sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Another, Other, Others, dan the Other

Another, other, others, dan the other adalah kata-kata dalam bahasa Inggris yang penggunaannya tidak jarang membingungkan para English learners. Pasalnya, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, keempat kata ini memiliki arti yang serupa, yakni “lain” atau “yang lainnya”. Meskipun demikian, keempat kata ini tidak bisa digunakan untuk menggantikan satu sama lainnya. Hal itu karena penggunaan keempatnya berbeda.

Lalu apa saja perbedaan dari another, other, others, dan the other? Mari kita bahas satu per satu melalui penjelasan di bawah ini:

1. Another

Another bisa digunakan untuk menyatakan:

  • One more, an additional, atau an extra (satu lagi atau tambahan)
  • An alternative one, a different one (Hal alternatif atau hal lain yang berbeda)

Another digunakan di depan kata benda tunggal yang bisa dihitung (singular countable noun).

Contoh:

  • I think you should choose another bag. That one is too small. (Aku pikir kamu harus memilih tas yang lain. Yang itu terlalu kecil) –> menyatakan tas lain yang berbeda.
  • Tell me if you want another cup of tea. (Tolong beritahu aku jika kamu ingin secangkir teh lagi) –> menyatakan secangkir teh tambahan.

Another juga bisa digunakan sebelum one (another + one) jika kata benda yang digantikan oleh one telah diketahui pada teks sebelumnya. Contoh:

  • A: I need one more apple. (Aku butuh apel satu lagi)

B: Okay, I’ll get you another one. (Oke, aku akan memberimu satu lagi) –> one di sini mengacu pada apel yang disebutkan di teks sebelumnya.

  • The café is closed, but we can go to another one near my apartment. (Kafenya tutup, tetapi kita bisa pergi ke kafe yang lain di dekat apartemenku) –> one di sini mengacu pada kafe yang telah disebutkan di teks sebelumnya.

Walaupun another hanya boleh diletakkan sebelum kata benda tunggal, another juga bisa diletakkan sebelum kata benda jamak jika terdapat angka atau frasa tertentu seperti couple of, a few, dsb sebelum kata benda jamak tersebut (another + angka + kata benda jamak). Contoh:

  • I believe we’ll be driving flying cars in another 50 years. (Aku yakin kita akan mengendarai mobil terbang dalam 50 tahun ke depan)
  • He’d have finished his work if they had given him another couple of days. (Dia akan menyelesaikan pekerjaannya jika mereka memberinya beberapa hari lagi)

Another juga bisa berfungsi sebagai pronoun atau kata ganti. Contoh:

  • Having two cars for her isn’t enough. Thus, she buys another. (Mempunyai dua mobil tidak cukup baginya. Untuk itu, dia membeli lagi) –> another di sini artinya satu lagi mobil.
  • This color is too dark. Let’s pick another. (Warna ini terlalu gelap. Mari kita pilih yang lain) –> another di sini artinya warna yang lain.

2. Other

Sama seperti another, other juga bisa digunakan untuk menyatakan:

  • One more, an additional, atau an extra (satu lagi atau tambahan)
  • An alternative one, a different one (Hal alternatif atau hal lain yang berbeda)

Bedanya, jika another diletakkan di depan kata benda tunggal bisa dihitung, other diletakkan di depan kata benda jamak bisa dan tidak bisa dihitung, atau kata benda tunggal yang tidak bisa dihitung (plural nouns and singular uncountable noun). Contoh:

  • I prefer other shoes than these ones. (Saya lebih memilih sepatu yang lain dibandingkan yang ini) –> shoes = kata benda jamak bisa dihitung
  • I can’t help you now. There’s other business I need to deal with. (Aku tidak bisa membantumu sekarang. Ada urusan lain yang harus aku tangani) –> business = kata benda tunggal tidak bisa dihitung

Other juga sebenarnya bisa digunakan sebelum kata benda tunggal yang bisa dihitung, namun kita harus menambahkan determiner sebelumnya (determiner + other + kata benda tunggal bisa dihitung). Contoh:

  • Tina is a teacher, while my other daughter is a doctor. (Tina adalah guru, sedangkan putriku yang lainnya adalah dokter)
  • Can I ask you one other thing? (Bolehkah aku bertanya satu hal lagi?)

Kita juga bisa menggunakan other di depan ones (other + ones) jika kata benda yang digantikan ones telah disebutkan sebelumnya. Contoh:

  • These jeans don’t fit me anymore. I should buy other ones. (Celana jean ini tidak pas lagi padaku. Aku harus membeli yang lain) –> other ones di sini mengacu pada celana jean.
  • Don’t worry about running out of inks. We’ll get you other ones. (Jangan khawatir kehabisan tinta. Kami akan membawakanmu lagi) –> Other ones mengacu pada tinta.

3. Others

Others digunakan sebagai pronoun atau kata ganti dari other. Dengan kata lain, others adalah bentuk kata ganti dari other. Contoh:

  • Some people like watching action movies, while other people prefer watching comedy movies.

Mari kita ganti “other people” dengan “others”:

  • Some people like watching action movies, while others prefer watching comedy movies.

Meskipun other people diganti dengan others, arti dari kalimat tersebut tidak berubah, yakni “Beberapa orang suka menonton film aksi, sedangkan yang lainnya suka menonton film komedi”.

Contoh lain:

  • None of these sweaters are into my liking. Let’s ask for others. (Sweater ini tidak ada yang yang aku sukai. Mari kita minta sweater lain) –> others bisa diubah menjadi other sweaters atau other ones.
  • We should help others. (Kita harus menolong yang lain) –> others bisa diganti dengan other people.

4. The Other

The other bisa diletakkan sebelum kata benda tunggal atau jamak.

Untuk kata benda tunggal, the other berarti orang atau benda kedua. Hanya ada dua orang atau dua benda dalam satu set. Contoh:

  • I have two brothers. One lives in Bali, while the other lives in Makassar. (Aku punya dua saudara. Yang satu tinggal di Bali, sementara yang satu lagi tinggal di Makassar)
  • This cat is 4 months old. The other cat is 6 months old. (Kucing yang ini berumur 4 bulan. Kucing yang lainnya berumur 6 bulan) –> hanya ada dua kucing.

Untuk kata benda jamak, ada lebih dari dua orang atau dua benda dalam satu set. The other dalam konteks ini berarti orang atau benda selebihnya dalam set yang kita maksud tersebut. Contoh:

  • I have three balloons. One is blue. The other ones are white. (Aku punya tiga balon. Yang satu berwarna biru. Yang lainnya berwarna putih) –> balon selebihnya berwarna putih.
  • Mike is singing while the other kids are dancing. (Mike sedang bernyanyi sedangkan anak-anak lainnya sedang menari) –> Mike adalah salah satu dari anak-anak tersebut. Jumlah anak-anaknya tidak diketahui secara pasti, namun kita tahu bahwa ada lebih dari dua anak-anak termasuk Mike.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan antara another, other, others, dan the other. Semoga artikel ini cukup jelas dalam membantu kita semua memahami keempat kata tersebut.

 

Perbedaan: Fluent vs Fluently vs Fluency vs Proficiency vs Accuracy
Perbedaan: God, Gods, Goddess, Deity
Perbedaan Abbreviations vs Acronyms
Perbedaan Maybe, Perhaps, Possibly, dan Probably
Perbedaan Who Cares, Who’s Care, Whom Care, Whose Care
Perbedaan Penggunaan Me, Myself dan I
Perbedaan Play, Do, dan Go dalam Olahraga
Perbedaan Two, To, dan Too
Penggunaan & Contoh Contraction
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of