sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Writing TOEFL: Struktur dalam Menjawab Independent Essay

Masih ingat dengan jenis soal yang akan kamu hadapi dalam sesi writing tes TOEFL? Ada 2 jenis pertayaan yang harus kamu jawab, yaitu independent dan integrated. Di mana perbedaannya?

Dalam integrated essay, kamu diminta untuk memaparkan kesamaan dan perbedaan dari dua hal yang kamu dengar atau baca. Sementara dalam independent essay, tugas kamu adalah memaparkan opini terhadap suatu hal. Ini yang membedakan keduanya.

Ketahui dengan pasti jenis soal dalam writing tes TOEFL dan kamu akan bisa mempersiapkan amunisi untuk menjawab dengan tepat.

Kali ini akan fokus membahas tentang independent essay, yang memerlukan strategi berbeda dibandingkan dengan saat menjawab integrated essay. Saat menghadapi integrated essay, kamu hanya perlu menganalisis dua fakta yang dipaparkan dan menyebutkan kesamaan dan perbedaan dari keduanya.

Tapi saat menjawab independent essay, kamu harus menuliskan opini pribadimu. Tentu lebih memakan waktu bukan, karena kamu harus terlebih dulu menganalisis dan menyesuaikan pendapatmu dengan apa yang ditanyakan. Berikut ini kami sajikan bagaimana struktur yang tepat dalam menulsiakn independent essay dalam soal writing tes TOEFL.

Latar Belakang dan Kesimpulan

Tentu saja rumus utama untuk menuliskan opini adalah dengan memulai dan mengakhiri dengan pendapat kamu. Artinya, bisa digarisbawahi bahwa penting untuk menuliskan latar belakang dan kesimpulan yang jelas. Tanpa adanya penekanan ini, orang yang membaca akan bingung. Argumen kamu tidak berdasar atau tanpa konteks, dan keseluruhan esasy sulit dipahami.

Selalu Periksa Tulisan

Setelah selesai membaca atau mendengar materi listening tentang soal dalam sesi writing, tentu kamu perlu waktu satu hingga dua menit untuk memetakan pertanyaan. Tentukan bagaimana pendapatmu tentang soal yang dipaparkan. Mulai menjawab dengan membuat outline.

Baru setelah itu kamu bisa mulai menulis. Jika memungkinkan, tuliskan semua pendapat yang terlintas di pikiranmu di layar, tapi ingat hanya 27 menit waktu yang kamu miliki. Dalam waktu yang kamu miliki, manfaatkan 3 menit terakhir fokus untuk membaca kembali keseluruhan narasi yang sudah kamu tuliskan, pastikan alur ceritanya bisa dipahami dengan baik.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena biasanya apa yang terlintas di benakmu berlompatan saat sedang menulis, hal ini rentan membuat alur menjadi berantakan. Perhatikan juga kesalahan penulisan atau typo serta grammar errors yang mungkin terjadi.

Berikut ini contoh outline yang bisa kamu jadikan panduan. Bukan berarti kamu harus menulis persis seperti itu, tapi hanya sebagai acuan jika kamu merasa kesulitan menjawab atau menulis Independent Essay di hari H mengerjakan tes TOEFL.

1. Latar Belakang atau Introduction

  • Pernyataan yang sangat umum (very general statement about the topic)
  • Spesifikasikan hal-hal dalam topik
  • Paparkan sisi lain (hal ini optional, tidak harus kamu tuliskan jika tidak mengerti apa yang harus dilakukan, tapi bisa menjadi tambahan fakta dalam tulisanmu)
  • Sampaikan opinimu

2. Isi

Tuliskan argumen utama yang kamu miliki

  • Bila perlu, jelaskan alasan mengapa kamu memilih argumen tersebut
  • Berikan contoh atau detil yang konkret
  • Tuliskan contoh atau detil pendukung (optional)
  • Jelaskan mengapa contoh yang telah kamu sebutkan bisa mendukung pendapatmu

Tuliskan argumen kedua kamu

  • Masih seperti argumen pertama, jelaskan alasannya bila perlu
  • Paparkan contoh dan detil yang konkret dalam kehidupan sehari-hari
  • Paparkan contoh dan detil berikutnya yang bisa mendukung (optional)
  • Jelaskan lagi mengapa contoh kedua yang kamu sebutkan bisa mendukung argumen keduamu

3. Kesimpulan

  • Ulang kembali ide atau pendapat utama yang kamu miliki
  • Beri referensi mengapa alasan tersebut kamu ambil atau bagaimana opini yang berseberangan terbukti tidak sebaik argumen kamu (optional)
  • Hasil nyata dari argumen yang kamu miliki (untuk memperkuat dasar atas pendapat kamu)

Kesalahan Umum Independent Essay: Argumen tak Berdasar

Seringkali kesalahan dalam menulis Independent Essay adalah saat test-takers gagal memaparkan hal yang mendukung pendapat mereka. Hal ini bisa sangat mempengaruhi skor TOEFL.

Pastikan tulisan kamu tidak justru menimbulkan pertanyaan baru atau kurang lengkap. Berikut ini contoh argumen tak berdasar saat kamu menjawab soal writing tes TOEFL. Kondisinya adalah kamu harus memaparkan pendapat tentang membeli tiket pesawat lewat aplikasi yang sudah banyak tersedia dan kerap digunakan di era digital.

Dalam hal ini, kamu berpendapat setuju dengan manfaat dari membeli tiket lewat aplikasi dan akan memaparkannya dalam tulisan. Sayangnya, kamu tidak berhasil memaparkan argumen dengan konkret:

I prefer to buy airline tickets through application. Buy tickets at travel agent or airport will be less effective. The first option is good because I can choose the tickets easily. Sometimes I even can help my friends who need to book the tickets through my application. It helps me a lot. The digital era has brought new way of buying things and make everything simple. Buying tickets at the airport or travel agent will make the things more complicated and require more time.

Apa yang kamu rasakan saat membaca essay di atas? Penulis jelas memilih untuk membeli tiket lewat aplikasi yang sudah banyak tersedia. Menurut penulis, membeli tiket lewat agen travel atau di bandara tidak efektif. Namun tidak ada data pendukung yang detil dan konkret dalam tulisan di atas. Argumen tidak jelas dan terlalu umum. Bandingkan dengan tulisan berikut ini:

In this digital era, the need of mobility and speed is increasing. For buying airplane tickets, for example. It will be much easier for me to buy it through phone application. I simply need to install the apps, sign up, purchase the tickets that I need, and pay it through various choice available. I can finish it only within minutes. The electronic tickets will be available in my phone. I don’t need to spare time for printing the document, keep it in my bag, and open it while check-in. Less hassle, I just need to show the electronic tickets in my phone and check-in easily. Buying tickets through travel agents or go show at the airport also require a lot of time and resources. These options will be less effective. If I’m lucky, I can also get the benefit of promo in the applications easily.

Bisakah kamu melihat perbedaan antara tulisan pertama dan kedua? Ya, tulisan kedua padat dengan data pendukung argumen. Ada banyak alasan yang dipaparkan, lengkap dengan detil cara membeli tiket pesawat lewat aplikasi. Hal ini menunjukkan pemahamanmu akan materi cukup komprehensif.

Ditambah lagi dengan memberi perbandingan kontradiktif dengan pilihan lain, yang bisa memperkuat argumen. Jadi inti dari menulis Independent Essay adalah bagaimana kamu mengkonstruksikan argumen lengkap dalam rentang waktu yang diberikan.

Artikel Lainnya

Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: 4 Langkah Membuat Essay yang Terorganisir
Writing: 15 Latihan Soal Independent Essay dalam Writing
Writing TOEFL: Belajar Conditional Lewat Lagu Populer
Writing TOEFL: Membuat Jawaban Writing yang Runtut dan Mengalir
Writing TOEFL: Variasi Kalimat, Cara “Mempercantik” Essay Writing
Writing TOEFL: Etika Kutipan dan Parafrase
Writing TOEFL: Struktur Paralel Lanjutan dalam Bahasa Inggris
Writing TOEFL: Kenali Topik dalam Writing
Writing TOEFL: Contoh Essay Kurang Berdasar

 

Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan Sehari-hari
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Contoh Soal Listening TOEFL: Long Discussions
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 3)
Text Genre: Struktur Anecdote Text & Contoh Anecdote Text
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Seni Dunia Parfum
Contoh Soal Listening TOEFL: Short Talks (Part 2)
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Belajar Reading TOEFL: Cara Gampang Jawab Reading Tes TOEFL


 
Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik