sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Attain vs Obtain

“Attain” dan “obtain” adalah dua kata yang sering menimbulkan kebingungan. Pasalnya, kedua kata tersebut memiliki ejaan dan pelafalan yang hampir mirip. Keduanya juga sama-sama memiliki akhiran “-tain”. Terlebih lagi, dari segi definisi juga keduanya memiliki definisi yang serupa. Meskipun demikian, keduanya tidak selalu bisa saling menggantikan. Terdapat perbedaan yang cukup besar di antara keduanya.

Lalu, apa perbedaan “attain” dan “obtain”? Mari kita cari tahu melalui pembahasan di bawah ini:

Attain

“Attain” termasuk ke dalam kelas kata verb (kata kerja) sehingga penggunaannya dalam kalimat sama seperti kata kerja lainnya.

Menurut Oxford English Dictionary, “attain” adalah, “succeed in achieving something that one has worked for)” (Berhasil mendapatkan sesuatu yang telah diusahakan).

Menurut definisi tersebut, dapat dikatakan bahwa “attain” adalah mendapatkan sesuatu yang berusaha untuk didapatkan. Terdapat usaha dan kerja keras untuk mencapai sesuatu tersebut. Di dalam bahasa Indonesia, “attain” bisa diterjemahkan sebagai “mencapai”, “meraih”, atau “memperoleh”.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan “attain” di dalam kalimat:

  • After couple of years, he finally attained his goal of losing 10 kilograms. (Setelah dua tahun, dia akhirnya mencapai tujuannya untuk turun 10 kilogram) –> Mengindikasikan adanya usaha dan kerja keras untuk menurunkan berat badan 10 kilogram
  • I will work really hard to attain the position of Executive Director. (Saya akan bekerja keras untuk mencapai posisi Direktur Eksekutif) –> Menandakan bahwa saya akan berusaha sekeras mungkin untuk menuju posisi Direktur Eksekutif
  • Diana attained success as a businesswoman after working hard for many years. (Diana meraih kesuksesan sebagai pebisnis setelah bekerja keras selama bertahun-tahun) –> Mengindikasikan bahwa adanya kerja keras dan usaha selama bertahun-tahun untuk menjadi pebisnis sukses
  • In the end, we attained our dream to have our own car. (Pada akhirnya, kami meraih impian kami untuk memiliki mobil kami sendiri) –> Mengindikasikan bahwa untuk mendapatkan mobil, dibutuhkan usaha dan kerja keras

Melalui contoh-contoh tersebut, kita bisa melihat bahwa kata “attain” mendeskripsikan tujuan atau gol yang berhasil dicapai dengan melibatkan usaha.

Obtain

“Obtain” juga termasuk ke dalam kelas kata verb (kata kerja). Untuk itu, kita harus mengikuti aturan penggunaan kata kerja ketika menggunakan “obtain” di dalam kalimat.

“Obtain” di dalam Oxford English Dictionary didefinisikan sebagai, “get, acquire, or secure something.” (Mendapatkan atau memperoleh sesuatu).

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa “obtain” berarti mendapatkan sesuatu. Tidak perlu ada usaha yang keras untuk mendapatkan sesuatu tersebut. Kita bisa menerjemahkan “obtain” ke dalam bahasa Indonesia menjadi “mendapatkan” atau “memperoleh”.

Beberapa contoh kalimat dengan menggunakan kata “obtain”:

  • We obtained some information about ABC Company from the internet. (Kami mendapatkan beberapa informasi tentang perusahaan ABC dari internet) –> Mengindikasikan bahwa tidak ada usaha yang keras untuk memperoleh informasinya
  • I obtained Ariana Grande’s concert ticket. (Saya mendapatkan tiket konser Ariana Grande) –> Mengindikasikan bahwa tidak ada usaha keras untuk mendapatkan tiketnya
  • Sarah will obtain the document. (Sarah akan mendapatkan dokumennya) –> Mengindikasikan bahwa usaha keras tidak akan dibutuhkan untuk mendapatkan dokumennya

Attain vs Obtain

Perbedaan utama antara “attain” dan “obtain” adalah “attain” digunakan untuk mendeskripsikan peraihan pencapaian yang membutuhkan usaha dan upaya untuk mewujudkannya. Pencapaian tersebut bisa diraih tidak dengan cara yang instan.

Sementara itu, “obtain” adalah untuk menjelaskan bahwa seseorang mendapatkan sesuatu. Ketika mendapatkan sesuatu tersebut, ia belum tentu melakukan usaha dan upaya yang keras. Bisa saja ia melakukannya dengan cara instan.

Mari kita lihat contoh-contoh berikut ini untuk lebih jelasnya:

  • Attain: He attained his goal of buying a house. (Dia mencapai tujuannya untuk membeli rumah)
  • Obtain: He obtain a house through his parents. (Dia mendapatkan rumah melalui orangtuanya)

Pada contoh “attain” kita bisa tahu bahwa tidak mudah baginya untuk membeli rumah. Mungkin dia harus menabung terlebih dahulu selama bertahun-tahun untuk membeli rumah atau meminjam uang terlebih dahulu ke bank untuk melakukannya. Pada intinya, ia harus berusaha untuk membeli rumah.

Sedangkan pada contoh “obtain” bisa kita lihat bahwa tidak ada usaha khusus baginya untuk mendapatkan rumah. Dia mendapatkannya dengan bantuan orangtuanya. Level kesulitan untuk mendapatkan rumahnya lebih rendah dibandingkan dengan level kesulitan pada contoh “attain”.

Contoh lain:

  • Lucy attained a great skill as a pianist. (Lucy memperoleh kemampuan hebat sebagai seorang pianis) –> Mungkin Lucy membutuhkan waktu bertahun-tahun latihan piano untuk bisa menjadi seorang pianis yang hebat. Terdapat usaha untuk memperoleh kemampuan bermain piano
  • Lucy obtained the piano from her uncle. (Lucy mendapatkan piano itu dari pamannya) –> Bisa mengindikasikan bahwa paman Lucy memberikannya piano secara cuma-cuma. Tidak butuh usaha yang keras untuk mendapatkan piano itu

Meskipun demikian, dalam konteks ketika kita lulus sekolah dengan gelar, kita bisa menggunakan baik “attain” maupun “obtain” untuk mendeskripsikan pencapaian kita tersebut. Contoh:

  • I finally attained my degree. (Saya akhirnya meraih gelar saya)
  • I finally obtained my diploma. (Saya akhirnya mendapatkan izajah saya)

Contoh “attain” berarti bahwa dengan kerja keras dan belajar dengan giat saya akhirnya lulus dan mendapatkan gelar saya.

Sedangkan untuk contoh “obtain”, itu artinya adalah saya mendapatkan bukti bahwa saya telah lulus berupa izajah (yang berbentuk fisik) yang pada saat saya wisuda, ijazah tersebut diberikan kepada saya.

Itulah perbedaan penggunaan “attain” dan “obtain”. Bagaimana? Cukup mudah juga bukan membedakan keduanya? Gunakanlah kedua kata ini di dalam kehidupan sehari-hari agar kita tidak akan melupakan perbedaan diantara keduanya.

 

Perbedaan Have vs Has vs Had
Perbedaan Who Cares, Who’s Care, Whom Care, Whose Care
Perbedaan “Probable”, “Likely”, dan “Probably”
Perbedaan Some vs Any
Perbedaan Remove dan Delete dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Can dan Could dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Equity vs Equality
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan: Beside vs Besides