sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Kata Will dan Going To

Dalam Bahasa Inggris, kita akan menemukan dua kosa kata yang memiliki arti sama dalam Bahasa Indonesia yaitu Will dan Going To. Kata Will dan Frasa Going To sama-sama berarti “akan”, tapi ternyata memiliki penggunaan yang berbeda. Supaya dapat menggunakan Will dan Going To dalam kaidah Bahasa Inggris yang tepat, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas penggunaan kedua kosa kata tersebut.

Penggunaan Will

Secara garis besar, kata Will bisa digunakan untuk lebih banyak kondisi atau keadaan dibandingkan dengan frasa Going To. Berikut beberapa penggunaan Will yang bisa kamu terapkan saat berbahasa Inggris:

  • Keputusan Cepat dan Spontan

Penggunaan kata Will yang pertama biasa digunakan saat mengambil sebuah keputusan yang cepat dan spontan (rapid decision). Biasanya merupakan keputusan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti berikut:

Jane: Doni, is our turn still long? I’m thirsty and start feeling hungry. (Doni, apa giliran kita masih lama? Aku haus dan mulai merasa lapar.)

Doni: Don’t worry, I will buy drinks and bread for now. You stay here, Jane. I will be quick. (Jangan khawatir, aku akan membeli minuman dan roti untuk sekarang. Kamu tetap disini ya, Jane. Aku akan cepat kok.)

  • Berjanji

Kata Will kerap digunakan saat seseorang hendak berjanji (promise) kepada orang lain mengenai suatu hal. Dalam kondisi ini, kata Will yang digunakan bisa berbentuk positif (tanpa ada not) dan bisa berbentuk negatif (dengan not) yaitu will not atau won’t.

I regret it so much and I won’t ever cheating on you again. I will stay faithful only to you and never look to anyone else. (Aku sangat menyesal dan tidak akan berselingkuh lagi. Aku akan setia hanya padamu dan tidak akan melihat yang lain.)

  • Memberi Pertolongan

Kata Will dapat digunakan saat kita hendak menawarkan pertolongan (offer) kepada orang lain, misalnya seperti berikut:

Tirta: I’m working overtime today, Maria. I have load of work because the meeting was brought forward to tomorrow and I must finish it before that. (Aku lembur hari ini, Maria. Aku ada banyak pekerjaan karena rapatnya dimajukan jadi besok dan aku harus menyelesaikannya sebelum itu.)

Maria: It’ll be hard to finish it all by yourself. I will help you, Tirta. (Pasti kamu akan kesulitan menyelesaikan semuanya sendiri. Aku akan membantu kamu, Tirta.)

  • Penolakan

Kata Will juga bisa digunakan saat seseorang menyatakan penolakan (refusal) kepada orang lain, misalnya seperti pada contoh berikut:

Nana: Jack, today’s lesson is so boring. Let’s skip the class! (Jack, pelajaran hari ini ngebosenin banget. Ayo kita bolos!)

Jack: No, I won’t skip classes again. I made promise to my parents to attend the school diligently. (Tidak, aku nggak akan bolos lagi. Aku janji sama orangtuaku untuk datang ke sekolah dengan rajin.)

  • Mengancam

Kata Will dapat digunakan ketika seseorang mengancam (threat) orang lain agar mengikuti kemauannya, seperti pada contoh berikut:

I told you to stop smoking, right? If you keep doing that, I will tell your parents and the school. (Aku udah nyuruh kamu berhenti merokok, kan? Kalau kamu terus melakukan itu, aku akan bilang ke orangtua kamu dan pihak sekolah.)

Penggunaan Going To

Kamu mungkin tidak menemukan frasa Going To sesering dengan kata Will dalam Bahasa Inggris, namun penggunaannya tetap dibutuhkan dalam beberapa keadaan tertentu. Yang juga perlu diperhatikan dalam menggunakan Going To adalah perlunya menambahkan to be di depannya yang sesuai dengan subjek dalam kalimat tersebut.

Berikut adalah penggunaan Going To yang tepat dan bisa kamu terapkan dalam Bahasa Inggris:

  • Rencana Masa Depan

Penggunaan frasa Going To yang pertama adalah saat seseorang menyatakan rencana untuk masa depan (prior plans). Rencana ini lebih terpikirkan dengan baik dan tidak bersifat spontan, seperti pada contoh berikut:

Adi: Tina, what’s your plan for the semester break? (Tina, apa rencana kamu untuk liburan semester?)

Tina: I am going to traveling in a week trip to Flores with my friends from Senior High School, Adi. (Aku akan traveling selama seminggu ke Flores bersama teman-teman SMA-ku, Adi.)

  • Tanda-tanda

Frasa Going To juga dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang akan terjadi setelah terdapat tanda-tanda (signs) sebelumnya, seperti dalam contoh berikut:

The sky is very dark and the air start feeling heavy, it is going to rain soon. (Langit sangat gelap dan udara mulai terasa berat, hujan akan turun segera.)

Penggunaan Bersama Will dan Going To

Kedua kata bermakna sama ini juga dapat digunakan dalam kondisi yang sama, yaitu saat seseorang membuat prediksi. Hal ini berarti tidak masalah mau menggunakan kata Will atau frasa Going To dalam keadaan tersebut, dan keduanya sama-sama merupakan penggunaan yang tepat.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan Will dan Going To dalam membuat prediksi, dapat dilihat pada contoh berikut:

  • I think Mira and Rio will date each other because they seems so close these days.
  • I think Mira and Rio are going to date each other because they seems so close these days. (Aku pikir Mira dan Rio akan berpacaran karena mereka terlihat sangat dekat akhir-akhir ini.)

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan kata Will dan frasa Going To yang tepat dalam kaidah Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Perbedaan Penggunaan Me, Myself dan I
Perbedaan Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Inggris
Penggunaan ‘Afraid’ & Kata Lain dari ‘Afraid’
Perbedaan Sebutan “Number”: Cardinal, Ordinal, Nominal
Perbedaan Necessity, Expectation, dan Obligation
Perbedaan To dan For Bahasa Inggris
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Perbankan
Perbedaan Two, To, Too
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris