sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Grateful, Thankful, Blessed

Sebagai English learners, kita pasti menyadari bahwa tidak semua sinonim dari sebuah kata dalam bahasa Inggris bisa selalu menjadi sinonim kata tersebut. Dengan kata lain, dalam konteks tertentu, sebuah kata tidak bisa menjadi sinonim dari kata lainnya. Contohnya saja kata “thankful” dan “grateful”. Kedua kata ini memanglah bisa saling menggantikan, tetapi pada situasi tertentu, keduanya tidak bisa dipakai sebagai sinonim dari satu sama lainnya.

Kata “blessed” juga sering disangka bisa digunakan sebagai pengganti “thankful” dan “grateful”. Faktanya, ketiga kata tersebut memiliki perbedaan sehingga tidak selalu bisa digunakan untuk menggantikan satu sama lainnya. Penjelasan di bawah ini akan menjelaskan perbedaan “grateful”, “thankful”, dan “blessed”. Mari langsung saja kita lihat penjelasannya:

Grateful

“Grateful” tergolong ke dalam kelas kata adjective (kata sifat). Untuk itu, fungsi dan cara penggunaannya sama dengan fungsi dan penggunaan kata sifat lainnya dalam bahasa Inggris.

Definisi “grateful” dalam Cambridge Dictionary tertulis sebagai “showing or expressing thanks, especially to another person.” (menunjukkan atau mengungkapkan rasa terima kasih, terutama kepada orang lain).

Bahasa Indonesia dari “grateful” adalah “bersyukur” atau “berterima kasih”. Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang mengandung kata “grateful”:

  • She was so grateful and glad knowing her parents were safe. (Dia sangat bersyukur dan senang mengetahui orangtuanya selamat)
  • I am so grateful to my aunt for raising me and taking care of me like her own child. (Saya sangat berterima kasih kepada tante saya karena membesarkan dan merawat saya seperti anaknya sendiri)
  • We are very grateful for everything you have done to us during this difficult time. (Kami sangat berterima kasih atas segalanya yang telah kamu lakukan kepada kami di masa sulit ini)
  • He is grateful that he’s still able to breathe today. (Dia bersyukur bahwa dia masih bisa bernapas hari ini)

Thankful

Sama seperti “grateful”, “thankful” juga tergolong ke dalam kata sifat (adjective). Oleh karena itu, kita harus mengikuti aturan penggunaan kata sifat dalam bahasa Inggris ketika kita menggunakan kata ini.

Cambridge Dictionary mendefinisikan kata “thankful” sebagai “happy or grateful because of something” (senang dan bersyukur atas sesuatu). Kita mengenal “thankful” di dalam bahasa Indonesia sebagai “berterima kasih”. Dalam konteks tertentu, “thankful” juga bisa diterjemahkan sebagai “bersyukur”.

Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan “thankful” dalam kalimat:

  • I was so thankful that the math exam was cancelled. (Saya sangat bersyukur bahwa ujian matematika dibatalkan)
  • Jane is thankful to my sister for helping her mowing the lawn. (Jane berterima kasih kepada saudari saya karena membantunya memotong rumput)
  • We were thankful that the meeting ended early. (Kami bersyukur bahwa rapatnya selesai lebih awal)
  • I am thankful to you for lending me some money. (Saya berterima kasih kepadamu karena telah meminjamkan saya uang)

Dari penjelasan di atas, sekilas “grateful” dan “thankful” terlihat sama saja. Faktanya, kedua kata ini memang sinonim dari satu sama lainnya. Yang membuat “thankful” berbeda dari “grateful” adalah, “thankful” adalah rasa mengakui dan menghargai atas kata atau perbuatan orang lain kepada kita. Singkatnya, “thankful” adalah ucapan terima kasih yang akan otomatis kita katakan ketika seseorang berkata atau melakukan sesuatu yang baik kepada kita. Misalnya saja ketika pelayan restoran membawakan pesanan kita, kita mengucapkan “thank you” kepadanya. Setelah atau bahkan saat kita menikmati pesanan kita, kemungkinan besar kita akan melupakan jasa pelayan yang telah mengantarkan makanan kita tersebut.

Sementara itu, kata “grateful” menandakan bahwa perkataan atau perbuatan orang lain telah membawa dampak ke dalam hidup kita. Efek yang diberikan oleh sesuatu yang membuat kita “grateful” lebih dalam dibandingkan sesuatu yang membuat kita “thankful”. Hal yang membuat kita “grateful” juga biasanya bertahan lebih lama dan melibatkan perasaan kita. Misalnya saja kita merasa “grateful” terhadap guru kita yang telah membimbing kita dengan sabar sehingga kita bisa lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Blessed

“Blessed” adalah kata yang berbeda jauh dari “grateful” dan “thankful”. “Blessed” termasuk ke dalam kelas kata adjective (kata sifat) dan verb (kata kerja).

“Blessed” sebagai kata sifat artinya adalah “diberkati”, “terberkati”, atau “menyenangkan”. Berikut adalah beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • They feel blessed to live in this city. (Mereka merasa diberkati tinggal di kota ini)
  • This country is blessed with fine weather. (Negara ini diberkati dengan cuaca yang bagus)
  • It’s been so long since the last time I felt this kind of blessed peace. (Sudah lama semenjak saya terakhir merasakan kedamaian terberkati seperti ini)
  • It was such a blessed day. I wish I could go back to that day. (Hari itu menyenangkan. Saya harap saya bisa kembali lagi ke hari itu)

“Blessed” sebagai kata kerja artinya adalah “memberkati” atau “merestui”. “Blessed” adalah bentuk past tense (V2) dan past participle (V3) dari “bless”. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • God blessed him with supporting and understanding parents. (Tuhan memberkatinya dengan orangtua yang suportif dan pengertian)
  • My father will never bless my relationship with him. (Ayah saya tidak akan pernah merestui hubungan saya dengannya)
  • Living in the USA is Nina’s dream. She hopes her parents will bless her dream. (Tinggal di Amerika adalah impian Nina. Dia berharap orangtuanya akan merestui impiannya)
  • God has blessed Carla with beauty and wealth. (Tuhan memberkati Carla dengan kecantikan dan kekayaan)

 

Perbedaan “Sign”, “Signing”, “Signed”,  “Signature”
Perbedaan Direct & Indirect Speech
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither
Perbedaan Bahasa Inggris Kuno vs Bahasa Inggris Modern
Future Tense: Simple Future vs Future Continuous
Perbedaan When vs While
Perbedaan: Wake Up vs Get Up
Perbedaan Penggunaan Use to, Used to, dan Get used to
Apa itu Linking Verbs?
Perbedaan Maybe vs Perhaps