sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Many dan Much dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris seringkali dianggap membingungkan bagi sebagian orang yang tengah mempelajarinya dari awal. Mulai dari berbagai macam istilah tata bahasa yang membingungkan, hingga kesulitan untuk membedakan beberapa kosakata yang serupa atau memiliki arti yang sama. Akan tetapi, sesungguhnya cukup mudah untuk membedakan beberapa kosakata yang terkesan sama.

Salah satu pasangan kosakata yang dilihat memiliki arti yang sama namun sebenarnya memiliki perbedaan adalah much dan many. Kedua kosakata ini bisa cukup membingungkan karena keduanya sama-sama memiliki arti ‘banyak’. Sebagian besar orang dapat memilih menggunakan di antara keduanya dengan benar, namun biasanya pilihan tersebut dibuat secara intuitif. Padahal, terdapat peraturan tertentu yang mengatur cara menggunakan kedua kosakata tersebut dengan benar.

Baik much maupun many adalah determinator dan memiliki definisi yang serupa bahkan sama. Keduanya memiliki arti ‘banyak’ atau ‘dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, meskipun arti kedua kosakata ini sama, penggunaannya sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan lebih mendalam untuk masing-masing kosakata di bawah ini.

Much

Much memiliki arti ‘banyak’ dan terdapat beberapa aturan untuk menggunakannya dalam bahasa Inggris. Sebagai determinator, kegunaan kosakata ini adalah untuk mendampingi kata benda atau nomina sebagai keterangannya. Jika kata benda yang digunakan adalah kata benda yang tidak dapat dihitung atau belum dapat diketahui jumlahnya (biasanya dalam bentuk tunggal), maka yang digunakan adalah much bukan many.

Satu lagi peraturan dalam menggunakan kosakata much, jika kosakata satu ini didahului oleh kata so, too, atau as, maka kosakata ini dapat digunakan dalam pernyataan afirmatif dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan much dalam kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • How much money do you need for your university tuition? (Berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk uang kuliah Anda?)
  • This is why I never drink too much coffee, I’ll get stomachache everytime I drink too much (Inilah mengapa saya tidak pernah minum terlalu banyak kopi, saya akan sakit perut setiap kali saya minum terlalu banyak)
  • How much sleep did you get last night before your wedding day? (Seberapa banyak Anda tidur semalam sebelum hari pernikahan Anda?)
  • Do you know how much I love you right now? (Apakah Anda tahu betapa banyak saya mencintai Anda saat ini?)
  • I want to hug you so much after listening to your story (Saya sangat ingin memeluk Anda setelah mendengarkan kisah Anda)
  • That is too much alcohol for anyone to safely consume (Itu jumlah alkohol yang terlalu banyak untuk dikonsumsi siapapun dengan aman)
  • You have to do as much stuff as possible so that you could always meet the deadline (Anda harus melakukan sebanyak mungkin hal yang bisa dilakukan agar Anda dapat selalu mengejar tenggat waktu)
  • You could eat as much rice as you want in this restaurant (Anda bisa makan sebanyak mungkin nasi yang Anda inginkan di restoran ini)
  • I don’t know how much soup did you want so I just put in as much as I can in the bowl  (Saya tidak tahu seberapa banyak sup yang Anda inginkan jadi saya hanya mengisi sebanyak mungkin ke dalam mangkoknya)

Many

Masih serupa dengan much, many juga memiliki arti ‘banyak’ atau ‘dalam jumlah yang banyak.’ Akan tetapi, perbedaannya terdapat pada penggunaannya. Jika kata benda atau nomina yang digunakan adalah kata benda yang dapat dihitung jumlahnya atau merupakan kata benda jamak, maka determinator yang digunakan adalah many.

Selain itu, many juga dapat selalu digunakan dalam kalimat afirmatif secara terus menerus. Kosakata satu ini juga dapat ditukar maupun menukar a lot of atau lots of (banyak) dalam sebuah kalimat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan many dalam kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • I have many friends in this town because I am active in some organizations (Saya memiliki banyak kawan di kota ini karena saya aktif dalam beberapa organisasi)
  • Why is there so many empty chairs in this event? (Kenapa ada begitu banyak kursi yang kosong di acara ini?)
  • How many fruits do you want to buy at the supermarket? (Seberapa banyak buah-buahan yang ingin Anda beli di supermarket?)
  • There are many children who are impoverished and cannot eat everyday in that part of the country (Ada banyak anak-anak yang terjebak dalam kemiskinan dan tidak bisa makan setiap hari di bagian negara itu)
  • Many people thought this fact to be true, when in fact it is only a hoax (Banyak orang yang mengira fakta ini benar, padahal ini hanya kebohongan)
  • There are so many things that I want to say to you (Ada begitu banyak hal yang ingin saya sampaikan kepada Anda)

Dalam kalimat afirmatif, biasanya kosakata much tidak digunakan. Pada umumnya, yang lebih sering digunakan adalah a lot of atau lots of yang dapat diubah menjadi many. Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa penggunaannya dalam bahasa Inggris.

  • I have a lot of assignments for this week to do (Saya memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan untuk minggu ini)
  • I have many assignments for this week to do (Saya memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan untuk minggu ini)
  • I did not drink a lot of sugary beverages because I am on a diet (Saya tidak banyak minum minuman manis karena saya sedang diet)
  • I did not drink many sugary beverages because I am on a diet (Saya tidak banyak minum minuman manis karena saya sedang diet)

Dapat disimpulkan bahwa much sebaiknya digunakan jika kata benda yang ada adalah kata benda yang tidak bisa dihitung atau dalam bentuk tunggal sedangkan many sebaiknya digunakan dengan kata benda yang dapat dihitung atau dalam bentuk jamak. Much tidak terlalu tepat untuk digunakan dalam kalimat afirmatif jika tidak didahului terlebih dahulu dengan so, too, atau as, sedangkan many dapat digunakan dalam kalimat afirmatif tanpa embel-embel apapun.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan many dan much dalam bahasa Inggris beserta contoh dan terjemahannya. Semoga penjelasan kali ini dapat digunakan menjadi acuan untuk menguasai bahasa Inggris ke depannya dan menggunakannya dalam sehari-hari.

 

Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Perbedaan Two, To, dan Too
Perbedaan This, That, These, Those
Perbedaan With dan By serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: A lot of vs Lots of
Perbedaan Penggunaan Conjunctions dalam Bahasa Inggris
Perbedaan To dan For Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache