sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata “Any”

Kata any sering digunakan dalam berbagai konteks Bahasa Inggris, baik secara tertulis maupun lisan. Kata any sendiri dalam Bahasa Indonesia bisa berarti sebagai: apa saja, apapun, sesuatu, sedikit, beberapa, tiap-tiap, dan sama sekali.

Dari artinya saja kita sudah dapat melihat kalau kata any ini memiliki jangkauan arti serta penggunaan yang cukup luas. Kata any memang memiliki makna yang berbeda-beda, menyesuaikan konteks penggunaan serta kalimatnya. Juga perlu diperhatikan juga cara menuliskan kalimat yang tepat dengan menggunakan kata any.

Pembahasan kali ini akan mengulas penggunaan kata any yang tepat sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Any Sebagai Indefinite and Unknown Quantity

Penggunaan kata any yang pertama adalah sebagai indefinite and unknown quantity. Pada penggunaan ini, kata any menunjukkan jumlah yang tidak terdefinisikan atau tidak diketahui secara pasti. Bisa jadi satu atau beberapa, atau berapapun itu jumlahnya tidak diketahui secara pasti.

Pada penggunaan kata any sebagai indefinite and unknown quantity, ada beberapa aturan yang perlu diketahui. Berikut beberapa aturan tersebut:

  1. Digunakan pada kalimat negatif dan introgatif

Kata any sebagai indefinite and unknown quantity hanya dapat digunakan pada kalimat negatif dan introgatif. Pada penggunaan ini, kata any tidak bisa digunakan pada kalimat positif.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • Kalimat negatif
      I didn’t eat any food since yesterday (Aku tidak makan apapun sejak kemarin)
    • Kalimat introgatif atau tanya
      Do you have any money left? (Apa kamu masih punya uang tersisa?)
  1. Dapat digunakan untuk countable dan uncountable noun

Kata any dalam penggunaan indefinite and unknown quantity dapat diterapkan baik untuk countable noun (kata benda dapat dihitung) maupun uncountable noun (kata benda tidak dapat dihitung).

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • Countable noun
      • He doesn’t have any books even though he’s a student (Dia tidak punya buku sama sekali meskipun dia seorang pelajar)
      • Does he have any books? (Apa dia punya buku?)
    • Uncountable noun
      • She didn’t add any salt on her dish so the taste is bland (Dia tidak menambahkan garam sedikitpun di makanannya jadi rasanya hambar)
      • Did she add any salt on her dish? (Apa dia menambahkan garam di masakannya?)
  1. Untuk countable noun harus berbentuk jamak

Jika kata any digunakan pada countable noun, maka bentuk noun-nya harus plural atau jamak. Misalnya seperti pada contoh berikut:

    • I don’t have any pens left (Aku nggak punya satupun pulpen tersisa)
    • Do you have any pens? (Apa kamu punya pulpen?)

Any Sebagai Unlimited Entity

Penggunaan kata any selanjutnya adalah sebagai unlimited entity, yaitu sesuatu yang tidak terbatas atau dibatasi. Kata any pada penggunaan ini bisa diartikan sebagai apapun, kapanpun, berapapun, dimanapun. Tidak peduli apapun itu, tidak penting berapapun itu, atau kapanpun itu.

Misalnya seperti pada contoh berikut:

I can see the bright stars at any hour of the night in this countryside
(Aku bisa melihat bintang terang pada jam berapapun pada malam hari di desa ini)

Cara menggunakan kata any sebagai unlimited entity tidak sama dengan kata any sebagai indefinite and unknown quantity. Berikut perbedaan penggunaan kata any sebagai unlimited entity:

  1. Bisa digunakan pada kalimat positif

Berbeda dengan any sebagai indefinite and unknown quantity, kata any sebagai unlimited entity bisa digunakan pada kalimat positif juga. Tidak hanya digunakan pada kalimat negatif dan introgatif saja.

Misalnya seperti pada contoh berikut:

    • I want to go traveling, any destination is fine (Aku mau pergi jalan-jalan, kemanapun itu tidak masalah)
    • I don’t like any unnecesary thing that will block my life (Aku nggak suka hal nggak penting apapun yang akan menghambat hidupku)
  1. Bisa digunakan untuk singular countable noun

Kata any sebagai unlimited quantity dapat digunakan untuk kata benda tunggal atau singular countable noun. Jadi tidak terbatas pada kata benda jamak (plural countable noun) saja.

Misalnya seperti pada contoh berikut:

    • The teacher said that I can draw whatever I want, with any color I like (Guru bilang kalau aku bisa menggambar apapun yang aku mau, dengan warna apapun yang aku suka)
    • I will comply any requirements needed as long as I can get my children back (Aku akan memenuhi syarat-syarat apapun yang dibutuhkan selama aku bisa mendapatkan anak-anakku kembali)

Any Sebagai Pronoun

Penggunaan kata any selanjutnya adalah sebagai pronoun, yang mana bisa berfungsi sebagai kata ganti tanpa harus menambahkan noun. Kata any sebagai pronoun dapat menunjukkan sesuatu dalam jumlah apapun, tidak peduli berapa banyak atau sedikitnya. Misalnya seperti pada contoh berikut:

  • My friend asked for food, but I didn’t have any
    (Temanku minta makanan, tapi aku nggak punya sama sekali)
  • I asked my friend to show me his homework, but he finished hardly any (Aku minta temanku kasih lihat PR-nya, tapi dia hampir tidak menyelesaikan apapun)

Kata any sebagai pronoun juga dapat digunakan menjelaskan apapun dari spesifikasi tertentu dengan berbentuk any of. Misalnya seperti pada contoh berikut:

  • Our failure this time might be due to any of several reasons (Kegagalan kita kali ini bisa dikarenakan beberapa alasan)
  • I don’t think we can answer any of those questions (Aku rasa kita nggak akan bisa jawab pertanyaan-pertanyaan itu satupun)
  • Are any of you going to the cafetaria? (Apa diantara kalian ada yang ke kantin?)

Demikianlah penggunaan kata any beserta makna dan contohnya dalam Bahasa Inggris. Pastikan kita selalu memahami kalimat dan konteks yang berlaku, supaya penggunaan kata any bisa diterapkan dengan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Penggunaan Kata “Each”
Kata Penghubung Menyatakan Pendapat / Opini
Contoh Penggunaan Preposition of Time
Frasa/Kata/Kalimat yang Wajib Diketahui Untuk Komunikasi Lewat Telepon di Tempat Kerja
Perbedaan Some vs Any
Frase/Kata/Kalimat untuk Mengekspresikan Kesedihan
Penggunaan “Based on My Experience”
Penggunaan ‘Afraid’ & Kata Lain dari ‘Afraid’
25 Kata-kata Motivasi Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Perbedaan Penggunaan Sick, Ill, Hurt, Pain, dan Ache