sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Pidato Kata Sambutan untuk Acara Lamaran

Pernikahan merupakan suatu acara sakral yang menyatukan dua insan untuk saling berkomitmen sepanjang hidupnya. Dalam ajaran Islam, pernikahan adalah bentuk ibadah terpanjang dan cara untuk menyempurnakan separuh agamanya. Sebelum beralih ke jenjang pernikahan, biasanya dilakukan dulu prosesi lamaran. Saat lamaran, keluarga mempelai pria akan datang mengutarakan permintaannya untuk meminang mempelai wanita kepada keluarganya.

Permintaan tersebut dapat disampaikan langsung oleh calon mempelai pria, akan tetapi kebanyakan disampaikan oleh perwakilan dari pihak pria. Pidato kata sambutan menjadi pembuka acara yang penting agar keluarga dan para tamu undangan bisa khusyuk dan ikut terlarut dalam momen sakral ini.

Untuk membuat sambutanmu lancar, sangatlah penting untuk membuat rencana dan poin penting yang ingin kamu sampaikan. Ada tiga hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum membuat sambutan. Pertama adalah pembukaan, isi sambutan yang mengenai maksud serta tujuan lamaran, dan terakhir adalah penutup.

The opening (pembukaan)

  • Salam dan perkenalkan dirimu terlebih dahulu.

Poin yang satu ini jangan dianggap remeh. Walaupun dalam prosesi lamaran yang biasanya hadir hanya keuarga calon pengantin pria dan wanita tetapi mungkin saja ada yang belum mengenalmu dan hubunganmu dengan kedua calon mempelai.

  • Sambut dan sebutkan semuanya.

Apabila ada tamu penting yang datang pada acara tersebut, jangan lupa untuk menyebutkan nama mereka satu persatu.

  • Ucapkan terima kasih

Terima kasih bukan hanya dikatakan di bagian penutup. Kamu bisa mengucapkan terima kasih di bagian pembuka sambutanmu untuk menunjukan rasa terima kasihmu telah datang dan ikut merayakan acara penting inii.

Berikut contoh opening yang dapat kamu tiru;

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Good morning, Hello Everyone. (Selamat pagi, halo semuanya)

First of all, I want to say thank you for being with us today. (pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah menyempatkan hadir bersama kami pada pagi hari ini)

We feel so grateful to have so many people here to marking the beginning of their life long commitment. (Kami merasa sangat bersyukur karena banyak yang sudah datang untuk menandai awal komitmen panjang mereka)

The Body (isi)

Bagian ini merupakan bagian yang terpenting dalam sambutanmu. Kamu harus menyampaikan maksud dan tujuan kedatanganmu pada bagian ini. Agar sambutanmu terdengar tulus. Boleh tambahkan latar belakang hubungan calon mempelai, misalnya sudah berapa lama mereka saling mengenal. Bagikan pula, bagaiman perasaan mempelai pria kepada mempelai wanita, agar para tamu undangan semakin terhanyut. Ini contohnya;

Please allow me to formally convey the purpose of our visit. (Saya mohon izin untuk menyampaikan maksud kedatangan kami secara formal)

Our … (the groom name) has been known Ms … (the bride name), the daughter of … and … (bride’s father and mother name) for so long {…. (nama mempelai pria) telah mengenal … (nama mempelai wanita), anak dari Bapak… (nama ayah mempelai wanita) dan Ibu … (nama ibu mempelai wanita) sejak lama}.

And he knows that she is the one he need (dan dia merasa bahwa anak anda adalah seseorang yang dia butuhkan).

That’s why we are coming here with good intentions to propose to your daughter (oleh karenanya, kedatangan kami disini dengan keinginan tulus untuk melamar anak perempuan anda).

Marriage is not only about love, but we talk about responsibility, honesty and loyality (pernikahan bukan hanya tentang cinta, tetapi juga tentang tanggung jawab, kejujuran dan kesetiaan).

Our … (the groom name) want to take responsibility of your daughter, Ms … (the bride name) {… (nama mempelai pria) ingin bertanggung jawab kepada anak anda, … (nama mempelai wanita)],

to pouring her with love and affection also being honest and loyal with her (untuk mencurahkannya cinta dan kasih sayang serta saling jujur dan setia bersama).

He might be far from perfect but he want to be a better person for her ( dia (mempelai pria) mungkin belum sempurna tapi dia ingin menjadi orang yang lebih baik untuk anak anda).

Therefore, on behalf of our family, (oleh karenanya, mewakili keluaga kami),

I’m asking for Ms … (the bride name) family approval {saya memohon persetujuan keluarga …. (nama pengantin wanita)},

To let this two people pledge to love and care for each other in marriage (untuk mengizinkan keduanya berjanji untuk saling mencintai dan menjaga satu sama lain dalam ikatan pernikahan).

This is it (itu saja). We will patiently wait the happy news from your family (kami akan menunggu jawaban dari keluarga anda)

Closing statement (penutup)

Akhiri sambutanmu ucapan terima kasih dan permohonan maaf apabila ada kekurangan. Lalu selesaikan dengan doa dan salam. Seperti ini,

Lastly (terakhir), we want to express our gratitude to welcoming us here (kami ingin mengucapkan terima kasih karena telah menerima kami disini)

And we sincerely apologize if we made any mistakes (dan kami mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu).

Thank you very much (terima kasih banyak).

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demikian contoh sambutan lamaran yang bisa kamu ikuti dan modifikasi. Jangan lupa melatih caramu membawakan sambutan yaa. Jangan bicara terlalu cepat dan jaga suaramu untuk cukup keras agar para tamu bisa mendengar dan mengerti dengan apa yang kamu katakan.

 

Pidato Singkat Inggris: Berbakti Pada Orang Tua
Contoh Surat Pernyataan Bersalah (Mengaku Salah) dalam Bahasa Inggris
Contoh Dialog Job Interview Lewat Zoom
Contoh Kalimat Conjunction dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Mengeluh Bahasa Inggris dan Artinya
Mengenal Descriptive Text & Contohnya
Contoh Kata Sambutan Karyawan Baru dalam Bahasa Inggris
Contoh Comparative Degree
Rumus dan Contoh Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar