sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris (Cover Letter)

Surat lamaran pekerjaan atau yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai job application letter/cover letter adalah dokumen yang dikirimkan bersama CV (Curriculum Vitae), resume, atau daftar riwayat hidup yang juga merangkum kompetensi yang dimiliki. Fungsi dari surat lamaran kerja atau cover letter ini adalah untuk memperkenalkan diri sekaligus menegaskan mengapa pelamar merasa pantas untuk menjabat posisi yang diincar.

Cover letter harus memuat informasi berupa posisi yang dilamar, alasan mengapa kita merasa sebagai kandidat yang kuat/tepat sehingga dapat meyakinkan pihak perusahaan untuk mempertimbangkan kita menuju tahap selanjutnya (interview/wawancara), dan yang terakhir kontak yang bisa dihubungi—apakah berupa alamat email atau nomor telepon.

Cover letter yang efektif adalah yang memuat alasan yang kuat mengapa kita tertarik di bidang yang dituju dan menyebutkan kecakapan atau kompetensi kita yang relevan dengan bidang tersebut.

Cover letter dapat dikirim melalui email maupun dicetak atau ditulis—bergantung pada persyaratan yang diajukan perusahaan terkait. Jika berupa email, pastikan untuk tidak lupa mengisi bagian ‘subject’ dengan detail seperti “job application” atau kode lainnya yang mungkin sudah disebutkan dalam informasi lowongan pekerjaan. Jika berbentuk surat biasa, sertakan tanggal penulisan di awal surat.

Adapun susunan dari isi sebuah cover letter dapat dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut:

  • Bagian pembuka, berisi salutation atau sapaan kepada pihak perusahaan/instansi yang bertanggung jawab atas proses rekruitmen
  • Perkenalan singkat, yang juga diikuti alasan mengapa pelamar mengirim cover letter tersebut (misal: untuk mengajukan diri sebagai kandidat posisi A, atau melamar untuk keperluan magang di divisi B)
  • Bagian pokok yang menceritakan tentang kualifikasi pelamar yang relevan dengan posisi yang diincar
  • Bagian penutup, berisi ucapan terima kasih kepada penerima surat, serta detail kontak yang bisa dihubungi setelah membuka peluang bagi pihak perusahaan untuk melakukan follow-up atau bila mereka membutuhkan informasi tambahan
  • Akhiri surat dengan tanda tangan dan nama lengkap

Catatan penting yang tidak boleh diabaikan, pastikan kita tidak melakukan kesalahan penulisan atau typo dalam surat yang ditulis; sebab itu menunjukkan bahwa kita kurang profesional. Selain itu, gunakan bahasa formal/baku serta pastikan tata bahasa (grammar) yang kita pakai sudah tepat.

Sebagai bahan referensi, selanjutnya simak langsung contoh isi cover letter atau surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris sesuai panduan di atas. Semoga bermanfaat!

Sample I

Dear Hiring Manager,

I am writing to apply for the open position of Content Writer. My colleague, Ms. Desi Wulandari, informed me about the job vacancy and willed to provide a letter of reference.

I have a bachelor’s degree in Communication Studies from Indonesia University and two years experience as a freelance content writer and copywriter. During my study, I was part of the administrators for the faculty’s social media accounts.

I specialize social issues, politics, and education which relate to your company needs and I believe I can help take the company web contents to the next level.

Thank you for your time and for considering me for the position. I have provided my Curriculum Vitae which includes the links to my portfolio. If you need any more information, please contact me by sending an email to lalisatr@gmail.com or reach me by phone at 08123456789.

Sincerely,

Lalisa Triana

(Kepada Manajer Perekrutan,

Saya menulis surat untuk melamar posisi Penulis Konten yang dibuka. Kolega saya, Ms. Desi Wulandari, menginformasikan saya tentang lowongan tersebut dan bersedia untuk memberikan surat rekomendasi.

Saya lulusan sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia dengan pengalaman dua tahun sebagai penulis lepas untuk konten dan periklanan. Selama masa pendidikan, saya menjadi bagian dari pengelola akun media sosial fakultas.

Spesialisasi saya di bidang isu sosial, politik dan pendidikan yang mana berkenaan dengan kebutuhan perusahaan Anda, dan saya yakin bisa membantu meningkatkan konten web perusahaan.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda untuk posisi tersebut. Saya menyediakan daftar riwayat hidup saya yang menyertakan tautan portfolio saya. Bila Anda perlu informasi lagi, mohon hubungi saya dengan mengirimkan email ke lalisatr@gmail.com atau telepon ke 08123456789.

Salam,

Lalisa Triana)

Sample II

Dear Mr. Alex,

I am writing to express my interest in the internship program with your startup company. I learned about the company by visiting the website, and I am up to bring my best to improve your social media marketing.

I am currently in my 5th semester majoring in Business Administration. I have big interest in digital marketing and analytics background. I reviewed your social media accounts and I figured out what to do to increase the engagements.

I found your startup very potential, and I am here to offer my competencies in order to help make your company bigger, especially in getting more customers and followers.

I would like to have the opportunity to discuss about my planning with you. I have attached my resume as required, and please let me know if you need further details. You can reach me by phone at 08567891011 or by email at adityardi@gmail.com.

Thank you for your consideration.

Sincerely,

Aditya Ardi

(Kepada Mr. Alex,

Saya menulis surat ini untuk menyatakan ketertarikan saya dalam program pelatihan bersama perusahaan rintisan Anda. Saya sudah mempelajari tentang perusahaan dengan mengunjungi situsnya, dan saya siap untuk melakukan yang terbaik guna meningkatkan pemasaran media sosial Anda.

Saya sedang kuliah semester 5 jurusan Administrasi Bisnis. Saya memiliki minat besar di bidang pemasaran digital dan juga latar belakang analitik. Saya meninjau akun sosial media Anda dan saya menemukan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan relasi dengan pengguna.

Saya melihat perusahaan rintisan Anda amat potensial, dan saya menawarkan kompetensi saya untuk membantu membesarkan perusahaan Anda; khususnya dalam menggaet lebih banyak pelanggan dan pengikut.

Saya bersedia untuk mendapat kesempatan berdikusi dengan Anda tentang perencanaan saya. Saya sudah melampirkan rangkuman diri saya sesuai syarat, dan silakan beritahu apabila Anda membutuhkan detail lebih lanjut. Anda bisa hubungi saya melalui telepon di 08567891011 atau melalui email di adityardi@gmail.com.

Terima kasih atas pertimbangan Anda.

Salam,

Aditya Ardi)

 

Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Quotes Bahasa Inggris untuk Pacar
Cara Membuat Kalimat tentang Keharusan (Necessity) dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Membuat Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat tentang Kemampuan (Ability) dalam Bahasa Inggris
Cara Membuat Kalimat Meminta Izin (Permission) dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Contoh Email untuk Teman yang Sudah Pindah
Cara Menulis Laporan (Report Text)