sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apakah dimaksud dengan Analogi (Analogy)?

Definisi dari analogi sendiri adalah perbandingan antara dua hal yang pada dasarnya berbeda. Analogi seringkali menjelaskan suatu subjek yang kompleks dengan hal lain yang lebih sederhana atau lebih mudah dipahami (bersifat umum).

Sebuah analogi melihat suatu subjek yang kompleks dan kemudian menyederhanakannya dengan sebuah perbandingan. Dengan membandingkan suatu subjek yang rumit dengan hal lain yang lebih sederhana dan lebih dipahami secara umum akan membantu pembaca untuk memahami subjek kompleks tersebut dengan lebih mudah. Analogi dapat berbentuk suatu kalimat sederhana atau bahkan pada beberapa tulisan berbentuk paragraph.

Contoh sebuah analogi dalam kalimat berikut:

The grass is always greener on the other side

Kalimat tersebut sering kita dengar, dimana penulis menganalogikan kehidupan yang dialami seseorang ibarat rumput. Ketika kita melihat kehidupan orang lain selalu terlihat lebih indah dan menyenangkan dibandingkan kehidupan kita.

Analogi bukanlah kiasan atau metafora

Analogi berbeda dengan kiasan atau metafora meskipun keduanya berusaha mencari persamaan pada dua hal yang berbeda. Analogi focus pada kesamaan antara dua hal atau situasi untuk membuat suatu topik lebih mudah dicerna. Sedangkan metafora atau kiasan mengatakan bahwa satu hal adalah hal lain.

Contoh:

  • He’s hear as solid as rock (kiasan)
  • He was a rock (metafora)

Sedangkan contoh dari analogi sendiri adalah sebagai berikut :

Ketika seseorang terlibat permasalahan dengan temannya dan menemui jalan buntu. Kemudian seseorang berkata kepada anda:

Ed: I’m frustrated with what he’s doing to us.

Leo: Just let the situation thaw. Everything will be fine then.

Leo melalui pernyataannya tersebut mengibaratkan permasalahan yang dihadapi Ed seperti balok es yang dapat mencair. Thaw disini berarti Leo menyarankan Ed untuk bersabar dan menunggu situasi atau keadaan menjadi reda dan menghilangkan emosi untuk menemukan akar permasalahan. Atau pernahkan anda mendengar seseorang berkata :

I’m melted by her smile. She is so beautifull and kind at the same time.

Pernyataan tersebut mengibaratkan senyuman seseorang seperti kehangatan dan mengibaratkan perasaannya atau hatinya seperti benda yang mudah leleh karena kehangatan tersebut. Makna dari pernyataan tersebut adalah kebaikan dan kecantikan perempuan tersebut sangat menyentuh hatinya serta menimbulkan rasa kagum.

Pada kenyataannya suatu keadaan atau hati dan perasaan tidak dapat benar-benar mencair. Analogi tersebut hanya bertujuan untuk menggambarkan sesuatu yang kompleks menjadi hal yang lebih sederhana. Hubungan dua orang yang saling bersitegang karena satu dan lain hal cukup sulit dijelaskan sehingga lebih mudah untuk menganalogikannya sebagai balok es.

Apakah tujuan dari Analogi?

Seperti dijelaksan sebelumnya bahwa analogi membandingkan dua hal untuk menunjukkan kesamaan di dalamnya. Lalu untuk apa sebenarnya kita menggunakan analogi? Ambilah contoh seorang penulis yang sedang membahas topik sensitif dan sulit dimengerti maka analogi berperan penting untuk mempermudah penyampaian topik tersebut kepada pembaca.

Contoh adalah seorang penulis Carson dalam essainya Silent Spring, menggunakan fabel tentang sebuah kota yang dulunya sangat kaya dan berkembang. Namun, setelah manusia datang kemudian alam menjadi dia karena manusia menghancurkannya. Dengan menggunakan fabel tersebut penulis mempersiapkan pembacanya untuk isi essai yang jauh lebih rumit yakni tentang pengaruh merugikan manusia terhadap alam sekitar.

Bagaimana manusia mengubah alam yang asri menjadi sebuah kota dan pembangunan yang lain. Dengan gambaran awal tersebut penulis berusaha memberikan gambaran yang sederhana bahwa dampak kerusakan akibat tindakan manusia sangat nyata dan benar-benar ada.

Bagaimana membuat suatu anologi yang baik

 Mari kita perhatikan salah satu contoh narasi analogi berikut:

The (oil companies) are ferociously fighting against the mildest regulation – just as tobacco companies blocked constraints on the marketing of cigarettes for four decades after science confirmed the link of cigarettes to diseases of the lung and heart.(Al Gore)

Di dalam narasi tersebut penulis mensejajarkan antara industri minyak dengan industri rokok. Industri rokok berjuang begitu keras dengan berbagai peraturan dan sentiment negatif selama beberapa dekade setelah peniliti memastikan kaitan rokok terhadap penyakit paru-paru dan jantung.

Dulu mudah sekali menemukan iklan rokok namun saat ini berbagai aturan telah diterapkan sehingga rokok tidak bisa leluasa untuk mengiklankan produknya. Hal yang sama juga dialami oleh industry minyak, bagaimana dampak dan efek dari minyak terhadap dunia dan alam sekitar. Bahkan saat ini banyak energi alternative yang diciptakan sebagai pengganti minyak bumi.

Analogi yang baik dapat kita gunakan untuk keperluan pemasaran serta kampanye. Analogi yang baik memuat setidaknya beberapa hal di bawah:

  • Pendek, sederhana dan familiar bagi penonton atau pembaca
  • Visual
  • Memiliki tingkat kemiripan yang tinggi
  • Memperkecil konsekuensi yang tidak diinginkan

Berikut ini contoh analogi yang baik dalam bahasa inggris:

  • The structure of an atom is like a solar system. The nucleus will be the sun, and the electrons are like the planet (earth, venus, mars, and so forth) that revolving around their sun.
  • Just like a sharp knife or blade, a pen is like a weapon of writer.
  • Like a butterfly, before it looks pretty there was a time when she became a caterpillar and a cocoon. And so did a person, we can change and improve ourselves to came in the state when people looks us as a beautiful person inside out.

 Atau contoh analogi dalam literature (George Orwell) :

They crowded very close about him, with their hands always on him in a careful, caressing grip, as though all the while feeling him to make sure he was there. It was like men handling a fish which is still alive and may jump back into the water.

Demikianlah apa yang dimaksud dengan analogi beserta contoh dan penjelasannya.

 

Writing Tip: Singkatan dalam Bahasa Inggris (ABBREVIATIONS)
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Writing TOEFL: Mencari Ide Menulis
Writing TOEFL: Contoh Essay Kurang Berdasar
Writing TOEFL: Variasi Kalimat, Cara “Mempercantik” Essay Writing
Writing Tip: Cara Menulis E-Mail Bisnis Formal dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Jenis-Jenis Tanda baca dalam Bahasa Inggris (Punctuation)
Writing TOEFL: Etika Kutipan dan Parafrase
Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita Tentang Liburan (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris


 
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Surat Formal & Informal dalam Bahasa Inggris
Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Cara Tepat Menulis Email Bisnis Berbahasa Inggris
Pengertian dan Contoh Reported Speech
Texting Slang: Singkatan-singkatan Bahasa Inggris dalam Perpesanan