sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “With Regard to” Vs “With Regards to”

Banyak orang yang bingung penggunaan ungkapan yang tepat antara with regard to dengan with regards to. Sebenarnya manakah dari kedua ungkapan tersebut yang lebih tepat dari segi grammar? Pembahasan kali ini akan mengulas lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Jadi, simak tulisan ini sampai selesai, ya!

With Regard to

With regard to merupakan ungkapan yang digunakan sebagai preposisi dalam sebuah kalimat. Hal ini berarti ungkapan with regard to akan berfungsi sebagai kata depan atau kata sambung yang memiliki objek.

With regard to dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai: terkait, mengenai hal…, tentang, menimbang tentang. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • With regard to that meeting, I think we should postpone it for now (Terkait rapat itu, saya rasa kita perlu menundanya dulu untuk sekarang)
  • With regard to the matter you mentioned before, the principal already made a firm decision to not hold that (Mengenai hal yang kamu bahas sebelumnya, kepala sekolah sudah membuat keputusan tegas untuk tidak mengadakannya)

Ungkapan ini juga bisa digunakan menjadi in regard to, yang memiliki arti serupa sekaligus tepat secara gramatikal. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh-contoh berikut:

  • In regard to the handbag, we should buy it directly from its manufacture in France to make sure that it’s an original (Terkait tas tangan itu, kita perlu membelinya langsung dari pabriknya di Prancis supaya yakin kalau itu asli)
  • In regard to that house, the owner said will sell it at the lowest price because he need money urgently (Mengenai rumah itu, pemiliknya bilang akan menjual dengan harga termurah karena dia butuh uang cepat)

With Regards to

Ungkapan with regards to cukup sering digunakan orang sekarang ini. Ungkapan ini kerap dianggap sebagai bentuk jamak dari with regard to, karena ada s pada regards. Jadi banyak yang menggunakan ungkapan tersebut seperti dalam kalimat berikut:

  • With regards to the clothes, she said that she will buy it later (Mengenai baju-baju itu, dia bilang akan membelinya nanti)
  • With regards to the chocolates, the sales of them went up like a skyrocket overnight (Terkait cokelat-cokelat itu, penjualannya melesat seperti roket dalam semalam)

Namun sebenarnya ungkapan with regards to sendiri kurang tepat dari segi gramatikal. Jadi sebaiknya penggunaan ungkapan ini dihindari, terutama dalam ranah formal. Penggunaan yang tepat adalah ungkapan yang dibahas di bagian sebelumnya, yaitu with regard to.

Kata regards sendiri lebih diasosiasikan pada makna memberikan salam, misalnya seperti pada contoh berikut:

Please send my regards to your teacher, and tell him that I’m sorry because I still can’t make time to meet him (Tolong sampaikan salam ke guru kamu, dan bilang padanya maaf belum ada waktu untuk bertemu)

Kata regards juga dapat digunakan untuk menyampaikan hormat, seperti yang sering ditemukan pada surat atau email formal. Misalnya sebagai berikut:

  • Thank you for your attention.

Best regards,

Toni Wahyusudibyo

(Terima kasih atas perhatiannya.

Dengan hormat,

Toni Wahyusudibyo)

  • I hope we can join hand and work well together in the future.

Regards,

Amanda Kumala Sari

(Saya harap kita bisa bekerjasama dengan baik di masa depan.

Hormat saya,

Amanda Kumala Sari)

Penggunaan Ungkapan Serupa

Meskipun ungkapan with regard to dan in regard to tepat secara gramatikal, namun penggunaannya terdengar terlalu elegan dan mewah. Terutama untuk menjelaskan hal-hal yang tidak terlalu formal, akan terdengar agak berlebihan saat menggunakan ungkapan tersebut.

Kita bisa mengganti ungkapan with regard to dan in regard to dengan beberapa kata yang memiliki arti serupa namun jauh lebih simpel. Yaitu regarding (terkait), concerning (mengenai), atau about (tentang).

Misalnya seperti dalam contoh-contoh berikut:

  • With regard to our homework, we should split the task evenly à Regarding our homework, we should split the task evenly (Terkait pekerjaan rumah kita, kita sebaiknya bagi rata tugasnya dengan adil)
  • With regard to our lunch, how about going to the new restaurant across the office? à About our lunch, how about going to the new restaurant across the office? (Tentang makan siang kita, gimana kalau kita pergi ke restoran baru di seberang kantor?)
  • In regard to what you were talking about yesterday, I think we should discuss it again today à About what you were talking about yesterday, I think we should discuss it again today (Tentang yang kamu bicarakan kemarin, aku rasa kita perlu diskusikan itu lagi hari ini)
  • In regard to your request, we will process it next week because of our time is limited à Concerning your request, we will process it next week because of our time is limited (Mengenai permintaan Anda, kami akan memprosesnya pekan depan karena waktu kami terbatas)

Walau begitu, tidak ada salahnya juga tetap menggunakan ungkapan with regard to atau in regard to jika memang dirasa tepat. Atau ketika konteks pembicaraan atau penulisannya memang membutuhkan sesuatu yang elegan dan mewah.

Yang penting kita tahu dimana penggunaan ungkapan tersebut agar tepat dan tidak berlebihan didengar atau dibaca orang lain. Karena ada kalanya juga memang dibutuhkan menggunakan ungkapan yang elegan, terutama dalam konteks yang formal dan profesional.

Demikianlah pembahasan mengenai ungkapan with regard to berikut contohnya dalam kalimat Bahasa Inggris. Sebaiknya tetap menggunakan ungkapan yang sesuai dengan grammar, yaitu with regard to atau in regard to, ya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

 

Penggunaan ‘Was’ Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan If vs Whether
Perbedaan Penggunaan Other dan Another dalam Bahasa Inggris
Penggunaan “When It Comes to”
Penggunaan Do, Does, dan Did Beserta Contohnya
Memahami Kata “Gonna” dan Contoh Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan I Wish, If Only, dan Hope
Penggunaan Kata Could Beserta Contohnya
Contoh Penggunaan Kata Go dan Goes
Contoh Penggunaan Was dan Were