sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Memahami Perbedaan Holiday dan Vacation dalam Bahasa Inggris

Kata holiday dan vacation dalam Bahasa Indonesia memiliki arti yang sama, yaitu libur atau liburan. Namun sebenarnya kedua kata tersebut memiliki perbedaan, terutama dalam penggunaannya. Agar dapat menggunakan dengan tepat, kita harus memahami terlebih dahulu tentang kedua kata itu.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai perbedaan kata holiday dan vacation dalam Bahasa Inggris. Berikut dengan contoh penggunaannya dalam Bahasa Inggris agar bisa dipraktekkan dengan tepat.

Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Makna Holiday

Yang akan kita bahas terlebih dahulu adalah kata holiday. Berikut beberapa makna kata holiday dalam Bahasa Inggris:

  • Hari libur umum

Makna pertama dari holiday adalah untuk hari libur yang diketahui secara umum. Seperti libur di hari Minggu, hari raya, hari kemerdekaan, hari libur nasional, dan lain sebagainya.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • My big family always gather every Ied holiday. (Keluarga besarku selalu berkumpul setiap hari raya lebaran)
    • The bakery gives half-price discount on Christmas holiday. (Toko roti itu memberikan potongan setengah harga pada hari libur natal)
    • August 17th is a national holiday in Indonesia, which is the independent day of the nation. (17 Agustus adalah hari libur nasional di Indonesia, yang mana itu merupakan hari kemerdekaan negara)
  • Masa liburan

Kata holiday juga bisa berarti masa liburan tertentu, yang tentunya dialami secara umum. Seperti misalnya masa liburan sekolah, liburan kuliah, liburan musim panas, dan lain sebagainya.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • My sister and I will visit our grandfather during this school holiday. (Saudara perempuanku dan aku akan mengunjungi kakek kami sepanjang masa liburan sekolah ini)
    • The beach always crowded with people, especially during summer holiday. (Pantai selalu dipenuhi banyak orang, terutama selama masa liburan musim panas)
    • We plan to visit South Korea on winter holiday next year. (Kami berencana untuk mengunjungi Korea Selatan pada liburan musim dingin tahun depan)
  • Suasana liburan

Makna dari kata holiday yang selanjutnya adalah sebagai suasana saat liburan. Maksudnya adalah suasana khusus yang kita rasakan di masa liburan. Seperti suasana meriahnya, suasana ingin bermalas-malasannya, dan lain sebagainya.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • The school was started last week, but the holiday atmosphere is still felt so strong. (Sekolah sudah dimulai seminggu yang lalu, tapi suasana liburan masih terasa begitu kuat)
    • End of year is coming close and we’re starting to feel the holiday vibe. (Akhir tahun semakin dekat dan kita mulai merasakan suasana liburan)

Makna Vacation

Setelah memahami makna kata holiday, selanjutnya kita akan membahas mengenai kata vacation. Berikut beberapa makna kata vacation dalam Bahasa Inggris:

  • Kegiatan berlibur

Makna pertama dari vacation adalah kegiatan berliburnya itu sendiri. Hal yang dilakukan saat kita mendapat hari, yaitu berlibur.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • On year end holiday last year, my family went on vacation to London. (Pada liburan akhir tahun lalu, keluargaku pergi berlibur ke London)
    • I’m planning on taking a vacation in Bali with my boyfriend next month. (Aku berencana akan pergi berlibur di Bali dengan pacarku bulan depan)
  • Liburan yang lebih panjang

Makna selanjutnya dari kata vacation adalah liburan yang lebih panjang dari holiday. Jika holiday adalah liburan yang dialami secara umum, vacation cenderung pada liburan pribadi. Dan untuk waktunya, vacation bisa lebih panjang dibanding holiday.

Untuk holiday, kita biasanya sudah tahu secara pasti berapa lama liburnya. Seperti libur hanya akhir pekan saja, atau liburan seminggu di akhir semester. Sedangkan untuk vacation, lama waktunya bisa lebih panjang dan tergantung pada kita sendiri.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • My older brother went to a whole month vacation to Africa. (Kakak laki-lakiku pergi liburan sebulan penuh ke Afrika)
    • I will have a vacation in Yogyakarta for two weeks. (Aku akan pergi liburan ke Yogyakarta selama dua minggu)
  • Cuti

Kata vacation juga bisa digunakan saat kita mengambil cuti dari bekerja. Adakalanya ketika kita bekerja mengalami mumet dan butuh penyegar suasana. Di saat-saat seperti ini, kita bisa mengambil cuti dan menyebutnya dengan vacation.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • You look so gaunt these days and your work performance is decreasing. How about take a vacation to a good and refreshing place? (Kamu kelihatan suram akhir-akhir ini dan kinerja kerja kamu menurun. Gimana kalau kamu ambil cuti ke tempat yang bagus dan segar?
    • I really have bad days lately and couldn’t concentrate on my work. I think it’s better for me to take a vacation to a nice beach. (Aku benar-benar mengalami hari buruk akhir-akhir ini dan nggak bisa konsentrasi kerja. Aku rasa lebih baik aku ambil cuti ke pantai yang bagus)

Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah vacation berasal dari Bahasa Inggris Amerika, atau American English. Jadi penggunaannya lebih umum dan familiar diterapkan pada Bahasa Inggris versi Amerika.

Sedangkan untuk versi Bahasa Inggris British, kata holiday dipakai pada semua konteks hari libur dan liburan. Tidak ada pembedaan tertentu karena kata vacation tidak umum digunakan pada versi Bahasa Inggris British.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan kata holiday dan vacation dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan Wake, Waken, dan Awake
Perbedaan Very, Too, & Enough
Perbedaan “Dessert”, “Desert”, “Appetizer”, “Sweets”, dan “Pastry”
Perbedaan Penggunaan Suppose, Pretend, Imagine
Perbedaan ‘To’ vs ‘For ‘
Perbedaan: House dan Home
Vocabulary: Kosakata Liburan (Holidays)
Perbedaan Assure, Ensure, dan Insure
Perbedaan Penggunaan Moreover dan Furthermore
Perbedaan Miss, Lose dan Missing