sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Bahasa Inggris: Peringatan Hari Guru (Teacher’s Day)

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Itu sering kita dengar ketika gaji guru masih kecil yang tidak sesuai dengan pengabdiannya. Nah apakah sekarang masih pantas disebut pahlawan tanpa tanda jasa? Berikut adalah transkrip pidato dalam Bahasa Inggris dan Indonesia, untuk anak sekolah SD, SMP atau SMA tentang hari guru .

English

Good morning our teacher, ladies and gentlemen, and also my dear friends. Thank you for the opportunity given to me this morning to be able to deliver this speech. First of all let’s praise the blessings of God Almighty because of his grace we can all gather together on this day in the good health.

Dear teachers and friends, today I will discuss about one of the heroes that exist in our daily life. They are the teachers. For me a teacher is a noble job. A teacher is not only tasked to deliver the subject matter, but also must be able to educate the next generation of the nation. A teacher is not only required to be smart but also to be in the moral. On the other hand the profession of teachers is also referred to as a noble profession. In this case, it should be realized that a teacher in carrying out his profession demanded the presence of noble and high morals. Or in other words the essence of the noble profession is the dedication of humanity. Each teacher should know their roles and tasks in detail if they want to try and produce impressive teaching. A teacher is a great person, full of patience and affection.

I do not know what I should express to reward my teachers who have made me such a better person. The teacher’s struggle is full of simplicity and sacrifice. That struggle actually inspires us as his students. A teacher sets an example as a hero to this nation and country.

My beloved teachers and friends, no one in this world can become successful without a teacher. President, doctor, pilot, manager, even CEO will learn much from a teacher. All the great people in this country, the great leaders of this country are the result of a teacher. Life is a learning process. We will continue to learn until we die later, therefore the figure of a teacher is an important figure for us all.

My beloved teachers and friends,

Thanks to the devotion of our teacher to us, because of that we can achieve good results. Our teachers never tired of teaching us from the beginning. Our teachers teach us to read, write, and also count. They also give all the knowledge they have so we can become the great people later. With the guidance of our teachers we feel like under the supervision and care of our own parents. This is because we and our teacher have made a great bond.

Therefore I as the representative of all students, I would like to express my deepest gratitude for the services and sacrifices of our teachers so far. Thanks for guiding us all. Thank you for educating us all. Thank you for being patient with our naughty behavior. Thank you for not giving up on teaching us. Thank you for everything. I am proud of my teachers. They are an inspirational figure to me and to all of us. Maybe someday, I and all of you can follow in their footsteps as a servant of the nation.

So that’s the end of my speech. If there is any mistake, I do apologize. Thank you for your attention.

Indonesian

Selamat pagi bapak ibu guru, para hadirin, dan juga teman-teman semuanya. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya pada pagi hari ini untuk bisa menyampaikan pidato. Pertama-tama mari panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang maha Esa karena berkat rahmatnya kita semua bisa berkumpul pada hari ini dengan keadaan sehat.

Bapak ibu guru dan juga teman-teman semuanya, hari ini saya akan membahas tentang salah satu sosok pahlawan yang ada didalam kehidupan kita sehari-hari yaitu guru. Bagi saya seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Seorang guru tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi pelajaran, tapi juga harus bisa mendidik generasi penerus bangsa. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk menjadi pintar tapi juga harus bermoral baik. Di sisi lain profesi guru juga disebut sebagai profesi yang luhur. Dalam hal ini, perlu disadari bahwa seorang guru dalam melaksanakan profesinya dituntut untuk mempunyai budi luhur dan akhlak yang baik. Atau dengan kata lain profesi luhur adalah pengabdian kemanusiaan. Setiap guru seharusnya mengetahui peranan dan tugas mereka secara detail jika mereka ingin berusaha melakukan dan menghasilkan pengajaran yang berkesan. Guru adalah orang yang hebat, penuh kesabaran dan kasih sayang.

Saya tidak tahu harus berkata apa untuk memberikan penghargaan bagi guru-guru saya yang telah membuat diri ini menjadi orang yang seperti ini. Perjuangan ibu dan bapak guru yang penuh dengan kesederhanaan dan pengorbanan. Perjuangan mereka memberikan inspirasi bagi kami sebagai anak didiknya. Seorang guru memberikan contoh teladan sebagai seorang pahlawan bagi bangsa dan negara ini.

Bapak ibu guru dan juga teman-teman semuanya, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang menjadi sukses tanpa melalui jasa seorang guru. Presiden, dokter, pilot, manager, bahkan ceo sekalipun akan belajar banyak dari seorang guru. Seluruh orang-orang hebat di negeri ini, para pemimpin besar negeri ini merupakan hasil dari seorang guru. Kehidupan adalah proses pembelajaran. Kita akan terus belajar sampai kita mati nanti, maka dari itu sosok seorang guru merupakan sosok yang penting bagi kita semua.

Bapak Ibu Guru juga teman-teman yang saya cintai…

Berkat pengabdian dari bapak dan ibu guru yang telah diberikan kepada kami, kami dapat mencapai hasil yang baik. Bapak dan ibu guru kita tak pernah lelah mengajari kita dari awal. Bapak ibu guru kita mengajari kita membaca, menulis, dan juga berhitung. Mereka juga memberikan semua ilmu yang mereka miliki agar kita bisa menjadi orang-orang hebat nantinya. Dengan bimbingan dari bapak dan Ibu guru, kami merasa seperti memiliki orang tua lagi. Hal ini tidak lain karena kami telah menjadli ikatan erat dengan Bapak dan Ibu guru.

Oleh karena itu saya selaku perwakilan dari seluruh pelajar, saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas jasa dan pengorbanan dari bapak dan ibu guru selama ini. Terima kasih telah membimbing kami semua. Terima kasih telah mengedukasi kami semua. Terima kasih telah berlaku sabar terhadap kelakukan kami yang nakal. Terima kasih untuk tidak berputus asa dalam mengajari kami. Terima kasih atas semuanaya. Saya bangga dengan guru-guru saya. Mereka adalah sosok inspirasi bagi saya dan bagi kita semua. Mungkin kelak suatu saat nanti, saya dan kalian semua bisa mengikuti jejak mereka sebagai pengabdi bangsa.

Sekian pidato dari saya. Jika ada salah-salah kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Pidato Lainnya

 

Pidato Bahasa Inggris: Hari Ibu (Mother’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Pembina Upacara Hari Proklamasi 17 Agustus (Independence Day Speech)
Contoh Daily Activity Seorang Guru (Teacher’s Daily Activity)
Kata-kata / Kalimat Percakapan Guru di Kelas
Pidato Bahasa Inggris: Hari Merdeka 17 Agustus (17th August Independence Day)
Pidato Bahasa Inggris: Peringatan Sumpah Pemuda (Youth Pledge Day)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Pahlawan (Hero’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Kesehatan Internasional (International Health Day)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Kartini (Kartini’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Peringatan Hari Guru (Teacher’s Day)


 
Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan (Continuing Educatio)
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Buruk Teknologi Kekinian (Negative Effects of Technology)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Anak Sedunia (International Children’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya KB (The Importance of Family Planning and Birth Control)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan SMA Kelas XII (High School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Calon Ketua OSIS SMA (President of Student Council Election)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan (The Importance of Education)