sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari komunikasi. Komunikasi adalah hubungan antau kontak antara dua orang atau lebih, di mana terjadi pertukaran informasi di dalamnya. Dalam komunikasi yang biasa kita lakukan, ada banyak sekali topik yang dapat dibahas. Salah satunya yaitu tentang deskripsi seseorang.

Mendeskripsikan seseorang sering kita lakukan untuk membuat orang lain lebih mengenalnya, atau ketika kita sedang membutuhkan bantuan untuk menemukan seseorang. Dan melakukannya dalam bahasa Inggris adalah hal yang cukup mudah. Pembahasan kita kali ini akan membuktikannya.
Selamat belajar!

1. Mendeskripsikan Kepribadian Seseorang

Topik pembahasan tentang diri seseorang pasti akan muncul dalam suatu komunikasi. Bila suatu hari kita ditanya “What’s he/she like?” (Seperti apakah dia?), artinya dia sedang meminta kita mendeskripsikan sosok yang dia maksud. Deskripsi yang diminta mengarah ke kepribadian yang dimiliki sosok tersebut, sebab pertanyaan “what’s he/she like?” memiliki maksud “what’s his/her personality?” (bagaimanakah kepribadiannya?).

Lalu, bagaimana cara untuk menjawabnya?

Untuk mendeskripsikan kepribadian seseorang, setidaknya kita harus mengumpulkan terlebih dahulu kosakata tentang kata sifat atau adjectives yang berhubungan dengan kepribadian, baik yang menggambarkan karakteristik positif maupun negatif.

Contoh deskripisi karakter positif adalah sebagai berikut:

  • My sister is talkative and very sociable. She can easily make friends in less than an hour. (Kakak perempuanku cerewet dan mudah bergaul. Dia dapat berteman dengan mudah dalam waktu kurang dari satu jam)
  • Bayu has a great sense of humor. No wonder everyone loves having him around. (Bayu memiliki selera humor yang baik. TIdak heran orang-orang senang dengan keberadaannya)
  • Olivia is such an angel. I’ve never met someone so soft and kindhearted. (Olivia itu seperti malaikat. Aku belum pernah menjumpai orang yang selembut dan sebaik hati itu)
  • etc

Adapun contoh deskripisi karakter negatif antara lain:

  • My neighbor has a short temper. I often hear him yelling at his children. (Tetanggaku mudah marah. Aku sering mendengarnya meneriaki anak-anaknya)
  • Helena is a smart and critical girl. She won several debate contests this year. (Helena adalah gadis yang pintar dan kritis. Dia memenangkan beberapa lomba debat tahun ini)
  • He’s such a liar. He said he would pay for his debts but he’s actually just fooling me. (Dia pembohong. Dia bilang dia akan membayar hutangnya tapi ternyata dia hanya menipuku)
  • etc

2. Mendeskripsikan Ciri-ciri Seseorang

Selanjutnya, selain mendeskripsikan sifat dari seseorang, kita juga akan menjumpai permintaan untuk mendeskripsikan tampilan fisiknya. Ini kadang terjadi saat kita membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu kita mencari seseorang atau membuat dia mengingat tentang sosok yang mungkin dia kenali.

Dalam meminta mendeskripsikan ciri-ciri seseorang, pertanyaan yang diucapkan yaitu “What does he/she look like?” (Seperti apakah dia?). Kata “look” dalam pertanyaan tersebut menunjukkan maksud soal penampilan (appearance), yang mencakup penampakannya menurut ciri fisik yang dimiliki hingga apa yang dikenakannya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa menjawab dengan memberikan deskripsi tentang ciri fisik yang paling menonjol yang dimiliki oleh subjek pembicaraan. Kita juga dapat mendeskripsikan tentang pakaian yang dikenakannya, khususnya bila pertanyaan yang diberikan adalah “What does she/he wear?

Contoh cara menjawabnya adalah sebagai berikut:

  • She has long, curly blonde hair that falls to her back. She’s not really tall but she usually wears high heels. (Dia memiliki rambut pirang yang keriting dan panjang sampai sepunggung. Dia tidak begitu tinggi tetapi biasanya dia memakai sepatu berhak tinggi)
  • His hair is dark and short. He wears glasses and always has a big smile on his face. (Rambutnya gelap dan pendek. Dia berkacamata dan selalu memiliki senyum lebar di wajahnya)
  • Karina is slim and has a fair skin. She looks a bit like younger Taylor Swift but with red hair. (Karina ramping dan berkulit cerah. Dia mirip seperti Taylor Swift versi muda tapi dengan rambut merah)
  • etc

3. Mendeskripsikan Relasi dengan Seseorang

Selain menjelaskan karakter dan penampilan seseorang, kita juga dapat melengkapi deskripsi kita dengan menambahkan relasi kita dengannya. Relasi ini bisa berupa pertemanan, hubungan kerja, hingga perkenalan secara tidak sengaja.

Sebagai contoh, simak kalimat-kalimat di bawah ini:

  • She was my childhood friend. We lived in the same neighborhood and I’d usually play with her in my backyard after school. (Dia adalah teman kecilku. Kami bertetangga dan aku biasa bermain dengannya di halaman belakang rumahku sepulang sekolah)
  • I met him at a party in 2015. He gave me his number and we’ve been hanging out after since. (Aku bertemu dengannya di sebuah pesta pada tahun 2016. Dia memberiku nomor teleponnya dan kami sering nongkrong bersama setelahnya)
  • They are my cousins who used to live with my family when they were still in elementary school. (Mereka adalah sepupuku yang tinggal dengan keluargaku ketika masih SD dulu)
  • etc

Jika digabungkan, maka contoh gabungan deskripsi yang bisa kita ceritakan tentang seseorang adalah sebagai berikut.

“John is a friend of mine that I first met in 2016. He’s super tall, thin, and has tanned skin. He’s actually quite good looking. He is both wise and funny, and also sporty. He loves football so much.”

(John adalah temanku yang pertama kali aku kenal di tahun 2016. Dia sangat tinggi, kurus, dan berkulit kecoklatan. Dia sebenarnya amat tampan. Dia bijak dan lucu, dan gemar berolahraga. Dia sangat menyukai sepak bola)

 

Contoh Percakapan di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Umum yang Dilakukan oleh Kasir dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bisnis: Mengingatkan Rapat dan Mengulang Kesepakatan Di Meeting Sebelumnya dalam Bahasa Inggris
Contoh Pertanyaan & Jawaban dari Pertanyaan What Are You Good At?
Cara Membicarakan Hobi dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Lukisan dalam Bahasa Inggris
Wawancara Beasiswa Masuk Kuliah dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris antara Polisi dan Terduga Kriminal
Restaurant Conversation: Percakapan di Restoran tentang Enak/Tidaknya Makanan
Percakapan Memesan Taksi Lewat Telepon dalam Bahasa Inggris


 
Cara Berbagi Cerita dalam Bahasa Inggris
Cara Menghadapi Interview Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Mendeskripsikan Bentuk dan Ukuran dalam Lisan & Tulisan
Membicarakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Cara Memulai Percakapan dalam Bahasa Inggris
Mendeskripsikan Warna dalam Lisan & Tulisan
Percakapan tentang Tujuan Hidup dalam Bahasa Inggris
Percakapan Mengekspresikan Suka atau Tidak Suka dalam Bahasa Inggris
Percakapan tentang Kriminalitas dalam Bahasa Inggris