sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan See dan Look dalam Bahasa Inggris

Mempelajari bahasa Inggris bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, seringkali orang-orang yang baru mulai mempelajari bahasa Inggris merasa ksulitan dengan seluruh peraturan tata bahasa yang ada. Padahal, peraturan-peraturan yang ada tidak lebih sulit dibanding peraturan tata bahasa Indonesia yang selama ini kita gunakan. Salah satu hal yang menyulitkan bagi para pelajar bahasa Inggris pemula adalah bagaimana cara untuk membedakan beberapa kosakata yang dianggap memiliki arti yang sama.

Salah satu pasangan kosakata yang dianggap memiliki arti yang sama dan sulit untuk dibedakan adalah see dan look. Keduanya sama-sama memiliki arti melihat dengan menggunakan mata kepala kita sendiri dan merupakan bentuk kata kerja. Meski begitu, terdapat perbedaan di antara keduanya yang dapat dijelaskan dengan cukup mudah.

Lalu apa perbedaan antara look dan see? Kedua kosakata tersebut berhubungan dengan mata dan penglihatan kita sebagai manusia. Sebagai manusia, kita dapat melihat sesuatu dengan menggunakan look ataupun see dengan kedua mata kepala sendiri. Kedua kosakata ini dianggap sinonim untuk satu sama lain, akan tetapi terdapat perbedaan dalam artinya dan penggunaan kosakatanya. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan di bawah ini.

Look

Kosakata satu ini jika diterjemahkan secara harfiah memiliki arti “melihat”, akan tetapi terdapat perbedaan melihat dengan menggunakan kata kerja satu ini dibanding menggunakan kata kerja see. Look ketika digunakan sebagai kata kerja dapat menjadi transitif maupun intransitif, artinya kata kerja satu ini secara tata bahasa dapat digunakan baik dengan ada subjek terlebih dahulu maupun tidak ada subjek sama sekali.

Arti dari kosakata ini adalah untuk mengarahkan pandangan dan perhatian ke arah tertentu, namun terutama untuk mengawasi atau mencari sesuatu dengan mata. Bisa juga digunakan sebagai suruhan untuk memfokuskan pandangan mata ke sesuatu hal tertentu.

Definisi lain untuk look juga bisa menjadi melihat atau memandang sesuatu dengan terkejut atau terkagum. Kata kerja ini juga memiliki arti yang lebih abstrak yang merupakan menantikan atau mengantisipasi sesuatu. Selain itu, bisa juga merujuk pada penampilan suatu hal atau seseorang ataupun ekspresinya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan look dalam sebuah kalimat.

  • He could only look at me in silence when I show up with my dress on (Dia hanya dapat melihat saya dalam keheningan ketika saya tiba dengan mengenakan gaun)
  • We are looking forward to your visit to our company this month (Kami tidak sabar dengan kunjungan Anda ke perusahaan kami bulan ini)
  • She has the look of a really intelligent woman (Dia memiliki penampilan perempuan yang sangat pintar)
  • Look at that woman over there under the red umbrella (Lihat lah perempuan di sebelah sana itu yang berada di bawah payung merah)
  • Look at these pictures I took during my summer holiday in Japan (Lihat lah semua foto-foto yang saya ambil ketika liburan musim panas di Jepang)
  • I am looking at a different direction from yours (Saya melihat ke arah yang berbeda dari yang Anda lihat)
  • You have been looking at that man in the grey suit for quite awhile now (Anda telah memerhatikan pria dengan setelan jas abu-abu itu cukup lama)
  • I am looking for my glasses that I forgot where did I put them (Saya mencari kacamata saya yang saya lupa taruh di mana)
  • You have been looking for true love this whole time (Anda telah mencari cinta senjati selama ini)
  • She looks really beautiful tonight with her red dress on (Dia terlihat sangat cantik malam ini dengan gaun merahnya)
  • He looks very handsome tonight like a prince out of a fairy tale (Dia terlihat sangat tampan malam ini seperti seorang pangeran dari dongeng)

See

Kosakata atau kata kerja satu ini memiliki arti harfiah yang sama juga dengan look, yaitu ‘melihat’. See juga dapat digunakan sebagai kata kerja transitif maupun intransitif. Akan tetapi, see memiliki arti melihat sesuatu yang muncul ke dalam penglihatan kita yang sebenarnya tidak sengaja atau tidak dengan tujuan tersebut kita melihatnya. Atau arti lainnya adalah menyadari atau melihat sesuatu atau seseorang dengan menggunakan mata atau mengobservasi sesuatu.

Kata kerja satu ini juga dapat digunakan untuk memiliki arti ‘mengerti’ suatu keadaan tertentu. See bisa saja hanya berarti melihat sesuatu dengan mata kepala tanpa terlalu dicerna secara mental apa arti penglihatan tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata kerja see dalam sebuah kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Did you see that woman that passes us earlier? I think she was my elementary school teacher (Apakah Anda melihat perempuan yang melewati kita tadi? Sepertinya dia adalah guru SD saya)
  • I saw you on the street this morning, I think you were on your way to work (Saya melihat Anda di jalan pagi ini, sepertinya Anda tengah berangkat kerja)
  • I see that you have quite a lot of problem in your mind lately (Saya mengerti bahwa Anda memiliki cukup banyak masalah di dalam pikiran Anda akhir-akhir ini)
  • I am starting to seeing things (Saya mulai melihat hal yang tidak-tidak)
  • She saw her husband going into a hotel with another woman (Dia melihat suaminya masuk ke hotel bersama perempuan lain)
  • They see us running on the street and they started to think that we were trouble (Mereka melihat kita berlari di jalanan dan mereka mulai berpikir bahwa kita adalah pembuat onar)

Itulah dia penjelasan lengkap dan mendalam mengenai perbedaan see dan look dalam bahasa Inggris yang sama-sama memiliki arti melihat namun dengan konteks yang sedikit berbeda masing-masing. Semoga dengan pembelajaran kali ini, bahasa Inggris Anda akan dapat menjadi lebih baik dan dapat digunakan untuk sehari-hari dengan semakin lancar. Untuk tahu lebih mudah dan melatih otak merasakan perbedaan antara see dan look, ada baiknya Anda berlatih menggunakannya sehari-hari untuk melihat kosakata mana yang lebih cocok untuk konteks tertentu.

 

Perbedaan See dan Look dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Somehow Vs Anyhow Vs Somewhat Vs Somewhere
Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To
Perbedaan Though, Although, Even Though, Despite, In Spite Of
Perbedaan Very, Too, & Enough
Perbedaan See, Look, Watch
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache
Perbedaan Let, Allow, dan Permit
Perbedaan Each dan Every dalam Bahasa Inggris
Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)