sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Makna House dan Home serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Kamu pasti sering mendapati kata house dan home saat membaca teks-teks Bahasa Inggris, atau menonton film-filmnya. Kedua kata itu memang memiliki arti yang sama, yaitu sama-sama berartian “rumah” dalam Bahasa Indonesia. Namun makna dari kedua kata tersebut berbeda, dan penggunaannya pun bisa menjadi berbeda karena maknanya.

Untuk memahami makna kata House dan Home dalam Bahasa Inggris serta apa perbedaan keduanya, langsung saja simak pembahasan di bawah ini, ya!

Makna Kata House

House memiliki makna yang bersifat fisik, yaitu sebuah bangunan yang dinilai dan dilihat secara fisik. House merupakan bangunan rumah yang bisa berbentuk seperti apa saja, seperti rumah kompleks, rumah tingkat, apartemen, dan lain sebagainya. Intinya, House adalah bentuk fisik dari rumah yang memiliki struktur bangunan, ruangan, pintu, atap, dan unsur-unsur bangunan lainnya.

Sebagai bangunan atau benda berbentuk fisik, House biasanya dinilai dengan uang. Kata House digunakan saat membahas berapa harga sebuah rumah di suatu daerah. Atau juga digunakan untuk istilah-istilah bisnis seperti saat membahas proyek perumahan (housing), penginapan (guest house), dan lain sebagainya.

Makna Kata Home

Jika House adalah makna fisik, maka Home adalah makna rumah secara emosional dengan adanya keterikatan perasaan di dalamnya. Home merujuk pada tempat tinggal yang ditempati seseorang atau sebuah keluarga, dan bukan mengacu pada bangunannya sendiri. Home merupakan tempat yang dapat menjadi tempat pulang setelah pergi ke tempat lain.

Rumah dalam makna Home ini tidak harus berbentuk bangunan yang megah atau besar, bahkan tidak harus miliknya sendiri. Home bisa saja rumah orangtua, rumah nenek, atau bahkan rumah saudara yang ditinggali bersama. Home merupakan tempat yang dirasakan nyaman untuk ditinggali, berbeda dengan House. House yang merupakan bangunan fisik dapat menjadi Home ketika ditinggali oleh seseorang yang merasa nyaman tinggal di dalamnya.

Penggunaan Kata House

Seperti biasa, tak lengkap rasanya jika memahami kata House hanya dari penjelasannya saja. Untuk melengkapi pemahaman mengenai makna House, berikut adalah penggunaannya pada beberapa konteks Bahasa Inggris:

  • Rudi: Budi, I heard that you will buy a house in the cluster area near here. Is that true? (Budi, aku dengar kamu akan membeli sebuah rumah di kompleks perumahan dekat sini. Apakah itu benar?)

Budi: Yes, I’m buying a house there. The cluster area includes about 100 houses with a good price and tight security. Do you want to buy it too? (Ya, aku membeli sebuah rumah disana. Kompleks perumahan itu terdiri dari 100 rumah dengan harga yang bagus dan keamanan yang ketat. Apa kamu mau beli juga?)

Rudi: Well, I plan to buy a house this year. Maybe I will take a look that cluster area. (Yah, aku memang berencana untuk beli rumah tahun ini. Mungkin aku akan lihat-lihat kompleks perumahan itu.)

  • Shopie: You know, Manda moved to a new house last week. She can’t come to the class today because she is still busy tidy up her things. (Tahu nggak, Manda pindah ke rumah baru minggu kemarin. Dia nggak bisa datang ke kelas hari ini karena masih sibuk beres-beres barang-barangnya.)

Rini: Really? What kind of house that she need a week just to tidy up? (Beneran? Rumah seperti apa sampai dia butuh seminggu cuma untuk beres-beres?)

Shopie: I heard that it’s a big house with four rooms and large yard behind it. (Aku dengar sih itu rumah yang besar dengan empat kamar dan pekarangan luas di belakangnya.)

Penggunaan Kata Home

Tak hanya penggunaan kata House, kamu juga perlu memahami bagaimana penggunaan kata Home yang tepat agar sesuai dengan maknanya. Berikut adalah beberapa penggunaan kata Home yang bisa diterapkan dalam Bahasa Inggris:

  • Dania: Barbara, why do you look so gloomy these days? (Barbara, kenapa kamu kelihatan murung akhir-akhir ini?)

Barbara: I think I’m homesick, Dania. I really miss my home, my parents, and the food that my mother make. (Aku rasa aku kangen rumah, Dania. Aku benar-benar rindu rumahku, orangtuaku, dan makanan yang dibuat ibuku.)

Dania: Oh, I understand how you’re feeling. Don’t worry, we can go home in the semester break next week. (Oh, aku paham perasaan kamu. Jangan khawatir, kita bisa pulang pada liburan semester minggu depan.)

  • Bagas: Nia, I think I can’t go home this Eid. Our Boss told me that we have an important job until the day before Eid, and continue immediately the day after it. (Nia, aku rasa aku nggak bisa pulang lebaran ini. Bos kita bilang kalau kita punya pekerjaan penting sampai sehari sebelum lebaran, dan berlanjut lagi langsung sehari setelahnya.)

Nia: Oh, that’s a disaster. There is no better place than home on the Eid and spend the day with your family. You should go home even if it’s jus a day, Bagas. (Oh, itu bencana. Tidak ada tempat yang lebih baik selain rumah saat lebaran dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Kamu sebaiknya pulang meski cuma sehari, Bagas.)

Bagas: You’re right, Nia. Now I’m thinking to look for a flight so that I can go home and see my family on the Eid. (Kamu benar, Nia. Sekarang aku berpikir untuk mencari penerbangan agar aku bisa pulang dan bertemu keluargaku saat lebaran.)

Demikianlah pembahasan mengenai makna House dan Home serta penggunaannya yang tepat dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Anggota Keluarga (Perbedaan uncle, aunt, cousin, son, daughter, niece, nephew, dll)
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Perbedaan Penggunaan Little dan A Little dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan “That” vs “Which” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan: House dan Home
Perbedaan Their, They’re, dan There
Mengenal Makna Kata Therefore dan Penggunaannya
Perbedaan Kata Benda Plural vs Singular
Perbedaan Penggunaan Me, Myself dan I
Perbedaan Penggunaan Either vs Neither