sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Bahasa Inggris: Memesan Makanan Kecil

Apa Saja Pelajaran yang Dapat Diambil Dari Memesan Makanan Kecil di Kedai Minuman Ini? Simak Uraiannya pada Artikel Ini

Kita sudah mengetahui berbagai macam ekspresi, kosa kata, dan penyebutan aneka macam hal saat hendak memesan minuman pada artikel sebelumnya. Karena kedai minuman yang menjadi setting ilustrasi dialog pada artikel sebelumnya dan artikel ini adalah kedai yang juga menjual makanan ringan, maka dialog untuk pelajaran bahasa Inggris kali ini akan membahas mengenai makanan ringannya:

Miss Waitress: We also have snacks, so, do you want to order some snacks as well?

(Mbak Pelayan: Kita juga punya makanan ringan, jadi, apakah Anda semua mau memesan makanan ringan juga?)

Rika and Pia: We’ll have two small bowls of fried cassavas, please.

(Rika dan Pia: Kita mau 2 mangkok kecil singkong goreng, ya.)

Kacung: As for me, I’d like two portions of those spinach oatmeal cookies.

(Kacung: Kalau aku, aku mau kukis gandum bayam yang itu.)

Disco: I’d like three portions of mini chicken meatballs.

(Disco: Aku ingin tiga porsi bakso ayam kecil-kecil.)

Miss Waitress: Okay, noted. Your orders will be ready in around 15 to 20 minutes. Thank you very much!
(Mbak Pelayan: Oke, dicatat, ya. Pesanan Anda akan siap dalam waktu kira-kira 15-20 menit. Terima kasih banyak!)

Semakin membuat perut lapar, bukan? Kenyataannya, acara pesan-memesan makanan ini yang akan sering kita jumpai saat berwisata. Karena itu, mari kita simak 3 poin pelajaran bahasa Inggris yang penting terkait dengan contoh dialog memesan makanan yang sudah disebutkan di atas berikut ini:

1. Variasi Sebutan Satuan untuk Makanan

Sebagaimana variasi “glass” atau “bottle” yang terdapat pada seri memesan minuman sebelumnya, variasi satuan makanan pun berbeda sebutannya. Dari dialog ini, kita mengenal adanya “bowl” dan “portion” sebagai dua di antara sekian banyaknya variasi satuan makanan yang ada dalam bahasa Inggris.

Seperti arti harafiahnya, penyebutan “bowl” digunakan untuk makanan yang disajikan dalam mangkok. Sementara itu, terlepas dari status makanan “portion” yang kerap kali disajikan dalam piring, kenyataannya ini dia penyebutan satuan yang paling luas dalam pesanan makanan. Dengan kata lain, bila mengatakan “portion(s) of …. “, artinya makanan itu bisa disajikan di piring, mangkok, jerami, atau apapun itu jenis peralatannya.

2. Jangan Khawatir, Snack Itu Bisa Diterjemahkan, Kok!

Mungkin karena efek iklan yang sering menggunakan istilah bahasa Inggrisnya, “snack”, kebanyakan dari kita jadi ikut-ikutan hanya tahu soal itu adalah “snack” dan tidak mengetahui kalau itu ternyata adalah bahasa Inggris untuk istilah “makanan kecil”.

Dengan kata lain, para pelajar bahasa Inggris level pemula perlu mengingat sebutan “snack” hanya berlaku untuk makanan dengan ukuran porsi yang kecil saja. Ketiga contohnya dalam dialog artikel ini, yakni “fried cassava” atau “singkong goreng”, “spinach oatmeal cookies” atau “kukis gandum bayam”, dan “mini chicken meatballs” atau “bakso ayam mini”, adalah segelintir dari apa yang benar-benar disebut dengan “snack” pada saat berwisata.

3. Asertif Namun Sopan Itu Boleh, Namun Tetap Perhatikan Jenis Kelamin

Kalau di artikel sebelumnya kita melihat Disco dan Kacung yang cara memintanya lebih asertif dibandingkan Pia maupun Rika, mungkin kita yang baru belajar bahasa Inggris berasumsi kalau semua laki-laki harus memesan sesuatu dengan diakhiri oleh tanda seru.

Kenyataannya tidaklah demikian. Kita dapat melihatnya pada contoh dialog Disco dan Kacung pada artikel ini, lalu bandingkan dengan Rika dan Pia saat memesan makanan. Meskipun baik Disco maupun Kacung tidak menggunakan tanda seru, permintaan mereka langsung “mengarah pada sasaran” dan cenderung “pergi sendiri-sendiri”. Kecuali di saat-saat yang spesial, jarang sekali laki-laki dalam sebuah perkumpulan mengatakan, “We’ll have …. , please,” bersamaan seperti Rika atau Pia.

Karena total harganya terjangkau, maka asumsikan makanan dan minuman yang dipesan sudah dibayar seluruhnya. Karena itu, kita akan bergerak lebih cepat pada artikel selanjutnya dengan setting dialog yang berbeda. Para learners, nantikan terus pelajaran bahasa Inggris yang lebih menarik dari rangkaian artikel tutorial bahasa Inggris ini!

 

Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman (bagian 2)
Percakapan Bahasa Inggris: Pesan Minuman
Percakapan Bahasa Inggris: Memesan Makanan Kecil


 


Sederet Mobile

http://mobile.sederet.com


9 Contoh Dialog Inggris: Menanyakan Jam/Waktu (About Time)
4 Contoh Dialog Inggris: Memperkenalkan Diri Informal & Formal (Introduction)
5 Contoh Percakapan Inggris: Greeting & Leave Taking / Parting / Farewell
Percakapan Mengundang Pesta Ulang Tahun (Inviting Conversation)
Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Percakapan Inggris: Memberi Dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Percakapan Inggris saat Check-in Hotel
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)