sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Itu Announcement? Inilah Contoh-contohnya!

Sebagai negara yang sering dikunjungi wisatawan asing, di Indonesia sering kita temui pengumuman atau announcement dalam Bahasa Inggris. Karena itu, penting untuk kita memahami apa itu announcemet dan bagaimana penggunaannya yang tepat. Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai pengertian announcement, jenis-jenis announcement, serta penggunaan announcement dalam keseharian.

Apa Itu Announcement?

Kalau diartikan secara kata, announcement sendiri dalam Bahasa Indonesia adalah pengumuman atau pemberitahuan. Lebih luasnya, announcement merupakan pengumuman atau pemberitahuan yang disampaikan di muka umum. Hal ini dimaksudkan agar lebih banyak orang yang akan mengetahui isi dari announcement itu sendiri dan cakupannya menjangkau ranah publik.

Meski begitu, tidak semua orang harus mengetahui isi dari announcement yang dibuat dan berkepentingan dengan announcement itu. Announcement memiliki tujuan dan dimaksudkan untuk orang-orang yang terkait dengan tujuan tersebut. Jadi penting untuk menentukan tujuan dibuatnya announcement dan kepada siapa announcement tersebut ditujukan.

Secara garis besar, announcement dibuat dengan dua struktur penting di dalamnya. Yang pertama adalah title atau judul announcement yang dibuat untuk mewakili keseluruhan dari isi announcement itu. Meskipun merupakan struktur announcement, title tidak selalu disebutkan dengan jelas di dalam beberapa announcement.

Dan yang kedua adalah explanation (penjelasan) yang berupa informasi mengenai kegiatan, kejadian, maupun perkara yang hendak disampaikan. Dalam struktur ini juga termasuk informasi lain yang dinilai penting untuk disampaikan pada announcement tersebut. Seperti kepada siapa announcement ditujukan, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, hingga kontak orang yang dapat dihubungi terkait kegiatan tersebut.

Jenis Announcement

Announcement terbagi menjadi dua jenis, yaitu verbal announcement dan text announcement. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan dari kedua jenis announcement tersebut:

  • Verbal Announcement

Verbal announcement merupakan pengumuman yang dibuat dan disampaikan secara lisan. Verbal announcement memungkinkan orang untuk mengetahui isi pengumuman dengan cepat hanya dengan mendengarkan. Namun di sisi lain, verbal announcement juga bisa terlewat jika orang tidak begitu memperhatikan atau mendengarkan dengan baik.

Jadi biasanya verbal announcement disampaikan dengan pengulangan dua hingga tiga kali agar orang dapat menangkap isi dari pengumuman tersebut. Kita sering menemukan verbal announcement di tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan, transportasi umum, dan tempat pemberhentian transportasi umum.

  • Text Announcement

Kebalikan dari verbal announcement, text announcement merupakan pengumuman yang dibuat dan disampaikan secara tertulis. Text announcement cenderung lebih mudah dicerna karena waktu untuk menyerap informasi dalam pengumuman tersebut lebih lama. Namun karena itu juga, banyak orang yang kemudian melewatkannya terutama jika isi announcement terlalu panjang dan bertele-tele.

Text announcement harus dibuat dengan singkat, padat, dan jelas agar orang mudah membaca serta memahami maksud dari pengumuman tersebut. Text announcement biasanya ditemukan di surat kabar, mading, portal internet, dan lain sebagainya.

Penggunaan Announcement

Untuk lebih memahami tentang announcement, berikut beberapa penggunaannya yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

  • Notice Announcement

Salah satu penggunaan announcement yang sering ditemukan adalah notice announcement atau pemberitahuan mengenai sesuatu. Notice announcement ini memiliki jangkauan yang cukup luas dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Mulai dari notice announcement di sekolah, di kantor, di sekretariat RT/RW, dan lain sebagainya.

Berikut adalah salah satu contoh notice announcement.

Announcement

Notice to all of students of Penerus Bangsa High School who have not return the library’s book, we are urged to return it before November 5, 2019. For those who have not return the library’s book until that specified deadline, we will apply the fines according to the applicable regulation.

Thank you for your understanding and cooperation.

Signed,

Head of Librarian of Penerus Bangsa High School

Yeni Maharyanti, S.Pd

Terjemahan:

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh siswa SMA Penerus Bangsa yang belum mengembalikan buku perpustakaan, dihimbau untuk segera mengembalikannya sebelum tanggal 5 November 2019. Bagi siswa yang belum mengembalikan buku perpustakaan hingga batas waktu yang ditentukan akan dikenai denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Terima kasih atas pengertian dan kerjasamanya.

Mengetahui,

Kepala Pustakawan SMA Penerus Bangsa

Yeni Maharyanti, S.Pd

  • Event Announcement

Penggunaan announcement selanjutnya yang juga sering kita temui adalah event announcement, yang berisi pengumuman mengenai suatu kegiatan. Penggunaan announcement ini juga menunjukkan pengumuman resmi yang dibuat oleh organisasi, lembaga, atau pihak yang akan mengadakan kegiatan tersebut.

Misalnya seperti pada contoh berikut.

Announcement

In commoration of the 74th Indonesian Independence Day, the management will hold an inter-division competition which will be held on Friday, August 16, 2019. The competition that will be held are tug-war race, cracker-eating contest, and futsal competition. We are waiting for each division to send the representative names to HR division no later than Wednesday, August 14, 2019.

Sincerely yours,

HRD Manager of PT. Sukses Bersama

Rio Primokusumo

Terjemahan:

Pengumuman

Sehubungan dengan perayaan HUT RI 74, pihak manajemen mengadakan perlombaan antar divisi yang akan digelar pada Jumat, 16 Agustus 2019. Perlombaan yang diadakan adalah lomba tarik tambang, lomba makan kerupuk, dan lomba futsal. Diharapkan masing-masing divisi mengirimkan nama-nama perwakilannya kepada divisi HRD paling lambat pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Mengetahui,

Manajer HRD PT. Sukses Bersama

Rio Primokusumo

  • Job Vacancy Announcement

Penggunaan announcement yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi untuk kita, terutama para jobseeker yang sedang mencari pekerjaan. Job vacancy announcement merupakan pengumuman lowongan pekerjaan yang dibuat oleh perusahaan dalam mencari kandidat untuk menjadi bagian perusahaan mereka. Job vacancy announcement ini biasa ditemukan di surat kabar, portal online, hingga website resmi perusahaan tersebut.

Misalnya seperti pada contoh job vacancy announcement berikut.

Job Vacancy

PT. Sabar Menanti is looking for passionate individual to join our team as Accounting Staff with the qualifications below:

      • Male/Female.
      • Minimum bachelor degree in Accounting or Management Course with 1 year experience in the same field.
      • Can operate Ms. Office and SAP.
      • Accustomed to making financial reports and understanding about VAT, PPh 21, PPh 25, and individual taxes.
      • Able to work under pressure.
      • Willing to work overtime.
      • Willing to be placed in all work areas of the company.

Send your application in the form of a CV and cover letter via email recruitment@sabarmenanti.com no later than 31 October 2019. Only candidates who meet the requirements will be contacted further.

 Terjemahan:

Lowongan Pekerjaan

PT. Sabar Menanti membutuhkan orang yang untuk mengisi posisi Accounting Staff dengan kualifikasi sebagai berikut:

      • Pria/Wanita.
      • Minimal sarjana dari jurusan Akuntansi atau Manajemen dengan pengalaman 1 tahun di bidang yang sama.
      • Dapat mengoperasikan Ms. Office dan SAP.
      • Terbiasa membuat laporan keuangan dan memahami mengenai PPn, PPh 21, PPh 25, serta pajak perorangan.
      • Mampu bekerja dibawah tekanan.
      • Bersedia untuk lembur.
      • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.

Kirim lamaran Anda berupa CV dan cover letter melalui email recruitment@sabarmenanti.com paling lambat tanggal 31 Oktober 2019. Hanya kandidat yang memenuhi syarat yang akan dihubungi lebih lanjut.

  • Public Transportation Announcement

Berbeda dengan announcement sebelumnya yang menggunakan text atau tulisan, penggunaan yang satu ini berupa pengumuman lisan atau verbal announcement. Jika Anda sering menggunakan transportasi umum seperti kereta dan busway, tentu tidak asing lagi dengan pengumuman ini. Public transportation announcement adalah pengumuman yang dibuat di transportasi umum atau tempat pemberhentian transportasi umum.

Biasanya public transportation announcement berisi tentang pemberitahuan halte atau stasiun pemberhentian berikutnya, himbauan untuk memberikan tempat duduk kepada yang membutuhkan, dan lain sebagainya. Misalnya seperti pada contoh berikut ini:

    • In few minutes, we will arrive at Manggarai Station, Manggarai Station. For you who will continue the trip to Depok, Bogor, Sudirman, Tanah Abang, or Pondok Ranji; you can transit in Manggarai Station. Please check your belongings and make sure not to leave items behind. (Sesaat lagi kereta akan berhenti di Stasiun Manggarai, Stasiun Manggarai. Bagi Anda yang akan melanjutkan perjalanan ke Depok, Bogor, Sudirman, Tanah Abang, atau Pondok Ranji; Anda bisa transit di stasiun Manggarai. Harap periksa dan teliti kembali jangan sampai ada barang yang tertinggal.)
    • You are in the commuterline from Bekasi to Jakarta Kota. The commuterline will stop in each stations. To all of passenger, please provide the seats to elderly, pregnant women, and people with disability. Thank you for your consideration and cooperation. (Anda berada dalam kereta dari Bekasi menuju Jakarta Kota. Kereta akan berhenti di tiap-tiap stasiun. Dihimbau bagi para penumpang untuk memberikan tempat duduk pada lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas. Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami ucapkan terima kasih.)
  • Missing Person/Thing Announcement

Announcement juga dapat digunakan untuk memberikan pengumuman mengenai orang hilang dan menemukan barang yang hilang. Missing Person Announcement adalah pengumuman orang hilang yang dibuat untuk menghimbau bagi orang yang menemukan agar menghubungi keluarga atau pihak berwajib. Misalnya seperti pada contoh berikut:

Missing Child

Name: Johny Jr.
Age: 10 years old
Height: 140 cm
Weight: 40 kg

Additional information:

      • Last seen wearing a red school tracksuits of XIII Elementary School Surabaya, a white hat with red text BOY, a black backpack with picture of BoBoiBoy animation.
      • There is mole in his chin.
      • Last seen in breaktime at the elementary schoolyard

If you found or has information about this child, please contact the numbers below:

      • Jane (0813 1234 5678)
      • Johny (0812 8765 4321)

You can also contact the police, the security, or other authorities. Your help is really needed.

Thank you.

 Terjemahan:

Anak Hilang

Nama: Johny Jr.
Usia: 10 tahun
Tinggi: 140 cm
Berat: 40 kg

Keterangan tambahan:

      • Terakhir menggunakan baju kaos olahraga sekolah SDN XIII Surabaya berwarna merah, topi warna putih bertuliskan BOY warna merah, tas sekolah warna hitam dengan gambar kartun BoBoiBoy.
      • Ada tahi lalat di dagu.
      • Terakhir berada di halaman sekolah SD saat jam istirahat.

Jika Anda menemukan atau memiliki informasi mengenai anak ini, harap menghubungi nomor dibawah ini:

      • Ibu Jane (0813 1234 5678)
      • Bapak Johny (0812 8765 4321)

Anda juga bisa menghubungi polisi, pihak keamanan, atau pihak berwenang lainnya. Bantuan Anda sangat kami butuhkan.

Terima kasih.

Sedangkan Missing Thing Announcement biasanya dibuat saat menemukan barang hilang di tempat umum oleh orang yang menemukannya. Pengumuman ini juga bisa digunakan untuk mencari barang yang hilang oleh pemiliknya. Misalnya seperti pada contoh berikut:

Announcement

A brown watch and wallet has been found at the school cafetaria. For the student who lost it, please contact Ms. Yohana in the teacher office.

Thank you for your attention.

 Terjemahan:

Pengumuman

Telah ditemukan jam tangan berwarna cokelat dan sebuah dompet di kantin sekolah. Bagi siswa yang merasa kehilangan, silakan menghubungi Ibu Yohana di kantor guru.

Terima kasih atas perhatiannya.

Demikianlah pembahasan mengenai announcement dan penggunaannya yang dapat ditemui di kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

 

Contoh Dialog Bahasa Inggris tentang Komputer
10 Contoh Iklan Lowongan Kerja di Koran dalam Bahasa Inggris
Penggunaan & Contoh Contraction
10 Contoh Warning Sign (Caution/Notice) Dalam Bahasa Inggris
Apa Itu Formal Invitation? Inilah Beberapa Contohnya!
Contoh ‘English Euphemisms’
Contoh Dialog Bahasa Inggris: Dinner Invitation
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar
Contoh Pengumuman Berita Pernikahan di Koran Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Forbidding