “Supposed to”
Penjelasan Mengenai Penggunaan “How About” dalam Bahasa Inggris
Penggunaan If vs Whether