sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bertanya tentang Rencana (Future Plan) dalam Bahasa Inggris

Ketika kita berbicara dan bertanya tentang rencana atau future plans dalam bahasa Inggris, kita bisa menggunakan bentuk future tense “will” dan “be going to”. Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakan bentuk present continuous tense. Untuk melihat contohnya, berikut ini adalah beberapa contoh percakapan mengenai menanyakan rencana:

Percakapan 1

Nina: What are you going to do this Saturday? (Apa yang akan kamu lakukan hari Sabtu ini?)

Susan: I’m going to go to the amusement park with my boyfriend. What about you? (Aku akan pergi ke taman hiburan bersama pacarku. Bagaimana dengan kamu?)

Nina: This Saturday I’m going to go to my grandmother’s house with my sister. (Hari Sabtu ini aku akan pergi ke rumah nenek bersama saudariku)

Percakapan 2

Karen: Do you have any plan for tomorrow? (Apakah kamu punya rencana untuk besok?)

Greg: I’m swimming with my son tomorrow. How about you? Do you have any plan? (Aku akan pergi berenang dengan putraku besok. Bagaimana dengan kamu? Kamu punya rencana?)

Karen: That sounds fun. I am going to the cinema with John and Amy. (Kedengarannya menyenangkan. Aku akan pergi ke bioskop dengan John dan Amy)

Greg: That sounds fun too. Please give them my regards. (Itu juga kedengarannya menyenangkan. Tolong sampaikan salamku kepada mereka)

Karen: I will. (Aku akan menyampaikannya)

Percakapan 3

Andy: Hi, Mark. What are you doing tonight? (Hey, Mark. Apa yang akan kamu lakukan malam ini?)

Mark: Hello, Andy. I’m finishing English essay tonight because tomorrow I have to submit it. (Halo, Andy. Aku akan menyelesaikan tugas esai bahasa Inggris malam ini karena besok aku harus mengumpulkannya)

Andy: That’s too bad. My cousins and I are playing football tonight. I thought you could come joining us. (Sayang sekali. Sepupuku dan aku akan bermain sepak bola malam ini. Aku kira kamu bisa bermain bersama kami)

Mark: I’m sorry, Andy. I really have to finish the essay or Mrs. Evans will fail me. (Maaf, Andy. Tetapi aku harus menyelesaikan tugas esainya atau Bu Evans tidak akan meluluskanku)

Andy: I know. Well, good luck! (Aku tahu. Semoga beruntung!)

Mark: Thanks. (Terima kasih)

Percakapan 4

Anto: What are you going to do after graduate? (Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus?)

Desi: Actually, I haven’t thought about that yet, but I think I’m going to try finding a job because I really need money. What are you going to do? (Sebenarnya aku belum memikirkannya, tetapi sepertinya aku akan mencoba mencari kerja karena aku sangat membutuhkan uang. Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus?)

Anto: I’m going to continue studying for a master’s degree. At the same time, I’m also planning to find a part-time job. (Aku akan melanjutkan studi S2. Pada saat bersamaan, aku juga berencana untuk mencari kerja paruh waktu)

Desi: That’s cool! What major are you going to take? (Keren! Jurusan apa yang akan kamu ambil?)

Anto: I’m going to take business administration major. I even already enrolled for the entrance test. (Aku akan mengambil jurusan administrasi bisnis. Aku bahkan sudah mendaftar untuk mengikuti tes masuknya)

Desi: Wow, you are so fast! When will the test be held? (Wow, kamu cepat sekali! Kapan tesnya akan dilaksanakan?)

Anto: It will be held next month, but I don’t remember the exact date. (Tesnya akan dilaksanakan bulan depan, tetapi aku tidak ingat kapan tanggal tepatnya)

Desi: No wonder you’ve been studying very hard lately even though we’re going to have graduation ceremony this Friday. (Pantas saja akhir-akhir ini kamu belajar dengan sangat giat meskipun kita akan wisuda hari Jumat ini)

Anto:  Yup, I have no choice but to study for the test. (Ya, aku tidak punya pilihan lain selain belajar untuk tesnya)

Desi: I know. I hope you will pass the test. (Aku tahu. Semoga kamu lulus tesnya)

Anto: Thanks, Desi. I also hope you will get a job as soon as you graduate. (Terima kasih, Desi. Semoga kamu juga segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus)

Percakapan 5

Prilly: Dewi, what are you going to do this weekend? (Dewi, apa yang akan kamu lakukan di akhir pekan ini?)

Dewi: I don’t know. I guess I’m just going to watch some movies, reading books, or cleaning the house. What about you? (Aku tidak tahu. Sepertinya aku hanya akan menonton beberapa film, membaca buku, atau membersihkan rumah. Bagaimana dengan kamu?)

Prilly: I was thinking maybe it would be fun to go to the beach this weekend. (Aku pikir sepertinya akan menyenangkan untuk pergi ke pantai di akhir pekan ini)

Dewi: That is a good idea! (Itu ide yang bagus!)

Prilly: Would you like to come along? (Apakah kamu ingin ikut?)

Dewi: Sure, why not? Besides, I don’t have any good plan for this weekend. (Tentu saja, mengapa tidak? Lagi pula aku tidak memiliki rencana yang bagus untuk akhir pekan ini)

Prilly: Great! (Bagus!)

Dewi: So, when will we be leaving? (Jadi, kapan kita akan berangkat?)

Prilly: How about on Saturday around 6 am? (Bagaimana kalau hari Sabtu sekitar pukul 6 pagi?)

Dewi: I think that’s too early. How about around 8 am? (Menurutku itu terlalu pagi. Bagaimana kalau sekitar pukul 8 pagi?)

Prilly: All right, 8 am is it. By the way, I also asked Ayu and Lily to come along with us. (Baiklah, pukul 8 saja. Ngomong-ngomong aku juga mengajak Ayu dan Lily untuk ikut dengan kita)

Dewi: Perfect! The more the merrier, you know. (Sempurna! Kamu tahu, semakin banyak yang ikut, semakin seru)

Prilly: That’s right! (Benar!)

Dewi: Well, see you on Saturday, Prilly. Thank you for inviting me to go with you. (Kalau begitu sampai jumpa hari Sabtu, Prilly. Terima kasih telah mengajakku untuk pergi bersamamu)

Prilly: No problem. See you. (Tidak masalah. Sampai jumpa)

Bagaimana? Apakah contoh percakapan-percakapan di atas sudah cukup untuk menunjukkan cara bertanya dan bercerita mengenai future plans? Jika tidak, mari kita coba telaah lagi percakapan tersebut dengan lebih teliti. Jika iya, mari kita coba membaca dengan lantang percakapannya untuk melatih cara pengucapannya.

 

Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 2)
English Conversation: Percakapan Negosiasi Harga Jual Beli
Contoh Percakapan di Bank Ketika Membuka Tabungan
Cara Membicarakan Rencana di Masa Depan dalam Bahasa Inggris
Kalimat atau Frasa yang Sering Digunakan di Rumah Sakit/Klinik Dokter
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bioskop
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari
Percakapan di Rumah Sakit (Menanyakan Dokter, Biaya Perawatan, dll)
Percakapan Inggris: Mengenal Anggota Keluarga
Cara Mendeskripsikan Foto dalam Bahasa Inggris


 
Percakapan Bertanya tentang Rencana (Future Plan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Pertanyaan & Jawaban untuk Memulai Obrolan yang Lucu