sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan “a” dan “an” dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Indonesia kita menunjuk pada benda dengan memperhatikan bentuknya, seperti; “seekor” kucing, “seutas” tali, “sepotong” roti, “sebuah” apel, dan seterusnya. Dalam bahasa Inggris, ada istilah “indefinite article” yang digunakan sebelum noun (kata benda) atau sebelum adjective (kata sifat) yang menerangkan kata benda – yaitu “a” dan “an”. Untuk menentukan yang mana dari “a” atau “an” yang harus digunakan sebelum suatu kata, kita harus mendengarkan bunyi dari awal kata tersebut.

Peraturan Dasar

Gunakan “a” jika katanya diawali bunyi konsonan, sementara “an” digunakan jika katanya diawali bunyi vokal. Berikut contohnya:

  • a book (sebuah buku)
  • an apple (sebuah apel)
  • a cat (seekor kucing)
  • a beautiful scenery (sebuah pemandangan yang indah)
  • an amazing experience (sebuah pengalaman yang luar biasa)

Beberapa Perkecualian

Yang penting adalah mendengarkan bunyi awal dari katanya, bukan hanya tulisannya. Contohnya, “uniform” (seragam) diawali huruf u yang adalah vokal, tapi bunyinya /j/ (y), jadi article yang tepat untuk kata ini adalah ‘a’ – mengacu pada bunyi awal katanya. Lalu, kata “hour” tulisannya diawali huruf h yang adalah konsonan, tapi bunyinya /ɑ/ yang adalah vokal, jadi kita harus menggunakan article ‘an’ untuk kata ini. Berikut beberapa contoh lainnya:

  • I live in a brown house. (Saya tinggal di sebuah rumah berwarna coklat.)
  • They have and old car. (Mereka punya sebuah mobil tua.)
  • They opened a shop in the mall. (Mereka membuka sebuah kedai di mall.)
  • I bought a used motorcycle. (Saya membeli sebuah motor bekas.)
  • The name Marilyn starts with an M. (Nama Marilyn diawali dengan huruf M.)
  • She wore a unique gown to the party. (Dia memakai gaun yang unik saat hadir di pesta.)
  • He is an honorable man. (Dia adalah seorang pria terhormat.)
  • I need a USB charger. (Aku butuh charger USB.)
  • My TV has an LCD screen. (TV-ku layarnya dari LCD.)

Jadi, yang harus diingat untuk aturan indefinite article ini adalah: dengarkan bunyi awal dari suatu kata untuk menentukan apakah kamu harus menggunakan “a” atau “an” sebelum kata bendanya.

Catatan tentang “a” dan “an”

Memilih antara article “a” atau “an” sangat tergantung pada kata yang didahuluinya. Jika diletakkan sebelum sebuah kata yang diawali konsonan (secara tertulis) dan tidak dibaca silent (hilang), maka bentuk “an” lah yang digunakan. Jika kata benda yang didahului article ini diawali huruf vokal atau konsonan yang silent atau hilang, maka kita gunakan “an”.

Peraturan ini dibuat agar pengucapan terdengar lebih nyaman di telinga, karena vokal yang saling berhadapan akan terasa kagok atau aneh di telinga. Misalnya, “an Eskimo” (seorang Eskimo) akan terdengar lebih baik daripada “a Eskimo” dan juga lebih mudah diucapkan.

Begitu juga untuk kata-kata dengan silent consonant seperti hour (jam), honor (kehormatan), heir (pewaris), dan sebagainya, maupun huruf vokal yang diucapkan seperti konsonan seperti “unicorn”. Kata-kata ini tidak tampak aneh jika ditulis “a hour” atau “an unicorn” tapi akan susah diucapkan. Jadi, peraturan perkecualian untuk indefinite articles diterapkan atas kata-kata semacam ini – seperti yang sudah diterangkan diatas.

Indefinite articles adalah satu dari beberapa jenis adjective atau kata sifat yang menunjukkan bahwa jumlah dari suatu kata benda adalah satu dari banyak. Beberapa grammar menyebut peraturan ini sebagai “noun marker” atau penanda kata benda. Yaitu, sebuah kata benda umum yang belum disebutkan sebelumnya dalam suatu kalimat atau konteks.

Ketika, misalnya, seseorang meminta “a pen” (sebuah pulpen), maka tidak perduli pulpen jenis apa yang dia minta, selama bisa dipakai – tidak ada spesifikasi tertentu dari pulpen ini. Tapi, jika seseorang meminta “the pen”, maka dia merujuk pada sebuah pulpen tertentu, bukan sembarang pulpen. Article “the”, disebut juga definite article – adalah kebalikan dari “a” dan “an”.

Dalam menentukan penggunaan “an” atau “a” secara tepat, bahasa Inggris Amerika Standar menggunakan “an” untuk kata benda yang diawali huruf atau bunyi vokal  – misalnya “an outstanding performance” (sebuah penampilan yang memukau), “an hourly rate” (bayaran per jam). Sementara untuk kata-kata benda yang diawali huruf atau bunyi konsonan, indefinite article “a” yang digunakan.

Penggunaan dalam kalimat

Tidak ada perbedaan diantara “a” dan “an” ketika mereka digunakan dalam suatu kalimat, karena keduanya sama-sama indefinite articles. Keduanya digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya oleh orang yang berbicara menggunakan article ini. Jadi, dengan kata lain, jika seseorang mengatakan “I saw a bird.” (Saya melihat seekor burung.) maka artinya baik orang yang berbicara maupun yang diajak bicara sama-sama belum pernah melihat burung tadi sebelumnya.

Perbedaan mendasar diantara keduanya hanyalah; saat hendak menggunakan artikel ini, perhatikan bunyi dari kata yang didahuluinya karena itu penentu yang lebih penting daripada bentuk tulisannya.

Berikut contoh perbedaan indefinite dan definite articles dalam suatu kalimat:

  • “A man knocked at my door this morning to sell some goods.” (“Seorang pria mengetuk pintu rumahku tadi pagi untuk menawarkan barang.”) – indefinite
  • “The man we met last night called me at work today.” (“Pria yang kita temui tadi malam menelepon tempat kerjaku hari ini.”)–definite

 

Perbedaan Comparative vs Superlative
Awalan Negatif Bahasa Inggris: UN-, DIS-, NON-, A-, AB-, AN-, ANTI-
Perbedaan “a” dan “an” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Do vs Make
English Article: Penggunaan A, An dan The