sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Let”, “Lets”, dan “Let’s”

Mempelajari struktur kata dan kalimat yang membentuk suatu bahasa, termasuk Bahasa Inggris, memanglah tidak bisa langsung dikuasai dalam sehari-dua hari. Dibutuhkan banyak waktu untuk secara perlahan memahami pembentukan tata bahasa dan penggunaannya, serta jenis-jenis kata yang ada dalam suatu bahasa.

Kita kali ini akan membahas tentang perbedaan dari ketiga kata berikut: “let”, “lets”, dan juga “let’s”. Banyak dari kita yang, ketika mempelajari Bahasa Inggris, terkadang dibuat bingung oleh ketiga kata ini. Mereka terdengar sama saat diucapkan, namun ketiganya belum tentu memiliki pengertian yang sama dan pasti berbeda pula cara penggunaannya.

Kita akan membahas perbedaan ketiga kata ini serta contohnya yang akan membantu kita memahami siapa saja dan kapan saja ketiga kata ini digunakan.

“Let”

“Let” adalah kata pertama yang akan kita bahas. Ketika kita menerjemahkan kata ini ke dalam Bahasa Indonesia, maka kita akan menemukan bahwa makna dari kata ini adalah “membiarkan” atau “mengizinkan”. Kata “let” dapat digunakan untuk subyek:

  • Kata ganti orang pertama tunggal (first person plural pronoun) = I (saya)
  • Kata ganti orang kedua tunggal dan jamak (second person singular and plural pronoun) = you (kamu)
  • Kata ganti orang pertama jamak (first person plural pronoun) = we (kami atau kita)
  • Kata ganti orang ketiga jamak (third person plural pronoun) = they (mereka)

Mari kita lihat bagaimana “let” digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris sederhana di bawah ini:

Contoh kalimat:

  • I let the that woman and her kid eat with me at McDonald’s and order everything they want, because they apparently didn’t eat anything since yesterday and it breaks my heart (Aku membiarkan wanita itu dan anaknya makan bersamaku di McDonald’s dan memesan apa saja yang mereka suka, karena tampaknya mereka belum makan apapun sejak kemarin dan itu membuatku patah hati)
  • You let them treat you so badly. You can’t do that, you’re not their punching bag. Please, try to defend yourself (Kau membiarkan mereka memperlakukanmu dengan buruk. Kau tidak boleh begitu, kau bukan samsak tinju mereka. Tolong, cobalah melindungi dirimu)
  • We let that naughty kid do whatever he wants, but one of us is on the way with his mother to let her be the one handling her kid’s attitude (Kami membiarkan anak nakal itu berbuat semaunya, namun salah satu dari kami sedang menuju ke sini bersama ibunya untuk membiarkannya menjadi orang yang mengendalikan kelakuan anaknya)
  • They let the little girl play with them because seems like the girl doesn’t have friends and she looks sad (Mereka membiarkan gadis kecil itu bermain bersama mereka karena kelihatannya gadis itu tidak memiliki teman dan tampak sedih)

“Lets”

Kata kedua yang kita akan bahas adalah “lets”. Kata ini sebenarnya memiliki arti yang sama dengan “let”, yaitu mengizinkan atau membiarkan. Yang membuat kedua kata ini sedikit berbeda adalah adanya huruf s pada “lets”. Hal ini merujuk pada subyek yang dapat disandingkan dengan kata “lets”, yaitu:

  • Kata ganti orang ketiga tunggal (third person singular pronouns): he (dia untuk lelaki), she (dia untuk wanita), dan it (kata ganti untuk hewan dan tanaman/tumbuhan).
  • Subyek dengan nama orang namun masih terhitung tunggal atau nama yang digunakan hanya satu.

Mari kita amati penggunaan “lets” dalam kalimat-kalimat Bahasa Inggris ini.

Contoh kalimat:

  • Anwar lets her mom chooses his tie for the university graduation next week (Anwar membiarkan ibunya memilihkan dasinya untuk dipakai pada wisuda universitas minggu depan)
  • She lets her cat sleeps with her at night because the vet said the cat is having an anxiety where it needs her owner to be there at night (Dia membiarkan kucingnya tidur bersamanya di malam hari karena dokter hewan berkata kucingnya memiliki gangguan kecemasan di mana kucing tersebut ingin pemiliknya ada bersamanya pada saat malam tiba)
  • The senior dog lets the puppy plays with him and their owner even says to the neighbors that the dogs are so close to each other so much they act like father and son (Anjing tua itu membiarkan anjing kecil itu bermain bersamanya dan pemiliknya bahkan berkata pada para tetangga bahwa saking dekatnya kedua anjing itu, mereka sudah seperti ayah dan anak)

“Let’s”

Kata “let’s” adalah abreviasi atau bentuk pendek dari kata “let us” yang memiliki makna mengundang atau mengajak orang lain melakukan suatu hal atau aktivitas tertentu bersama dengan kita.

Nah, sekarang mari kita lihat bagaimana “let’s” digunakan ketika membuat kalimat Bahasa Inggris sederhana.

Contoh kalimat:

  • When the pandemic is over and everything goes back to normal, let’s take a week off and go to South Korea, just the two of us for our second honeymoon (Ketika pandemi ini berakhir dan semuanya kembali normal, ayo ambil cuti selama seminggu dan pergi ke Korea Selatan, hanya kita berdua untuk bulan madu kedua kita)
  • Ulin, I’m hungry. Let’s make something for the two us to eat. I think Mom bought some vegetables and fish yesterday. We can cook them and make a simple meal (Ulin, aku lapar. Ayo kita membuat sesuatu untuk kita makan berdua. Kurasa Ibu membeli beberapa sayuran dan ikan kemarin. Kita bisa memasak semua itu dan membuat makanan yang sederhana)

Itulah penjelasan mengenai perbedaan dari kata “lets”, “let’s”, serta “let”. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman!

 

Perbedaan Penggunaan ‘Spilled’ vs ‘Split’
Penggunaan Kata Although dan Even Though Beserta Contohnya
Contoh Penggunaan Kata Go dan Goes
Penggunaan Akhiran -ed
Penggunaan “Needless to Say”
Penggunaan ‘Were’ dalam Tata Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Its vs It’s
Penggunaan ‘Afraid’ & Kata Lain dari ‘Afraid’
Perbedaan Makna dan Penggunaan Maybe, Perhaps, Probably
Penggunaan “In Terms Of”