sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menolak Tawaran Multi Level Marketing (MLM)

Menolak sesuatu atau dalam Bahasa Inggris Refusing something terbagi dari Refusing with politelness or Refusing bluntly. Menolak sesuatu layaknya dilakukan dengan sopan. Selain untuk menjaga situasi tidak menjadi kaku bisa juga untuk menghargai pihak yang menawarkan.

Menolak undangan makan malam, ajakan menonton konser atau menemani teman ke mall dapat disertai dengan alasan. Hal ini yang biasanya terjadi dalam percakapan untuk menolak sesuatu. Ada saja situasi dimana pengajak akan mengabaikan alasan Anda dan terus-menerus menawarkan solusi hingga sulit untuk menolak undangan. Salah satu situasi tersebut adalah Multi Level Marketing.

What is Multi Level Marketing atau MLM?

Cara jualan dimana seseorang tidak mendapat gaji, tunjangan atau bonus. Hanya komisi dari mengajak orang lain untuk mengajak lebih banyak orang lain untuk berjualan. Walau tidak ada usaha yang benar-benar mengklaim cara marketingnya adalah MLM namun faktanya ada banyak bisnis yang ternyata MLM.

Bagaimana marketing ini berjalan? Yang paling umum adalah mengadakan acara atau mengisi acara seperti arisan, pengajian dan sejenisnya. Tentu lebih mudah menolak tawaran tersebut dengan cara tidak menghadirinya. Namun kini MLM lebih personal dan lebih sukar untuk mengatakan “tidak”.

Politely Say No to Acquaintance Offering MLM

Anda pernah dihubungi oleh teman waktu SMP atau teman lama yang sudah lama tidak ada kabar? Mungkin menyenangkan untuk menjalin silaturahmi, namun perlu diwaspadai bisa jadi mereka menawarkan Anda bisnis MLM yang sedang diikutinya.

Untuk kenalan yang tidak Anda temui dalam kehidupan sehari-hari tentu lebih mudah untuk mengatakan tidak. Anda bisa lebih tegas dan tidak akan sungkan dimasa yang akan datang. Toh, mereka bukan seseorang yang Anda temui saat kerja, papasan lingkungan rumah atau pertemua keluarga.

  1. Tanpa Alasan

Menolak sesuatu sebaiknya disertai dengan alasan, untuk undangan melakukan MLM, hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Langsung katakan bahwa Anda tidak berminat tanpa alasan atau harus mengada-ada sebuah alasan. Karena pelaku MLM sudah terlatih menjawab semua alasan dengan jawaban yang sulit ditolak.

    • No, thank I’m not interested(tidak terima kasih, saya tidak berminat)
    • Sorry, I dont like these things (maaf, saya tidak suka hal-hal seperti ini)
    • I dont want to do this type of business (saya tidak ingin melakukan usaha seperti ini)
    • Sorry, I am not interested and it will not change my mind (maaf, saya tidak tertarik dan tidak akan pernah tertarik)
    • I am very sorry but I am not the person to do this (saya minta maaf tapi saya bukan orang yang tepat untuk melakukannya.

Katakan tidak sejak awal mengatakan tidak maka akan makin sulit untuk berkilah dilain waktu. Anda juga bisa diundang ke acara seminar dimana tiap MLM berkumpul untuk membawa calon pelaku MLM lain untuk diyakinkan.

  1. Berikan Pujian

Cairkan suasana karena Anda sudah memberikan penolakan. Namun bila pelaku MLM yang gigih tentu tidak mudah untuk menyerah. Coba untuk memberikan pujian dan kata positif agar suasana tidak berubah menjadi canggung.

    • It is great that you have found a business for you. It is just not something that I am interested in. (suatu hal yang bagus Anda menemukan bisnis yang cocok. Sayangnya ini bukan suatu hal yang saya minati)
    • I am happy for what you are doing right now. I am just not interested as simple as that. (saya ikut senang Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai. Sayangnya saya sama sekali tidak berminat sesederhana itu saja)
    • Good luck with your business. Thank you for offering me to join, but i am simple not into it (selamat dengan businenya. Terima kasih sudah menawari saya untuk bergabung. Tapi saya sama sekali tidak berminat)
    • Well good for you. It is amazing that you can talk about something that you love. Yet, this is not for me. I hope you understand (bagus sekali untuk Anda. Sayat menyenangkan untuk melihat Anda berbicara tentang sesuatu yang Anda sukai. Tapi ini bukan untuk saya. Saya harap Anda dapat mengerti)

Berikan kata dukungan dan pujian untuk kenalan Anda yang berhasil memulai usaha MLMnya. Sebutkan juga Apa yang menarik minat Anda dan pertahankan penolakan terhadap undangannya bergabung MLM.

  1. Tidak Tetap Tidak

Tidak mudah menolak tawaran Multi Level Marketing. Bila semua alasan sudah diutarakan, maka lakukan pernyataan terakhir dan tetap berpegang teguh dengan pendirian Anda. Tetap berlaku sopan dan tegas, sudahi percakapan tetang MLM dan alihkan pembicaraan. Gunakaan candaan bila memungkinkan

    • Are we going to talk about MLM all night or can we talk about something else? (apakah kita akan berbicara tentang MLM semalaman atau bisakah kita bicara tentang hal lain?)
    • Enough about business tell me about your family (mari kita sudahi percakapan tentang MLM, bagaimana dengan keluargamu?)
    • Can we share other stories not about business? (bisakah kita berbagi cerita selain dari bisnis?)
    • I miss you so much. Can we catch up and put aside about MLM thing? (saya sangat kangen dengan dirimu. Bisakah kita saling bertukar kabar dan melupakan sejenak tentang MLM?)
    • Lets not talk about MLM again shall we. I already understand. If I am interested, I will call you (kita jangan bicara lagi tentang MLM, bisakah? Saya sudah paham dan kalau saya berminat maka saya akan menelponmu)
    • I’m going to go home if you mention another word about MLM (saya akan pulang kalau Anda membahas MLM lagi)

Refusing politely to multi level marketing bisa sangat menantang. Oleh karena itu katakan dari awal bila Anda tidak berminat dan tetap bertahan dengan pernyataan tersebut.

Politely Say No to Close Friends Offering MLM

Bila anggota keluarga atau sahabat dekat yang menawarkan MLM, ini lain ceritanya. Selain menolak secara sopan, perlu dipertimbangkan bagaimana hubungan kalian di masa yang akan datang. Saat berpapasan di ruang kantor atau acara kumpul keluarga, apakah akan kikuk atau bisakah Anda terbebas dari penawaran terus-menerus.

Anda tidak perlu janjian bertemu atau menyamakan jadwal. Anda bertemu hampir tiap hari dan ada kemungkinan besar teman dekat Anda ini akan berpromosi terus-menerus. Bagaimana menghindarinya?

  1. Tegas

Nyatakan dengan sangat tegas bagaimana pendapat Anda dari awal. Bila berdalih atau cari-cari alasan hanya akan membuat situasi tidak menyenangkan lebih lama. Ingat mereka akan Anda temui hampir tiap hari, jadi hindari rasa bersalah atau tidak enak.

    • This sounds like MLM, I have to say no (kedengarannya seperti MLM, saya harus menolaknya)
    • I afraid I dont do MLM (sayangnya saya tidak tertarik dengan MLM)
    • If you want me to join, then the answer is no (kalau Anda ingin saya bergabung, maka jawabannya adalah tidak)
    • We are friends. So i should be able to say this easily. I am not interested (kita adalah teman. Saya seharusnya bisa mengatakan hal ini dengan mudah. Saya tidak berminat)
    • You have your MLM, mother. I have my own thing (ibu punya MLM dan saya punya hal lain)
    • Lets just agree that MLM is not something that interest me (mari sepakat untuk satu kesimpulan kalau MLM bukan untuk saya)
  1. Mengalihkan Pembicaraan

Suasana akan menjadi kikuk dan hal ini tidak dapat dihindari. Singkapi dengan membicarakan hal yang lain. Bicarakan hal lain yang sama pentingnya dengan bisnis MLM yang ditawarkan.

    • How was your family back home? (bagaimana kabar keluarga dirumah?)
    • So, lets talk about the next project from your department (Jadi bagaimana kalau kita bicara tentang projek terbaru dari departmenmu)
    • Lets not talk about business. Talk about something else (jangan bicara tentang bisnis. Bicarakan tentang hal lain)
    • Great with your business but what about your plan for this winter? (bagus sekali dengan usahamu tapi bagaimana tentang rencanamu musim dingin ini?)

Contoh dalam Percakapan

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat contoh percakapan berikut tentang kenalan lama yang menghubungi dan menawarkan Multi Level Marketing.

A : Hi, Betty great seeing you again (Hai Betty senang bertemu denganmu)

B : It has been awhile Anne, so tell me what have you been doing since high school? (sudah lama ya Anne. Jadi cerita apa saja yang kamu lakukan sejak SMA?)

A : Well I study in Harvard and now I am working for a large company here in New York. What about you? (Ya, saya belajar di Harvard dan sekarang bekerja di perusahaan besar di New York)

B : I finished my degree in Yale university then get merried and have one baby girl (saya berkuliah di Yale dan menikah serta punya satu anak perempuan)

A : So, do you work? (jadi apakah kamu kerja?)

B : I am interested in wellness right now. I use this products and it been wonderful. In fact that is why I ask you to meet me today (saya sedang mendalami bidang kesehatan sekarang. Saya menggunakan produk yang bagus dan sangat efektif. Bahkan maksud saya bertemu hari ini adalah untuk membahasnya denganmu)

A : Oh. I just jog once in two days and try to eat right (Oh. Saya Cuma jogging sekali dalam dua hari dan coba untuk makan makanan sehat)

B : I am using this product and it can also bring you money in a side. You work in a big company. You can introduce this to your friends too (saya menggunakan produk ini dan bahkan bisa mendatangkan penghasilan juga. Kamu bekerja di perusahaan besar, kamu bisa mengenalkannya juga pada temanmu)

A : I am sorry. I am not interested. I am happy for you that the business works for you though (maaf, saya tidak berminat. Saya senang bisnis ini cocok denganmu)

B : try these samples first. This vitamins are great for working people. (coba sampel ini dulu. Vitamin ini sangat cocok untuk orang pekerja)

A : I am just not interested. You should save the samples for people that really interested in it. Can we talk about something else?. (saya tidak berminat. Kamu harusnya menyimpan sampelnya untuk orang yang benar-benar tertarik)

Demikianlah bagaimana caranya menolak undangan MLM secara sopan. Baik menolak kenalan atau anggota keluarga sendiri, ada cara-cara dan ekspresi yang dapat dipakai untuk menghindari pembicaraan tentang MLM baik dengan menolak secara halus atau merubah arah pembicaraan. Semoga Anda dapat mempraktekannya dalam keadaan sesungguhnya.

 

Percakapan Bahasa Inggris Refusing Permissions
Langkah-Langkah Menolak Sebuah Undangan dalam Bahasa Inggris (How to Decline an Invitation in English)
Percakapan Inggris: Asking for, Giving, and Refusing Permission
Menolak Dengan Sopan dan Ramah (Reject in a Polite Way)
Percakapan Mengajak, Menerima Ajakan, Menolak Ajakan dalam Bahasa Inggris
Menolak Ajakan Keluar (How to Say No Politely to A Man Who Asks You Out)
Contoh Dialog Suggestion & Offer (Memberi Saran/Tawaran)
Bagaimana Menanggapi Tawaran Pekerjaan Lewat E-Mail
Cara Menolak Orang Yang Pinjam Uang
Menerima dan Menolak Undangan (How to Accept and Decline Invitations in English)