sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Boycott vs Boy Scout vs Buycott vs GirlCott

Cukup banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki ejaan yang serupa dengan arti berbeda. Contohnya saja kata “boycott”, “Boy Scout”, “boycott”, dan “girlcott”. Kita akan mempelajari penggunaan dan perbedaan dari keempat kata tersebut melalui pembahasan di bawah ini. Semoga setelah membaca pembahasan ini kita semua tidak akan keliru lagi ketika menggunakan keempatnya. Mari langsung saja kita lihat pembahasannya:

Boycott

“Boycott” adalah verb (kata kerja) dan noun (kata benda).

“Boycott” sebagai kata kerja ditulis di dalam Oxford English Dictionary sebagai “withdraw from commercial or social relations with a country, organization, or a person as a punishment or protest.” (menarik diri dari hubungan komersial atau sosial dengan negara, organisasi, atau orang sebagai hukuman atau protes). Selain itu, “boycott” sebagai kata kerja didefinisikan sebagai “refuse to buy or handle goods as a punishment or protest.” (menolak membeli atau mengurus barang sebagai hukuman atau protes). Di dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata ini dengan “memboikot”. Contoh:

  • Consumers are boycotting ABC’s products over the CEO’s racist remarks. (Konsumen memboikot produk ABC karena ucapan rasis CEO-nya)
  • Their plan is to boycott the election. (Rencana mereka adalah memboikot pemilu)

Sementara itu, “boycott” sebagai kata benda didefinisikan di dalam Oxford English Dictionary sebagai “a punitive ban on relations with other bodies, cooperation with a policy, or the handling of goods.”. Dalam konteks ini, “boycott” dalam bahasa Indonesia berarti “boikot”. Contoh:

  • At least five people killed during the supermarket boycott. (Setidaknya lima orang terbunuh selama boikot supermarket)
  • A boycott against all products tested on animal began in December. (Boikot terhadap semua produk yang diuji pada hewan dimulai pada bulan Desember)

Boy Scout

“Boy Scout” termasuk ke dalam kata benda atau noun. Untuk itulah kita harus mengikuti aturan penggunaan kata benda bahasa Inggris ketika kita menggunakan “Boy Scout” dalam kalimat. Perlu diketahui bahwa huruf awal pada kata ini harus menggunakan huruf kapital walau berada di tengah kalimat pun.

“Boy Scout” artinya adalah anggota Pramuka laki-laki biasanya berusia dari 11 sampai 17 tahun. Kita bisa menerjemahkan “Boy Scout” sebagai “anggota Pramuka” atau “anak Pramuka”. Berikut ini adalah contoh penggunaan kata “Boy Scout” dalam kalimat:

  • Russell from Disney’s Up is a Boy Scout. (Russell dari film Up-nya Disney adalah seorang anak Pramuka)
  • We bought the cookies from a Boy Scout. (Kami membeli kuenya dari seorang anak Pramuka)
  • My father used to be a Boy Scout. (Ayahku dulunya adalah anggota Pramuka)
  • The mayor rewarded the Boy Scout for his courageous action. (Wali kota memberi penghargaan kepada anak Pramuka itu atas tindakan beraninya)

Buycott

“Buycott” tergolong sebagai noun (kata sifat) dan verb (Kata kerja). Saat ini, kata ini adalah kata non-standard atau bukan kata standar atau resmi. Untuk itu, tidak heran jika kita tidak menemukan kata ini dalam kamus bahasa Inggris apapun.

“Buycott” adalah kata kebalikan dari “boycott”. Jika “boycott” adalah menolak diri untuk terlibat atau kerjasama dengan suatu pihak sebagai sebuah bentuk hukuman atau protes, “buycott” adalah tindakan kesengajaan untuk terlibat atau kerjasama dengan suatu pihak untuk mendukung mereka atau untuk menentang boikot yang sedang dialami oleh pihak tersebut. Saat ini, belum ada padanan yang pas untuk kata “buycott” dalam bahasa Indonesia.

Contoh penggunaan “buycott” sebagai kata benda di dalam kalimat:

  • The supporters of ABC Company are doing a buycott to counter the boycott over racist remarks done by the company’s CEO. (Pendukung Perusahaan ABC melakukan buycott untuk menentang boikot atas ucapan rasis dilakukan oleh CEO perusahaan)
  • The buycott is to support the company’s new policies. (Tindakan buycott dilakukan untuk mendukung kebijaksaan perusahaan yang baru)

Contoh penggunaan “buycott” sebagai kata kerja di dalam kalimat:

  • We’re buycotting the supermarket to show our gratefulness. (Kami melakukan buycott pada supermarket untuk menunjukkan rasa terima kasih kami)
  • Some communities in the area agree to buycott the company. (Beberapa komunitas di area sekitar setuju untuk melakukan buycott kepada perusahaan)

Girlcott

“Girlcott” adalah kata “boycott” untuk wanita. Dengan kata lain, tindakan “boycott” bisa disebut sebagai “girlcott” jika pelakunya adalah wanita. Perlu diketahui bahwa saat ini kata “girlcott” adalah kata non-standard atau kata tidak formal. Untuk itu, lebih baik kita hanya gunakan kata ini pada situasi atau konteks tidak formal saja. Sama seperti kata “buycott”, kata “girlcott” juga tidak tercantum dalam kamus bahasa Inggris apapun.

“Girlcott” tergolong ke dalam kata kerja (verb) dan kata benda (noun). Kita tetap bisa menerjemahkan “girlcott” sebagai kata kerja ke dalam bahasa Indonesia dengan “memboikot” dan “girlcott”sebagai kata benda dengan “boikot”. Ingatlah bahwa kita hanya boleh menggunakan kata ini dalam bahasa Inggris jika pelakunya adalah wanita.

Contoh kalimat yang mengandung “girlcott” sebagai kata kerja:

  • Jane is girlcotting the restaurant and asks others to do the same. (Jane memboikot restoran itu dan meminta orang lain untuk melakukan hal yang sama)
  • Women girlcotted XYZ University over unfair treatment to its female students. (Para wanita memboikot Universitas XYZ karena perlakuan tidak adil terhadap mahasiswinya)

Contoh kalimat yang mengandung “girlcott” sebagai kata benda:

  • Frustrated with their low salaries, the female workers have started a girlcott. (Frustasi karena gaji rendah, pegawai wanita melakukan boikot)
  • Hundreds of women are holding a girlcott by refusing to work until the company pays the legal wages. (Ratusan wanita melakukan boikot dengan menolak kerja sampai perusahaan membayar upah legal)

 

Perbedaan: Well-Off vs Better-Off vs Better Of
Perbedaan Cap dan Hat dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: Avenge vs Revenge vs Vengeance
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been
Perbedaan Some vs Any
Perbedaan Makna Believe dan Trust dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Fool, Stupid, dan Dumb
Perbedaan Maybe vs Perhaps
Perbedaan: Lend, Borrow, Owe
Perbedaan Blossom vs Bloom