sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Rumus Mendeskripsikan Film dalam Bahasa Indonesia

Buat kamu yang movie mania alias hobi nonton film, tentu tidak mungkin melewatkan momen film baru yang ada di bioskop dong? Apa sih genre film favorit kamu? Apapun itu, biasanya seorang movie mania pasti jadi orang yang ulasannya paling ditunggu-tunggu.

Apalagi sekarang di era digital yang serba cepat, mengulas film tak harus lagi lewat situs resmi atau blog. Bahkan dari akun Instagram pun bisa mengulas film dengan cepat lewat fitur Instagram Story. Nah, bagaimana dengan review atau mendeskripsikan film dalam bahasa Inggris, ya?

Apa saja elemen yang perlu disampaikan dalam deskripsi film tersebut? Apalagi, kamu harus tahu bagaimana mendeskripsikan film tanpa membocorkan alur ceritanya atau spoiler. Wah, kalau sampai spoiler, bisa-bisa dimusuhi banyak orang! Hahaha…

Itu sebabnya, artikel kali ini akan mengajak kamu sama-sama belajar tentang bagaimana rumus mendeskripsikan sebuah film. Ternyata ada rumus dan urutannya agar ulasan yang kamu berikan bisa mudah dipahami orang lain dan tidak lompat-lompat. Apalagi dari sebuah film dengan durasi panjang, tentu ada banyak informasi yang ingin kamu sampaikan saat mendeskripsikannya, kan?

Tenang… yuk langsung saja kita simak bagaimana rumus untuk mendeskripsikan sebuah film di bawah ini. 

1. What Film Did You See?

Aturan pertama yang ada dalam rumus mendeskripsikan film adalah apa yang kamu tonton. Di bagian ini, kamu perlu memperkenalkan judul asli dan lengkap dari film yang kamu tonton. Jika formatnya adalah sekuel atau lanjutan dari episode sebelumnya, juga sertakan dalam bagian ini ya!

2. Introduction

Memasuki bagian berikutnya, kamu bisa memaparkan latar belakang dari film yang ditonton. Berikan keterangan lengkap dengan 5W1H yaitu Who, When, Where, With, Why, dan How. Dari bagian ini saja, sudah tergambar dengan jelas bagaimana gambaran besar dari film yang kamu ulas.

3. Genre, Director, Nationality, Runtime, Release Time, Production Company, Type of Audience

Setelah menjelaskan secara garis besar tentang film di bagian kedua, bagian ketiga adalah hal-hal detil yang terlepas dari alur cerita. Pertama, genre memang biasanya terlihat dari judul dan latar belakang cerita, namun tetap perlu disebutkan.

Selain itu, nama sutradara dan penulis naskah juga biasanya menjadi pertimbangan tersendiri. Terutama, jika mereka punya rekam jejak film yang memukau sebelumnya. Dari mana asal film tersebut juga menarik, terutama bila film asing. Kemudian, lengkapi dengan durasi dan kapan film ini akan dirilis.

Terakhir, berikan juga keterangan perusahaan yang memproduksi film ini sebagai pertimbangan integritas karya-karyanya. Hal yang juga tak kalah penting adalah menjelaskan tipe penonton film tersebut, apakah G, PG, PG-13, R, atau NC-17 dan masih banyak lagi.

4. Trilogy/ Sequel/ Saga/ Remake, True Story, Based on a Book

Belakangan ini semakin banyak film yang diangkat dari kisah nyata atau dari sebuah novel yang laris. Sebut saja film Harry Potter dari bukunya yang sangat laris. Di bagian keempat, hal semacam inilah yang perlu kamu paparkan. Berikan penjelasan juga apakah ini film trilogi, sekuel, saga, atau remake.

5. Language, Dubbing, Soundtrack

Meskipun tak terlihat secara kasat mata, namun dukungan bahasa, pengisi suara, hingga lagu soundtrack sebuah film juga memegang peran penting dalam sebuah film. Bahkan, hal-hal ini bisa membantu membangun mood orang yang menonton.

6. Where Was It Set?

Mungkin bagi banyak orang, di mana proses syuting juga menjadi hal yang menarik untuk diketahui. Apakah dilakukan di tempat yang sesungguhnya atau imaginary dan menggunakan green screen. Jika review kamu mengandung hal ini, maka akan semakin informatif.

7. What Was It About?

Berbeda dengan bagian nomor dua yang membahas tentang latar belakang film, di bagian ketujuh kamu memberikan sinopsis alur cerita dengan singkat. Ingat, jangan buka bagian yang benar-benar menjadi plot twist ya!

8. Who Was in the Cast?

Nah, faktor nomor delapan ini juga kerap menjadi hal yang membuat orang tertarik untuk menonton sebuah film. Bahkan bisa dibilang, para pemerannya menjadi daya tarik utama untuk mau meluangkan waktu menonton hingga habis.

Paparkan siapa pemeran utama, pemeran pendukung, atau stunts dalam film. Bukan hanya menyebutkan itu, tapi jelaskan pula bagaimana mereka berakting dalam film tersebut.

9. Special Effects

Rumus yang satu ini akan sangat menarik terutama dalam film-film berbau fantasia tau sci-fi. Gambarkan hal yang paling menonjol terkait dengan special effect seperti makeup, tatanan rambut, kostum, atau pemandangan yang menakjubkan.

10. Awards, Critics, Box Office

Sejak dulu hingga kini, hal yang menjadi tolak ukur sukses tidaknya sebuah film adalah penghargaan dan peringkat box office yang diterimanya. Bahkan jika dalam pekan pertama rilisnya sudah menembus tangga teratas box office, hal ini bisa membuat orang tertarik untuk ikut menonton.

Untuk itu, sampaikan dalam deskripsi film kamu seberapa tinggi peringkatnya dalam tangga box office. Hal yang juga menarik adalah kritik dan rating dari penonton atau para kritikus film.

11. Give Your Opinion

Di bagian ini kamu bisa memberikan opini sebebas-bebasnya sebagai seorang penikmat film. Paparkan hal yang kuat dan lemah dari film ini. Ambil apa yang paling mencuri perhatian dari seluruh tayangan selama hampir dua jam. Tak lupa, berikan kesimpulan apakah kamu merekomendasikan film ini untuk ditonton atau tidak.

12. Extra

Jangan salah, hal-hal ekstra dari film seperti trailer, soundtrack, poster film, atau cuplikan scene yang mencuri perhatian juga bisa menjadi pelengkap deskripsi dan ulasan film yang kamu buat. Agar tidak terkesan monoton dan membosankan, selipkan video trailer atau foto cuplikan adegan untuk membuat orang semakin terbayang tentang film yang kamu ceritakan.

Nah, bagaimana? Apakah cara kamu mengulas film selama ini sudah sesuai dengan formula di atas? Jika belum, ayo coba membuat review dari film terbaru yang kamu tonton dan lakukan dengan runtut seperti rumus di atas.

Dengan demikian, semoga kamu bisa menghasilkan narasi yang runtut, jelas, dan membuat orang menanti ulasan film berikutnya darimu! Selamat mencoba!

 

Formula Mendeskripsikan Film (Film Review)
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Seekor Binatang dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Memberi Opini tentang Film yang Baru Ditonton (Giving Opinion)
Rumus Mendeskripsikan Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Sebuah Foto dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Singkat Mengenai Film Indonesia dalam Bahasa Inggris
Mendeskripsikan Bentuk dan Ukuran dalam Lisan & Tulisan
Formula Menuliskan Keterangan Personal dalam Bahasa Inggris


 
Rumus Mendeskripsikan Film dalam Bahasa Indonesia
Rumus Mendeskripsikan Penampilan Orang dalam Bahasa Inggris
Rumus Mendeskripsikan Sebuah Foto dalam Bahasa Inggris
Rumus Mendeskripsikan Grafik dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Diri Sendiri ke Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Who dan Whom
Phrasal Verb Menyuruh dalam Bahasa Inggris
Berhitung / Counting In English