sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Meminjam Uang Dengan Sopan

Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami yang namanya masalah finansial sehingga memaksanya untuk berhutang kepada orang lain sehingga bisa memenuhi kebutuhannya. Jika anda saat ini sedang berada pada kondisi seperti itu dan mungkin anda ingin untuk berhutang kepada teman atau mungkin keluarga anda, namun anda merasa tidak enak dan tidak tahu harus berkata apa dan bagaimana kepada mereka maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda semua mengenai how to ask someone politely for borrowing money? Atau bagaimana cara meminjam uang dengan sopan kepada orang lain. Berikut ini adalah beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk bisa meminjam uang dengan sopan.

Choose the moment (memilih moment yang tepat)

Ketika anda ingin menyampaikan maksud anda untuk meminjam uang maka anda bisa berhati-hati. Mungkin sebelum anda ingin memastikan untuk meminjam uang kepada orang lain, maka pastikan bahwa anda meminta ijinnya terlebih dulu. Jika mungkin anda bingung harus mengatakan seperti apa, maka anda bisa mencoba untuk mengatakan hal seperti “I need to talk with you about something. When is a good time to do that?” atau yang memiliki arti aku butuh berbicara denganmu mengenai sesuatu. Apakah ada waktu yang tepat untuk melakukan itu?

Dengan begitu maka anda tahu kapan anda bisa berbicara dengan mereka secara pribadi untuk mengutarakan keinginan anda untuk meminjam uang kepada mereka. Karena ketika anda ingin meminjam uang kepada orang lain maka anda harus meminjamnya dengan sopan bukan?

Bayangkan saja misalnya anda saat itu sedang jalan-jalan bersama teman anda dan itu kondisinya cukup ramai, kemudian tiba-tiba saja anda mengatakan suatu hal kepada mereka seperti. “Hi Sany, could I borrow some money?” atau yang memiliki arti Hai Sandy, bisakah anda meminnjam sejumlah uang? Kalimat yang diucapkan di atas memang sopan namu situasinya sangat tidak tepat karena hal seperti itu malah bisa membuat anda jadi malu dan mungkin suasana akan emnajdi canggung kemudian.

So, jika anda memang menginginkan untuk meminjam uang kepada teman atau rekan anda, maka kami menyarankan supaya anda memikirkan moment yang pas. Anda bisa meminjam uang kepada teman atau kerabat anda setelah meminta ijin kepada mereka untuk berbicara secara pribadi. Dengan begitu anda akan terlihat lebih baik dan sopan ketika ingin meminjam uang kepada mereka.

Make sure you have a strong reason (Pastikan anda punya alasan yang kuat)

Bagaimana meminjam uang yang selanjutnya? Anda tentu saja harus memiliki alasan yang kuat dan juga alasan yang logis ketika anda ingin meminjam uang kepada rekan atau kerabat anda. Buatlah alasan yang memang jujur dan tidak dibuat-buat sehingga orang lain tahu bahwa memang anda benar-benar membutuhkan uang. Selain itu hal ini berguna supaya ketika anda mengembalikan uang tersebut maka tidak menimbulkan masalah. Hal seperti ini bisa juga membantu anda untuk mendisplinkan ketika anda mengembalikan uang yang telah anda pinjam, sehingga juga tidak ada permasalahan di kemudian hari.

Jika mungkin anda masih bingung bagaimana mengatakannya dalam Bahasa Inggris, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh kalimat ketika anda memberikan alasan yang kuat ketika ingin berhutang kepada orang lain. Simak contoh lengkapnya sehingga anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Hi Kenzo, could you help me? My son is sick, since Yesterday he had a fever. I’ve to take him to the hospital but I’m kind a broke for now. I promise to return it as soon as possible (Hi Kenzo, bisakah kamu membantuku? Anak lelakiku sedang sakit, sejak kemarin dia mengalami demam. Aku harus membawanya ke rumah sakit, namun sekarang ini aku sedang kekurangan. Aku berjanji akan mengembalikannya secepatnya)
  • Clara, do you have a little time to talk? I have something to talk to you about. So, right now I am having little problem, I have to pay mu tuition fees but I don’t have the money bcause it has been used to pay my sister’s school fees. I promise I will return it as soon as I get the payday (Clara, apakah kamu memiliki sedikit waktu untuk berbicara? Ada yang ingin kubicarakan denganmu. Jadi saat ini aku sedang mengalami masalah, aku harus membayar uang kuliahku namun aku tidak memiliki uang karena sudah digunakan untuk membayar uang sekolah adikku. Aku berjanji akan segera mengembalikan setelah mendapatkan uang gajian)
  • Hi angel, can you help me right now? Actually I am a little uncomfortable having to say this to you but now I am kind a broke. I need some money for my business. Can you borrow me some money? I promise to return itu as soon as possible (Hai angel, bisakah kamu membantuku sekarang ini? Sebenarnya aku sedikit tidak enak harus mengatakan ini kepadamu namun saat ini aku sedang mengalami kekurangan, aku membutuhkan sejumlah uang untuk modal bisnisku. Apakah kamu bisa meminjamiku sejumlah uang? Aku berjanji akan mengembalikannya secepatnya)

Don’t push (Jangan memaksa)

Aturan yang harus anda pahami ketika anda ingin meminjam uang dari orang lain adalah jangan pernah memaksa mereka. Mungkin memang benar bahwa anda sangat membutuhkan uang itu namun jangan sampai anda memaksanya orang itu supaya meminjamkan anda uang mereka. Karena bisa jadi posisi orang yang ingin kita pinjami uang itu ternyata juga tidak baik.

Ketika anda memutuskan untuk meminjam uang kepada orang lain maka jangan memaksa anda dan anda juga harus bersiap dengan kata no.  Kali ini kami akan memberikan beberapa informasi yang kepada anda mengenai beberapa contoh kalimat yang bisa anda ucapkan kepada orang lain supaya tidak terlihat memaksa. Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya untuk anda:

  • Maybe I need money but you don’t have to lend it to me if you have other interests. Thank you (Mungkin aku memang membutuhkan uang namun kamu tidak harus meminjamkannya kepadaku jika memang kamu memiliki kepentingan lain. Terima kasih)
  • Sonia, I feel truly bad asking you this, but my situation right now going bad. I hope this situation will get better soon and I get new job so I can pay you back. You must know I totally understand, if you can’t help me for any reason. Thank you (Sonia, aku merasa sangat tidak enak untuk bertanya ini, namun situasiku sekarang ini menjadi buruk. Aku harap situasiku segera menjaid baik dan aku mendapatkan pekerjaan baru sehingga aku bisa membayarmu kembali. Kamu harus tahu bahwa aku sangat mengerti jika kamu tidak bisa membantuku karena apapun alasannya)

Contoh dialog dalam Bahasa Inggris

Tadi kita sudah memberikan beberapa tips kepada anda yang mungkin ingin meminjam uang kepada orang lain. Jika mungkin ingin meminjam uang kepada orang lain namun anda masih bingung harus seperti apa, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai contoh dialog menggunakan Bahasa Inggris sehingga anda bisa meminjam uang kepada orang lain dengan sopan. Simak ulasan pentingnya di bawah ini:

A : Hi, bro why do you look so sad today? (Hi bro, kenapa kamu terlihat sedih hari ini?)

B : I’m okay (Aku baik-baik saja)

A : Your eyes tell bro, if you have a problem you can tell me. Maybe I can help you? (Matamu memberitahu bro, jika kamu memiliki masalah maka kamu bisa menceritakanya kepadaku. Mungkin aku bisa membantumu?)

B : So, I actually need the money to pay my mother’s hosptila fees. But I didn’t earn the salary today. I feel truly bad asking you this bro, but my situation now going bad. Could you help me to borrow me some money? I hope my situation will get better soon and I get my salary so I can pay you back (Jadi, sebenarnya aku membutuhkan uang untuk membayar biaya rumah sakit ibuku. Namun aku belum mendapatkan gaji hingga hari ini. Aku sangat merasa tidak enak untuk bertanya ini , namun situasiku sekarang ini menjadi buruk. Aku harap situasiku segera menjaid baik dan aku mendapatkan gaji sehingga aku bisa membayarmu kembali)

B : I can help you bro, I can lend you money and I hope your mother get well soon (Aku bisa membantumu teman, aku bisa meminjamimu uang dan aku harap ibumu lekas sembuh)

A : Thanks a lot bro! (Terima kasih banyak teman)

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami katakan kepada anda semua mengenai how to ask someone politely for borrowing money? Atau bagaimana cara meminjam uang dengan sopan kepada orang lain. Sekarang anda tahu kan bagaimana cara meminjam uang dengan sopan kepada orang lain? Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda semuanya ya!

 

Menyatakan Tidak Setuju dengan Sopan (Disagree Politely)
Bagaimana Cara Membuat Kalimat yang Sopan dalam Bahasa Inggris?
Menyatakan Tidak Setuju dengan Sopan (How To Say Disagree Politely)
Meminta Donasi Kepada Seseorang dengan Sopan dan Ramah
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris
Cara Meminjam Uang (Borrowing Money) dalam Bahasa Inggris
Cara Membaca atau Menulis Uang dan Nominal
Berkata ‘Saya Tidak Suka’ Dengan Sopan (How To Say You Don’t Like Something Politely)
Menulis Pembukaan Surat dengan Sopan dalam Bahasa Inggris (How to Start a Polite Letter in English)
Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Uang