sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Reading TOEFL: Contoh Pertanyaan Sinonim dan Kesimpulan

Masih membahas seputar strategi mendapat skor tinggi dalam reading tes TOEFL, kali ini kita akan membahas tentang pentingnya punya pemahaman menyeluruh tentang sinonim dalam bahasa Inggris. Sebelumnya kita pernah membahas tentang pertanyaan sinonim dalam sesi lain dalam rangkaian tes TOEFL, bukan?

Kali ini kita akan fokus pada jenis pertanyaan dalam reading tes TOEFL yang kerap muncul, yaitu sinonim dan kesimpulan (inference). Hampir selalu pertanyaan dalam tes TOEFL akan mengandung sinonim kata yang ada dalam bahan bacaan. Mengapa penting untuk memahami sinonim? Karena kadangkala jawaban tersirat dalam tes TOEFL dalam pilihan kata yang berbeda, padahal bermakna sama.

Sebagai contoh, sebuah kata kerja yang dalam soal berada dalam bentuk present tense bisa saja berubah menjadi past tense di bagian pilihan jawaban. Untuk itu, kamu harus paham betul jika struktur sebuah kata berubah.

Ada kalanya sebuah kata atau kalimat dalam materi bacaan dibuat mirip dengan empat pilihan jawaban yang mengikutinya. Hal ini sangat menjebak karena terkesan senada antara teks dan jawaban.

Namun jangan sampai terjebak karena justru kata yang tidak sama persis adalah jawaban yang tepat. Perkaya perbendaharaan kata kamu dengan banyak membaca atau menonton film berbahasa Inggris. Bila perlu catat kata-kata dengan sinonim yang telah kamu pahami sebagai bekal untuk bertempur di hari H tes TOEFL.

Semakin sering kamu membiasakan diri dengan bahasa Inggris, akan semakin besar perbendaharaan kata yang kamu miliki. Lewat cara ini, bukan tidak mungkin kata yang pernah kamu simak akan muncul saat kamu mengerjakan soal tes TOEFL.

Pertanyaan Reading Tes TOEFL: Kesimpulan atau Inference

Ini adalah jenis pertanyaan yang tidak disebutkan dengan jelas dalam bahan bacaan. Justru hal ini hanya bisa kamu pahami lewat merangkum atau menarik intisari bacaan. Artinya kamu harus paham apa yang dimaksud dalam bacaan secara menyeluruh. Berikut ini contoh kutipan soal dari Educational Testing Service (ETS), dan bacaan selengkapnya bisa kamu lihat dalam bacaan kedua dalam tautan berikut ini https://www.ets.org/s/toefl/pdf/qp_v2_web_a4.pdf:

Question: What does the author imply by saying “Not a single pebble was found that might have indicated that the pebbles came from the nearby continent”?

(A) The most obvious explanation for the origin of the pebbles was not supported by the evidence.

(B) The geologists did not find as many pebbles as they expected.

(C) The geologists were looking for a particular kind of pebble.

(D) The different pebbles could not have come from only one source.

Pertanyaan di atas mengacu pada makna dari kalimat yang ada dalam bacaan. Digambarkan bahwa dalam bacaan tertulis bahwa tidak ada satupun batu kerikil yang ditemukan, suatu fakta yang mengindikasikan bahwa batu-batu yang ada berasal dari benua terdekat. Sebuah kalimat cukup panjang dengan beberapa kata kerja yang bisa menjebak kamu kesulitan dalam menentukan jawaban. Seperti biasa ada 4 pilihan jawaban yang mengikuti, yang masing-masing memiliki sinonim di dalamnya. Berikut ini analisis dari tiap pilihan jawaban yang ada:

Analisis: Setelah melihat daftar pilihan jawaban, saatnya melihat sinonim dari jawaban-jawaban tersebut. Pilihan jawaban (A) mengandung kata “origin”. Kata ini bisa berarti sama dengan kata “came from” yang ada dalam bahan bacaan. Sementara pilihan jawaban (B) mengandung kata “not as many” yang merupakan sinonim dari sedikit atau bahkan tidak sama sekali. Kata “not a single pebble” tidak dalam posisi dibandingkan dengan kuantitas yang lebih banyak, artinya kata “not as many” bukan sinonim sesungguhnya yang sesuai dengan makna bahan bacaan.

Sementara pilihan jawaban (C) mengandung kata “particular kind”. Arti dari kata ini bisa menjadi sinonim dari “single” jika mengacu pada keunikan sebuah hal. Namun lagi-lagi ini bukan sinonim dari frasa “not a single”. Berikutnya adalah pilihan jawaban (D).

Tidak ada kata sinonim pada pilihan jawaban ini, yang ada hanyalah kata yang persis sama dengan bacaan aslinya. Frasa dalam bacaan “came from” muncul kembali dalam pilihan jawaban (D) dalam bentuk “come from” . Keduanya sama persis, hanya berbeda bentuk past dan present tense. Namun dalam bacaan aslinya tidak disebutkan bahwa pebbles berasal dari lebih dari satu sumber, hanya digambarkan bahwa pebbles datang dari daratan terdekat. Artinya, pilihan jawaban (D) juga kurang tepat.

Dari analisis di atas, bisa dilihat bahwa pilihan jawaban (A) memiliki kata sinonim yang senada dengan makna bacaan. (B) dan (C) justru mengubah makna keseluruhan kalimat. Sementara (D) justru menambahkan ide yang tidak sesuai dengan bacaan utama. Artinya, jawaban yang tepat adalah (A).

Dari contoh pertanyaan di atas, bisa disimpulkan bahwa tidak cukup memahami bacaan hanya dengan mengingatnya dalam memori saja. Dalam menjawab soal reading tes TOEFL, kamu perlu melihat satu persatu kata sinonim yang ada. Bukan hanya sinonim dan bermakna senada, tapi pastikan juga bahwa keduanya berada dalam konteks yang sama.

Seperti analisis pilihan jawaban di atas, ada kata-kata yang sinonim namun memiliki konteks berbeda dan bisa menjebak. Kamu perlu sangat berhati-hati, jika dalam jawaban tidak memiliki sinonim dan hanya menggunakan kata yang sama persis dengan bacaan, bisa jadi maknanya sudah jauh berbeda. Kata yang tadinya bermakna positif dalam sebuah kalimat di bacaan berubah menjadi bermakna negatif dalam pilihan jawaban.

Jawaban yang tidak memiliki sinonim sama sekali pun bisa jadi justru menjadi jawaban yang benar. Tapi awas jangan sampai terjebak dalam jawaban yang “terkesan benar”. Dan jangan lupa yang terpenting adalah gunakan waktu yang diberikan sebijak mungkin. Jangan sampai terlalu lama berkutat di satu pertanyaan yang membingungkan hingga akhirnya menyita waktu kamu untuk mengerjakan soal lainnya.

Artikel Lainnya

Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension & Vocabulary
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Smart Energy
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Robert Capa & War Photography
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: “Asal Mula Grammar”
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation

 

Tip TOEFL: Frasa Sering Terucap: “Chances Are”
Reading TOEFL: Sinonim Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes “OUT-“ dan “RE-“
Tip TOEFL: Sudah Layakkah Tingkat Skor TOEFL IBT?
Listening TOEFL: Asah Listening dan Pelafalan dengan “Minimal Pairs”
Belajar Listening TOEFL: 8 Jurus Menguasai Listening Secara Cepat
Tip TOEFL: Besok Mau Tes TOEFL? Ini 10 Tips Jitu Buat Kamu
Contoh Soal Listening TOEFL: Short Talks (Part 2)
String of Adjective: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)


 
Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris