sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Mr dan Mrs dalam Bahasa Inggris

Sebagai bahasa asing yang paling sering digunakan di seluruh dunia, bahasa Inggris memiliki banyak peraturan tata bahasa yang harus diikuti. Tak jarang, tata bahasa ini membuat para pelajarnya kebingungan dan merasa tidak dapat menguasai bahasa Inggris. Seperti salah satu contoh hal yang sulit dikuasai adalah membedakan beberapa kosakata yang serupa. Meski begitu, sebenarnya terdapat penjelasan mudah yang dapat membuat Anda lebih mengerti mengenai bahasa Inggris dan dapat membedakannya dengan lihai.

Salah satu hal yang sulit untuk dibedakan adalah perbedaan antara panggilan Mr dan Mrs. Jawaban dari pertanyaan mengenai bagaimana cara menggunakan panggilan untuk pria dan perempuan pada akhirnya bergantung pada etika bisnis, cara bersosialisasi, dan preferensi pribadi. Semua pria selalu dipanggil Mr atau Mister tidak peduli apakah masih lajang atau sudah menikah. Sedangkan panggilan Mrs hanya diarahkan kepada para perempuan yang telah menikah. Terdapat bentuk penggilan lain untuk para perempuan yang masih melajang, oleh karena itu akan lebih baik jika Anda mengetahui status seorang perempuan terlebih dahulu sebelum menggunakan panggilan formal kepadanya.

Panggilan Untuk Pria

Kategori panggilan untuk pria adalah kategori yang paling mudah untuk dijelaskan karena paling sederhana tanpa melihat status seseorang. Selalu gunakan Mr. ketika Anda merujuk pada seorang pria, tidak peduli apakah pria tersebut sudah menikah atau belum. Sejak dahulu hingga sekarang, para pria tidak perlu khawatir mengenai apakah status pernikahan akan mengubah bentuk panggilan mereka atau tidak.

Anda dapat mengatakan Mister jika ingin memanggil seorang pria secara lisan. Namun jika Anda ingin menuliskan panggilan untuk pria, terdapat dua bentuk berbeda. Untuk bahasa Inggris versi Britania, Anda tidak perlu menggunakan titik pada akhir panggilan, hanya Mr saja. Sedangkan untuk bahasa Inggris versi Amerika Serikat, Anda perlu menggunakan titik pada akhir panggilan, menjadi Mr. seperti demikian.

Jangan lupa juga bahwa panggilan Mr selalu diikuti oleh nama keluarga atau nama akhir pria tersebut, bukan diikuti dengan nama depannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan panggilan Mr atau Mr. dalam kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Dear Mr. Scott, I am contacting to inform you that your insurance money has been due this month (Kepada Pak Scott, saya menghubungi untuk mengabari Anda bahwa uang asuransi Anda telah jatuh tempo bulan ini)
  • Dear Mr Styles, we are sorry to inform you that our tickets has been fully booked (Kepada Pak Styles, kami mohon maaf ingin memberitahu Anda bahwa tiket kami telah habis dipesan semua)
  • It was very nice meeting you here, Mr. Douglas. I hope we will meet again one day (Senang sekali bertemu dengan Anda di sini, Pak Douglas. Saya harap kita akan bertemu lagi suatu hari nanti)
  • I have heard a lot of great things about you from Kevin, Mr Miller. (Saya telah mendengar banyak hal hebat mengenai Anda dari Kevin, Pak Miller)
  • I would like to know more about your essay if you would so kindly as to meet me in the near future, Mr. Howard (Saya ingin tahu lebih banyak mengenai esai Anda jika Anda ingin berbaik hati menemui saya dalam waktu dekat ini, Pak Howard)
  • Have you heard about our new english teacher named Mr. Rudd? (Apakah Anda sudah mendengar kabar mengenai guru bahasa Inggris kita yang baru bernama Pak Rudd?)
  • Aren’t you afraid of Mr. Mackie, our neighbor? (Apakah Anda tidak takut kepada Pak Mackie, tetangga kita?)

Panggilan Untuk Perempuan

Sebelum memulai penjelasan mengenai panggilan untuk perempuan, ada baiknya mengerti terlebih dahulu bagaimana perubahan panggilan untuk perempuan dalam bahasa Inggris sejauh ini. Dahulu kala, karena pria dipanggil Mister, maka para perempuan dipanggil sebagai Mistress yang tidak menunjukan apakah perempuan tersebut sudah menikah atau belum. Akan tetapi, saat ini, panggilan mistress sudah tidak digunakan lagi karena telah berubah artinya menjadi selingkuhan suami orang.

Saat ini, bahasa Inggris menggunakan panggilan Miss untuk gadis muda atau perempuan yang belum menikah. Sedangkan panggilan Mrs merupakan singkatan dari Missus yang ditujukan kepada para perempuan yang sudah menikah.

Selain digunakan untuk perempuan yang sudah menikah, beberapa janda mati dan janda hidup juga menggunakan panggilan Mrs. Oleh karena itu, tidak semua orang yang menggunakan panggilan Mrs telah memiliki pasangan hidup, mereka mungkin hanya masih ingin dipanggil Mrs saja. Terutama untuk perempuan yang sudah lebih tua dan menjanda, akan cukup tidak sopan jika memanggil mereka menggunakan Ms atau Miss.

Sama seperti Mr, Mrs juga akan menggunakan titik jika dalam bahasa Inggris versi Amerika Serikat namun tidak perlu menggunakan titik jika dalam bahasa Inggris versi Britania. Berbeda dengan panggilan untuk pria yang menggunakan nama belakangnya masing-masing, Mrs selalu diikuti oleh nama belakang atau nama keluarga Ayah sang perempuan atau suaminya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh penggunaan Mrs atau Missus dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Thank you for your time, Mrs. Robinson. (Terima kasih atas waktu Anda, Ibu Robinson)
  • Dear Mrs. Collins, we have come to inform you that your rent has been due since last month (Kepada Ibu Collins, kami telah datang untuk mengabari Anda bahwa sewa Anda telah jatuh tempo sejak bulan lalu)
  • I have always admired your husband since long ago, Mrs. Hanks (Saya selalu mengagumi suami Anda sejak dulu, Ibu Hanks)
  • You have a beautiful happy family, Mrs. Tullips. (Anda memiliki keluarga yang indah dan bahagia, Ibu Tullips)
  • There will be a new math teacher this semester, her name is Mrs. Firth (Akan ada guru matematika yang baru semester ini, namanya adalah Ibu Firth)
  • I heard that Mrs Widodo, our First Lady, is a very kind woman (Saya dengar bahwa Ibu Widodo, ibu negara kita, adalah perempuan yang sangat baik)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara panggilan Mr dan Mrs dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan kali ini akan membantu Anda menguasai bahasa Inggris lebih dalam lagi dan lebih lancar menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Perbedaan With dan By serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Many dan Much dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Two, To, Too
Perbedaan Wake, Waken, dan Awake
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan Announcement dan Advertisement dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Must dan Have To
Perbedaan Wether, Weather, Whether
Perbedaan: A lot of vs Lots of