sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Descriptive Text: Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris

Teks deskriptif atau descriptive text adalah teks yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan sesuatu secara gamblang dan detail. Pada pelajaran kali ini, kita akan membahas tentang teks deskriptif yang berhubungan dengan manusia atau cara mendeskripsikan orang. Dalam konteks ini, yang masuk ke dalam rangkaian deskripsi mencakup kondisi fisik atau karakteristik seseorang.

Struktur yang digunakan dalam teks deskriptif ini terdiri atas identifikasi (pengenalan) dan deskripsi (penjelasan rinci). Umumnya, tes deskriptif ditulis dengan menggunakan simpe present tense; kecuali jika yang dijelaskan adalah kondisi seseorang di masa lalu.

Dalam mendeskripsikan seseorang, kita perlu mengenal tiga aspek penting yang akan dibutuhkan; yakni adjectives, descriptive words/phrases, dan personality/characteristics.

Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Adjectives

Adjective atau kata sifat adalah kata-kata yang menggambarkan atau memodifikasi seseorang /benda/tempat/konsep dalam sebuah kalimat. Adjective dapat berlaku sebagai predikat, bisa juga untuk menjelaskan kata benda yang berhubungan dengan orang. Untuk keperluan descriptive text tentang seseorang, contohnya adalah sebagai berikut:

Maria is smart and beautiful (Maria pintar dan cantik)
Her parents are older than mine (Orangtuanya lebih tua dari orangtuaku)
Amber has long, curly hair (Amber memiliki rambut keriting yang panjang)
John is a long-legged guy (John adalah laki-laki berkaki panjang)

2. Descriptive words & phrases

Selanjutnya, kita perlu mengenal descriptive words atau kata deskriptif untuk menjelaskan tentang seseorang. Descriptive words juga bisa berupa adjective atau kata sifat. Berikut ini adalah beberapa contoh descriptive words/phrases yang berhubungan tentang ciri fisik seseorang.

Complexion

(warna kulit)

light (putih)

fair (cerah)

tan (kecoklatan)

dark (gelap)

Height

(tinggi badan)

tall (tinggi)

short (pendek)

of medium height (sedang)

Age

(usia)

old (tua)

young (muda)

middle-aged (paruh baya)

elderly (tua, usia lanjut)

Build/Figure

(bentuk tubuh)

small (kecil)

big (besar)

skinny (kurus)

slim (ramping)

fat (gemuk)

stocky (kekar)

muscular (berotot)

Looks

(penampilan)

beautiful, pretty (cantik)

cute (imut, manis)

attractive (menarik)

cool (keren)

ugly (jelek)

3. Personality/characteristics

Dalam mendeskripsikan seseorang, seringkali kita juga menggambarkan kepribadian atau karakteristiknya. Tiap-tiap orang memiliki ragam sifat yang tidak hanya positif namun juga ada yang negatif.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kepribadian/karakteristik seseorang dari yang baik serta yang buruk.

Good personal qualities Bad personal qualities
polite (sopan) selfish (egois)
honest (jujur) arrogant (sombong, angkuh)
optimistic (optimis) careless (ceroboh)
generous (murah hati, dermawan) short tempered (pemarah)
diligent (rajin) greedy (tamak, serakah)
confident (percaya diri) stingy (pelit)
trustworthy (dapat dipercaya) irresponsible (tidak bertanggung jawab)

Selain tiga aspek di atas, kita juga dapat melakukan elaborasi dalam teks deskriptif yang dibuat untuk memperjelas klaim/deskripsi yang dipilih tentang orang yang dijelaskan. Keterangan tamabahan yang dapat dicantumkan dapat berupa bukti, kebiasaan, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan pribadi orang tersebut.

Selanjutnya, mari simak beberapa contoh descriptive text di bawah ini yang membahas tentang person/seseorang.

  • I have a close friend named Olive. She is really smart. She always gets good grades. She is also kind and warm, that is why she has a lot of friends—especially because she is very helpful. She is still young, but she is really mature. She can give you great advice. She has fair skin and slim figure, also pretty face. You can say she is a kind of girl who is beautiful inside and outside. (Saya memiliki teman dekat bernama Olive. Dia sangat pintar. Dia selalu mendapat nilai yang baik. Dia juga baik hati dan ramah, sebab itu dia punya banyak teman—khususnya karena ia suka menolong. Dia masih muda, namun dia sangat dewasa. Dia bisa memberi nasihat yang hebat. Dia memiliki warna kulit cerah dan tubuh yang ramping, serta wajah yang cantik. Dapat dikatakan dia adalah contoh perempuan yang cantik luar dalam)
  • John is my boyfriend. He is tall, skinny, and has tan skin. He is actually clever, but he doesn’t really like reading books. He loves sports, particularly soccer, and that keeps him fit. Good thing about him is that he is very humble when it comes to learning. He never underestimates anyone who is talking or giving lessons in class. He can be selfish and a little bit childish, but at some point he would be very caring and wise. (John adalah pacar saya. Dia tinggi, kurus, dan berkulit kecoklatan. Dia sebenarnya pandai, tapi dia tidak begitu senang membaca buku. Dia sangat suka olahraga, terutama olahraga, dan itu menjaga tubuhnya tetap sehat. Hal baik tentang dirinya adalah dia amat rendah hati ketika sedang belajar. Dia tidak pernah meremehkan siapapun yang berbicara atau menyampaikan pelajaran di kelas. Dia bisa jadi orang yang egois dan agak kekanakan, namun dalam beberapa kasus dia bisa sangat perhatian dan bijak)
  • My neighbor has a daughter named Cassie. For a 3 years old kid, she is talkative and nosy—but in adorable way. She is a cute, chubby brown haired little girl. At her very young age, she is super caring and loving. She always asks people how they’re doing and gives much attention to her baby brother. She also loves it when people takes her photos. (Tetanggaku punya anak perempuan bernama Cassie. Untuk anak berusia 3 tahun, dia cerewet dan usil—namun menggemaskan. Dia adalah gadis kecil berambut cokelat yang imut dan gemuk. Di usianya yang masih sangat muda, dia sangat perhatian dan penyayang. Dia selalu menanyakan kabar orang lain dan amat perhatian pada adik bayinya. Dia juga senang difoto)

 

Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Rumus Mendeskripsikan Sebuah Foto dalam Bahasa Inggris
Formula Menuliskan Keterangan Personal dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Seekor Binatang dalam Bahasa Inggris
Percakapan Singkat Mendeskripsikan Komputer di Tempat Kerja dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Maaf Kepada Seseorang di Jalan
Formula Mendeskripsikan Sebuah Tren dalam Grafik Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Orang (Descriptioning Person)
10 Contoh Descriptive Text dalam Bahasa Inggris


 
Descriptive Text: Mendeskripsikan Seseorang dalam Bahasa Inggris
Contoh Pengumuman (Announcement) di Tempat Umum dalam Bahasa Inggris
Rumus Mendeskripsikan Film dalam Bahasa Indonesia
Rumus Mendeskripsikan Penampilan Orang dalam Bahasa Inggris
Rumus Mendeskripsikan Anggota Keluarga dalam Bahasa Inggris
Rumus Mendeskripsikan Grafik dalam Bahasa Inggris
Cara Memperkenalkan Diri Sendiri ke Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Keluarga dalam Bahasa Inggris
Formula Mendeskripsikan Film (Film Review)
Perbedaan Who dan Whom