sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Memperkenalkan Diri di Depan Kelas

How to Introduce Yourself in class (first day of school)

Saat ini merupakan tahun ajaran baru. Banyak siswa yang baru masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau naik ke kelas baru. Saat hari pertama masuk, biasanya siswa akan diminta untuk memperkenalkan dirinya di depan kelas.

Namun bagaimana jika kalian harus memperkenalkan diri dalam bahasa inggris? Dalam artikel ini, akan diberikan penjelasan mengenai cara memperkenal diri di  depan kelas pada saat hari pertama sekolah.

1. Berdirilah dengan tegak

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika tiba giliran untuk memperkenalkan diri adalah dengan berdiri tegak dan percaya diri. Melihat seseorang yang memperkenalkan dirinya dengan duduk tidaklah menyenangkan. Dan mungkin orang lain tidak akan tahu bahwa anda yang sedang berbicara. Jadi ketika tiba giliran untuk memperkenalkan diri, segeralah berdiri dengan tegak.

2. Tersenyum

Hal kedua adalah berikan senyum terbaik dari anda. Dengan berdiri tegak, percaya diri dan memberikan senyum kepada teman sekelas kalian, kalian akan memberikan kesan ramah dan membuat orang lain akan senang kepada anda.

3. Berbicara dengan percaya diri

Bukan hanya dengan berdiri tegak dan tersenyum saja. Saat berbicara kalian juga harus menunjukkan kepercayaan diri. Katakan dengan jelas apa yang kalian ingin katakana. Jangan terlalu banyak memotong-motong kalimat sehingga teman-teman kalian akan merasa jenuh mendengar kalian.

Apa saja yang perlu dikatakan ketika memperkenalkan diri? Berikut ini adalah susunan atau struktur perkenalan yang bisa anda gunakan sebagai konsep ketika ingin memperkenalkan diri, terutama di kelas baru saat hari pertama masuk sekolah.

4. Say hi

Kalian harus mengucapkan salam terlebih dahulu. Kalian bisa mengucapkan

  • Hi, hallo, good morning dan lain sebagainya.

5. Sebutkan nama kalian

Setelah mengucapkan salam dan sapaan, katakana nama panjang kalian.

  • “My name ….”(nama saya …)
  • “My full name is…”(nama lengkap saya…)

Setelah itu kalian juga bisa menambahkan nama panggilan kalian (nickname)

  • You can call me….”(kalian bisa memanggilku…)
  • “My nickname is …”(nama pendekku adalah…)

6. Sebutkan alamat

Sebutkan alamat kalian atau darimana kalian berasal. Orang lain pasti ingin tahu kalian berasal dari mana.

  • “I live in…”(aku tinggal di …)
  • “I come from…”(aku berasal dari)

7. Usia

Kalian juga bisa menyebutkan usia kalian.

  • “I’m….years old”(aku  berusia …tahun)
  • “I was born in…” (aku lahir pada tanggal…)

8. Sekolah asal/kelas asal

Kalian harus mengatakan kalian lulusan dari mana, atau sebelumnya kalian berada di kelas apa. Dengan begitu teman – teman kalian akan semakin terfokus pada perkenalan kalian.

  • “I was graduated from…”(aku adalah lulusan dari…)
  • “I was in the …Class last year”(aku ada di kelas…tahun lalu)

9. Sebutkan hobby kalian

Dengan menyebutkan hobby, kalian akan lebih saling mengerti dan memahami dengan teman kalian. Siapa tahu ada teman kalian yang memiliki hobby yang sama, sehingga kalian bisa saling bertukar pengalaman.

  • “My hobby is …” (hobi saya adalah …)
  • I love to do …”(aku senang melakukan…)

10. AKhiri dengan salam dan terima kasih

Ketika kalian hendak mengakhiri perkenalan kalian, tentu kalian harus mengatakan sampai jumpa dan terima kasih.

  • “That’s all. Thank you for your attention.” (cukup sekian. Terima kasih atas perhatian kalian)

Example 1

“Hello Good morning guys,

How are you today? It is so nice be in this school. My name is Tania Mendes. You can call me Tania.

I come from Michigan City, and live in this school dormitory for now. I was born on 17 August 2001.

So I’m 18 years old right now. I was graduated from a public high school in Michigan and I can take this university because I get a scholarship. I love to go hiking and climbing.

So if anyone have same hobby as me, we may get along very well. I really want to become a great teacher so I can come back to my place and give other children an appropriate education.

That’s my entire introduction. I hope we can be a good friend and get along very well. Thank you for your attention and hope you have a great day.”

(Hallo selamat pagi teman-teman.

Bagaimana kabarmu hari ini? Ini sangat menyenangkan untuk berada di sekolah ini. Nama saya adalah Tania Mendes. Kalian bisa memanggilku Tania.

Aku berasal dari kota Michigan, dan aku tinggal di asrama sekolah untuk saat ini. Aku lahir pada tanggal 17 Agustus 2001.

Jadi aku berusia 18 tahun saat ini. Aku lulus dari sekolah nergeri di Michigan dan aku bisa sampai berkuliah di universitas ini karena mendapatkan beasiswa. Aku menyukai kegiatan mendaki dan memanjat.

Jadi jika siapapun memiliki hobi yang dama denganku, kita mungkin akan bisa berteman dengan sangat baik. Aku benar-benar ingin menjadi seorang guru yang hebat jadi aku bisa pulang ke tempat asalku dan memberi pendidikan yang layak bagi anak-anak disana.

Cukup sekian perkenalan dari saya. Saya harap kita bisa menjadi teman baik dan bisa bergaul dengan sangat baik. Terima kasih atas perhatian kalian dan saya harap kalian menjalani hari yang bahagia!)

Example 2

“Hi friends,

How are you? I want to introduce myself. My name is Sonia Evans. You may call my Sonia or Nia. But my friends usually call me Nia.

I live in St. Costae Street, no.123. I was graduated from the happy Elementary school. My hobby is drawing sketch. So if anyone wants me to draw their portrayal. I will be glad to do that for you. I was born in 12 December 2006.

My mom is a secretary and my dad is a teacher in this school. That’s all for now, thank you for your attention,”

(Hai teman teman,

Bagaimana kabar kalian? aku ingin memperkenalkan diriku. Nama saya adalah Sonia Evans. Kalian bisa memanggilku Sonia atau NIa. Teman – temanku biasa memanggilku Nia.

Aku tinggal di jalan St. Costae No. 123. Aku lulusan dari SD Happy. Hobi saya adalah menggambar sketsa. Jadi jika ada yang ingin aku gambar aku akan dengan senanng hati menggambar untuk kalian. Aku lahir pada tanggal 12 Desember 2006.

Ibuku adalah seorang sekertaris dan ayahku adalah seorang guru di sekolah ini. Cukup sekian , terima kasih atas perhatian kalian.)

 

Cara Lain Mengatakan Excuse Me Beserta Jawabannya
Contoh Perkenalan Singkat Saat Presentasi Secara Lisan dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Kejelasan Suatu Peristiwa / Memberikan Klarifikasi dalam Bahasa Inggris
Cara Baca Angka dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris
Komunikasi: Cara Meminta Seseorang Untuk Mengulangi Omongannya
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (Politely Decline an Invitation)
Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Barang dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris