sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Komunikasi: Mengklarifikasi Pendapat Seseorang

Saat melakukan percakapan, terkadang kita dihadapkan dengan situasi yang mana kita tidak yakin apakah kita sudah benar-benar mengerti atau tidak apa yang telah dikatakan oleh lawan bicara kita. Dalam situasi ini, agar tidak terjadi kesalahpahaman, sebagai lawan berbicara yang baik hendaknya kita harus mengklarifikasi apakah yang kita pahami tersebut sudah sejalan dengan apa yang ingin dikatakan oleh lawan bicara kita.

Di dalam bahasa Inggris terdapat beberapa frasa yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah kita sudah benar-benar mengerti maksud dari lawan bicara kita. Kali ini kita akan memperlajari frasa-frasa tersebut melalui pembahasan singkat di bawah ini:

1. Does that mean . . .?

Frasa pertama yang dapat dipakai untuk mengklarifikasi pemahaman kita terhadap perkataan lawan bicara kita adalah “does that mean . . .?”. Frasa ini memiliki arti “apakah itu artinya/ berarti/ maksudnya . . .?”. Mari kita lihat contoh berikut ini untuk lebih jelas bagaimana cara menggunakan frasa ini:

  • Does that mean she is not going with us? (Apakah itu artinya dia tidak akan pergi bersama kita?)
  • Does that mean we are not allowed to eat ice cream for free anymore? (Apakah itu berarti kami tidak diizinkan untuk makan es krim secara gratis lagi?)
  • Does that mean they will close the zoo forever? (Apakah itu maksudnya mereka akan menutup kebun binatangnya selamanya?)

2. Do you mean . . .?

Frasa kedua untuk memeriksa apakah kita mengerti akan maksud dari lawan bicara kita adalah “do you mean . . .?”. Frasa ini berarti “Apakah maksud Anda adalah . . .?/ Maksud Anda . . .?”. Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan “do you mean . . .?” di dalam kalimat:

  • Do you mean our trip to Hawaii gets cancelled? (Maksud Anda perjalanan kita ke Hawaii dibatalkan?)
  • Do you mean you have just lost your credit card? (Apakah maksud Anda, Anda baru saja kehilangan kartu kredit?)
  • Do you mean they are going to demolish the building across the street? (Apakah maksud Anda mereka akan menghancurkan bangunan di seberang jalan?)

3. Let me see if I understood you correctly. You’re saying that . . .?

Frasa selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengklarifikasi pemahaman kita adalah “let me see if I understood you correctly. You’re saying that . . .?”. Frasa ini berarti “izinkan saya untuk mengetahui apakah saya memahami Anda dengan benar. Anda mengatakan bahwa . . .?”. Mari kita lihat contoh penggunaannya di dalam kalimat:

  • Let me see if I understood you correctly. You’re saying that there will be a new design for our website? (Izinkan saya untuk mengetahui apakah saya memahami Anda dengan benar. Anda mengatakan bahwa akan ada desain baru untuk situs web kita?)
  • Let me see if I understood you correctly. You are saying that we have to come up with a new strategy to increase our sales? (Izinkan saya untuk mengetahui apakah saya memahami Anda dengan benar. Anda mengatakan bahwa kita harus membuat strategi baru untuk meningkatkan penjualan kita?)

Ada frasa lain yang mirip dengan frasa ini, yakni if I understand you correctly, you’re saying that . . .?. Frasa ini berarti “jika saya memahami Anda dengan benar, Anda mengatakan bahwa . . .?”. Contoh:

  • If I understand you correctly, you’re saying that we should make a petition to help Anna? (Jika saya memahami Anda dengan benar, Anda mengatakan bahwa kita harus membuat petisi untuk membantu Anna?)
  • If I understand you correctly, you are saying that it is easier to get to Town A with bus rather than with train? (Jika aku memahamimu dengan benar, kamu mengatakan bahwa lebih gampang ke kota A dengan bis daripada dengan kereta?”

4. So, what you’re saying is (that) . . .?

“So, what you’re saying is (that) . . .?” adalah frasa selanjutnya yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah kita sudah benar-benar mengerti maksud dari lawan bicara kita. Arti dari frasa ini adalah “jadi, apa yang Anda katakan adalah . . .?”. Contoh:

  • So, what you’re saying is that we are going to stay in Boston for two days? (Jadi, apa yang Anda katakan adalah kita akan menginap di Boston selama dua hari?)
  • So, what you are saying is they are moving to New York tomorrow? (Jadi, apa yang Anda katakan adalah mereka akan pindah ke New York besok?)
  • So, what you’re saying is the flight to Japan gets delayed? (Jadi, apa yang kamu katakan adalah penerbangan ke Jepang tertunda?)

5. So, in other words, . . .?

Kita juga bisa menggunakan frasa “so, in other words, . . .?” untuk mengklarifikasi apakah yang kita pahami sesuai dengan apa yang dimaksud lawan bicara kita. Arti dari frasa ini adalah “jadi, dengan kata lain, . . .?”. Berikut adalah contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • So, in other words, you don’t have any plan at all after graduate? (Jadi, dengan kata lain, Anda tidak memiliki rencana apapun setelah lulus?)
  • So, in other words, he is innocent but treated like a criminal? (Jadi, dengan kata lain, dia tidak bersalah tetapi diperlakukan bagaikan penjahat?)
  • So, in other words, they will only accept those who graduated from reputable schools? (Jadi, dengan kata lain, mereka hanya akan menerima orang-orang yang lulus dari sekolah terkemuka?)

Demikianlah beberapa frasa untuk memeriksa apakah pemahaman kita sudah sesuai dengan maksud dari lawan bicara kita. Terus-teruslah berlatih agar semakin lancar dan agar kemampuan bahasa Inggris kita semakin meningkat. Selamat belajar!

 

Cara Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Duduk Prioritas Kepada Seseorang di Bus, Kereta, MRT
Descriptive Text: Mendeskripsikan Kondisi Seseorang dalam Bahasa Inggris
Komunikasi: Cara Meminta Seseorang Untuk Mengulangi Omongannya
Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menerima Telepon dari Seseorang dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan untuk Mengenal Seseorang dalam Bahasa Inggris
Komunikasi: Mengklarifikasi Pendapat Seseorang
Percakapan Memberi Dukungan terhadap Pendapat dalam Bahasa Inggris