sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Might

Dalam bahasa Inggris dikenal yang namanya modal verbs. Modal verbs adalah sekumpulan kata bantu yang berbentuk kata kerja (verb) yang menjadi bagian dari auxiliary (kata bantu) yang berfungsi untuk memperjelas atau memberikan arti lebih pada sebuah kalimat.

Modal verbs diletakkan sebelum kata kerja utama dalam suatu kalimat. Nantinya modal verbs inilah yang akan memberikan arti tersendiri bagi kata kerja utama tersebut.

Modal verbs terdiri dari dua bentuk keterangan waktu yakni present tense (waktu sekarang) dan past tense (masa lampau). Modal verbs yang termasuk ke dalam present tense yakni can, may, will, shall, must, ought to, need, dan dare. Sedangkan modal verbs yang termasuk dalam past tense adalah could, should, might, dan would.

Bentuk-bentuk modal verbs tersebut ada yang menyatakan kemauan (willingness), kemampuan (ability), kebutuhan (necessity), kemungkinan (possibility), dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu bentuk modal verbs dalam past tense yakni might. Pembahasan ini akan lebih fokus pada penggunaan might. Untuk itu simak artikelnya hingga akhir.

KATA KERJA BANTU MIGHT

Might merupakan bentuk lampau dari may. Walaupun merupakan bentuk masa lampau dari may, may dan might memiliki penggunaannya masing-masing. Meskipun begitu, keduanya sama-sama digunakan untuk menerangkan tentang kemungkinan entah itu terjadi di masa sekarang, masa depan, atau masa lampau serta menerangkan tentang izin (permission).

PENGGUNAAN MIGHT

  1. Membicarakan tentang kemungkinan

Kemungkinan yang dimaksudkan disini bisa juga berarti sebuah perkiraan akan sesuatu. Seperti telah dibahas sebelumnya, membicarakan tentang kemungkinan berarti membicarakan sesuatu hal yang dapat terjadi atau tidak terjadi di masa sekarang, masa depan ataupun masa lalu.

    • Masa sekarang

Jika membicarakan tentang kemungkinan yang terjadi di masa sekarang, might dapat digunakan dengan ketentuan bahwa kemungkinan tersebut probabilitasnya untuk terjadi kurang dari 50%.

Sebaliknya, jika memakai kata may untuk membicarakan tentang kemungkinan berarti probabilitasnya lebih dari atau sama dengan 50%.

Contoh kalimat:

The snow might fall at the end of the month, yet I’m not sure enough since it doesn’t happen frequently. (Salju mungkin akan turun di akhir bulan, tapi saya tidak cukup yakin karena hal seperti itu biasanya tidak sering terjadi)

    • Masa lampau

Might juga dapat digunakan untuk membicarakan tentang kemungkinan yang terjadi di masa lalu. Namun tidak seperti penggunaannya saat membicarakan tentang masa sekarang, might harus diiringi dengan have + past participle (kata kerja bentuk ketiga).

Contoh kalimat:

She was looking for her phone all day long. She might left it in her house. (Dia mencari telepon genggamnya seharian. Dia mungkin meninggalkannya dirumahnya)

  1. Memberi saran dengan sopan

Might juga sering digunakan pada saat memberi saran. Penggunaan might saat memberikan saran dianggap sopan.

Contoh kalimat:

You might want to consider it before taking a decision. (Anda mungkin ingin mempertimbangkan hal tersebut sebelum mengambil sebuah keputusan)

  1. Pengandaian atau hipotesis

Saat berandai-andai pun dapat menggunakan might. Dalam hal ini suatu hal memiliki kemungkinan yang kecil harapannya untuk terjadi.

Contoh kalimat:

If I were you, I might study well from now to pass the exam. (Jika berada diposisimu, saya mungkin belajar dengan baik dari sekarang agar lulus ujian)

  1. Kalimat tidak langsung waktu lampau (past indirect speech)

Kalimat tidak langsung atau indirect speech digunakan untuk menerangkan atau meneruskan kalimat orang lain dengan kalimat yang dimodifikasi. Kalimat tidak langsung ini juga dapat menjelaskan kalimat yang terjadi di waktu lampau. Tentunya polanya pun mengikuti waktu lampau, salah satunya adalah penggunaan might.

Contoh kalimat:

She said, she might want to sleep early. (Dia mengatakan, dia ingin tidur lebih awal) 

  1. Permintaan izin

Might dapat juga digunakan untuk permintaan izin. Dalam hal ini meminta izin untuk melakukan sesuatu. Namun, penggunaan might untuk meminta izin tidak lagi sering dilakukan saat ini karena akan terdengar ganjil dan teralu formal sehingga lebih sering digantikan dengan may. Namun di masa lalu, penggunaannya kerap dipakai dalam kalimat.

Contoh kalimat:

Might we go now? (Bolehkah kita pergi sekarang ?)

  1. Terpaksa melakukan sesuatu karena tidak adanya alternatif pilihan yang lebih baik

Penggunaan might dalam sebuah kalimat juga dapat dilakukan untuk mengungkapkan sesuatu hal yang terpaksa dilakukan karena tidak adanya alternatif pilihan yang lebih baik. Penggunaan might untuk situasi ini harus diikuti dengan “as well”.

Contoh kalimat:

We are hungry and don’t have any food at home. We might as well order delivery food from the restaurant. (Kita lapar dan tidak punya makanan di rumah. Kita sebaiknya memesan makanan dari restoran)

Penggunaan might dalam fungsinya sebagai modal verbs memiliki aturan tersendiri yakni:

  1. Sebagai bagian dari modal verbs, might tidak perlu ditambahkan huruf –s saat digunakan bersama dengan subyek orang ketiga tunggal.

Contoh kalimat:

She might go to school. (Dia mungkin akan pergi ke sekolah)

  1. Untuk membentuk kalimat bertanya menggunakan modal verbs, maka cukup dengan menukar posisi subyek dan kata kerja itu sendiri.

Contoh kalimat:

Might you do the same thing again like before? (Mungkinkah kamu melakukan hal yang sekali lagi seperti sebelumnya ?)

  1. Untuk membentuk kalimat negatif menggunakan might, cukup dengan menambahkan kata “not” setelahnya.

Contoh kalimat:

You might not like it. I know you very well. (Kamu mungkin tidak akan menyukainya. Aku sangat mengenalmu)

  1. Diikuti oleh kata kerja tanpa diiringi “to”.

Contoh kalimat:

She might like you. (Dia mungkin akan menyukaimu)

Itulah beberapa hal terkait penggunaan might dalam sebuah kalimat beserta aturan-aturan yang mengikutinya. Selamat belajar.

Artikel Lainnya

Apa itu Finite vs Non Finite Verb?
Apa itu Linking Verbs?
Penggunaan Might
Perbedaan Verb 1 & Verb –ing
Phrasal Verb At Work (Phrasal Verb Di Tempat Kerja)
33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Verb: Apa itu Present Participle?
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Active Verb (Kalimat Aktif)?

 

Grammar-Verb: Perbedaan Auxiliary Verbs vs Light Verbs
Grammar-Noun: Apa itu Concrete Noun?
Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?
Penggunaan Kata “On”
Contoh Penggunaan Preposition of Time
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Apa itu Time Expression?