sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan ‘AM’ dalam AM/PM

Ada dua jenis sistem waktu yang digunakan di dunia ini, sistem 24 jam dan 12 jam. Di Indonesia sendiri sistem yang sering digunakan adalah sistem 24 jam. Namun di ranah internasional, sistem waktu 12 juga cukup lazim digunakan.

Sistem waktu 12 jam ini dikenal juga dengan sebutan am dan pm. Di pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih jauh mengenai sistem waktu tersebut, terutama am. Simak penjelasannya sampai selesai, ya!

Apa Itu Sistem Waktu am?

Seperti namanya, sistem waktu 12 jam membagi waktu dua bagian. Dari 24 jam dalam sehari dibagi dua, sehingga menjadi masing-masing 12 jam. Pembagian menjadi dua ini kemudian disematkan dengan istilah am dan pm.

Istilah waktu am memiliki kepanjangan ante meridiem, kata yang berasal dari bahasa latin. Kata ante meridiem ini berarti sebelum tengah hari atau siang. Ini menunjukkan waktu yang tercakup dalam sistem am, yaitu mulai dari pukul 00.00 dini hari sampai 12.00 siang.

Misalnya tertulis 08.00 am, berarti yang dimaksud adalah pukul 8 pagi.

Sedangkan istilah pm memiliki kepanjangan post meridiem, yang juga dari bahasa latin. Kebalikan dari ante meridiem, kata post meridiem berarti setelah tengah hari atau siang. Waktu yang tercakup dalam sistem pm mulai dari 12.01 siang sampai 23.59 malam.

Misalnya tertulis 08.00 pm, berarti yang dimaksud adalah pukul 8 malam.

Penulisan Sistem Waktu am

Setelah memahami maknanya, selanjutnya kita perlu mengetahui cara penulisan yang tepat. Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam menggunakan sistem waktu am dan pm, yaitu:

  • Penulisan huruf kecil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menuliskan am dan pm dengan huruf kecil. Memang ada yang menuliskan sistem waktu ini dengan huruf besar, seperti AM dan PM. Namun penulisan formal yang benar sesuai kaidah adalah yang menggunakan huruf kecil.

  • Tidak perlu menambahkan keterangan waktu lagi

Salah satu kelebihan menggunakan sistem waktu 12 jam atau am dan pm adalah lebih simpel. Karena sudah dibagi menjadi dua bagian, kita dapat langsung memahami kapan waktunya. Misalnya apakah itu jam 2 pagi atau jam 2 siang.

Jadi ketika menggunakan sistem am dan pm, kita tidak perlu lagi menambahkan keterangan waktu tambahan. Misalnya keterangan seperti morning (pagi), afternoon (siang), evening (sore), dan night (malam). Jadi bisa dituliskan dengan simpel seperti 02.00 am, 07.00 pm, dan seterusnya.

Contoh Penggunaan Sistem Waktu am

Supaya lebih jelas lagi dalam memahami sistem waktu am, berikut beberapa contohnya dalam percakapan Bahasa Inggris:

Contoh 1

Kiara: Dio, are you late again today? (Dio, kamu telat lagi ya hari ini?)

Dio: Yeah, I have a hard time to wake up early, Kiara (Iya nih, aku susah bangun pagi, Kiara)

Kiara: When you wake up today, Dio? (Emangnya kamu bangun kapan hari ini, Dio?)

Dio: Around 6.30 am? I’m not sure, but I think around then (Sekitar jam 6.30 pagi? Aku nggak yakin, tapi sekitar itu lah)

Kiara: No wonder if you’re late. Our school start at 7.00 am, and you just woke up thirty minutes before (Ya wajar aja kalau kamu telat. Sekolah kita kan mulai jam 7.00 pagi, dan kamu malah baru bangun tiga puluh menit sebelumnya)

Dio: Yeah, I should try to wake up earlier tomorrow (Iya, aku harus berusaha bangun lebih pagi besok)

Contoh 2

Dedi: Arum, is the preparation for presentation tomorrow ready? (Arum, apa persiapan untuk presentasi besok sudah siap?)

Arum: It’s perfect, don’t worry. We just need to make sure to come on the time, Dedi (Sudah sempurna, jangan khawatir deh. Kita hanya perlu pastikan besok datang tepat waktu)

Dedi: What time is it again, Arum? (Jam berapa deh itu, Arum?)

Arum: The presentation will start at 9.00 am, but to be safe we need to come at 8.00 am (Presentasinya akan mulai jam 9 pagi, tapi biar aman kita harus datang jam 8 pagi)

Dedi: Okay, I understand. But just tell the team to come at 8.00 am. I don’t want anyone to come late in such an important day (Oke, aku ngerti. Tapi bilang aja ke tim untuk datang jam 8 pagi. Aku nggak mau ada yang telat di hari penting itu)

Arum: I get it, Dedi. I will tell them so (Aku ngerti kok, Dedi. Aku akan bilang gitu ke mereka)

Contoh 3

Indah: Winda, are you free tomorrow? (Winda, besok kamu ada waktu, nggak?)

Winda: I think so, Indah. What is it about? (Kayaknya sih gitu, Indah. Emangnya kenapa?)

Indah: I plan to shop some clothes, and it’s boring to shopping alone. Do you want to shop together, Winda? (Aku rencananya mau belanja baju, dan bosen kalau belanja sendiri. Kamu mau belanja bareng, Winda?)

Winda: That’s a good idea, Indah. Actually I also planned to shop some clothes too, and it will be fun to shop together. At what time we will meet tomorrow? (Ide bagus tuh, Indah. Sebenarnya aku juga udah rencana mau belanja baju, dan pasti seru kalau belanja bareng. Besok jam berapa kita ketemu?)

Indah: How about I pick you up at 9.00 am? We can get some breakfast on the way, if you want (Gimana kalau aku jemput kamu jam 9 pagi? Kita bisa sarapan di jalan, kalau kamu mau)

Winda: That’s okay with me. I will wait for you tomorrow, then (Aku sih oke-oke aja. Besok aku tunggu kamu ya)

Demikianlah pembahasan mengenai sistem waktu am beserta contohnya dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Penggunaan Kata “Themselves”
Perbedaan Makna dan Penggunaan Maybe, Perhaps, Probably
Mengenal Makna Kata Therefore dan Penggunaannya
Penggunaan Kata Should
Penggunaan Yet dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Penggunaan ‘at’, ‘in’, ‘on’
Penggunaan Kata “Would”
Penggunaan ‘FOR’ vs ‘SINCE’ vs ‘AGO’
Perbedaan Makna House dan Home serta Penggunaannya dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Myself vs Yourself