sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan “Either” dan “Neither”

Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari dua kata Bahasa Inggris yang mungkin pernah teman-teman jumpai ketika duduk di bangku sekolah atau mungkin ada dari teman-teman yang mungkin sedang mempelajari kedua kata ini.

Kita akan belajar tentang “either” dan “neither”.

Kita akan membahas apakah sebenarnya kedua kata ini dan bagaimana penggunaannya ketika kita akan membuat kalimat dalam Bahasa Inggris melalui contoh kalimat.

Kalau begitu, mari kita mulai saja pembahasan artikel kita kali ini!

“Either”

Kata pertama yang akan kita bahas adalah “either” (/ˈaɪðər/aide(r) ketika diucapkan menggunakan Bahasa Inggris aksen Britania Raya (huruf r tidak diucapkan sama sekali) dan /ˈiːðər/ ider ketika menggunakan Bahasa Inggris aksen Amerika (huruf r diucapkan secara samar).

Kata ini memiliki beberapa fungsi dalam kalimat dan pengertiannya dapat ditarik berdasarkan fungsi yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Digunakan sebagai kata sambung (conjunction) untuk menunjukkan adanya 2 pilihan atau penawaran yang harus dipilih salah satunya. Untuk fungsi ini,“either” akan selalu dipasangkan dengan “or”.
  • Digunakan sebagai kata ganti (pronoun). Ketika digunakan sebagai kata ganti orang atau benda, “either” akan selalu diletakkan di awal kalimat untuk merujuk ke salah satu dari seseorang atau benda dalam kalimat tersebut.
  • Digunakan sebagai salah satu kata sifat (adjective) untuk menunjukkan atau menggambarkan sesuatu atau seseorang. pada fungsi ini, “either” juga dapat diartikan sebagai “salah satu” atau “setiap”.
  • “Either” juga digunakan sebagai kata keterangan (adverb) yang menunjukkan persetujuan yang sama dengan yang dirasakan orang lain. Di sini, “either” berarti “pula” atau “juga”.

Mari kita lihat penggunaan kata “either” dalam beberapa kalimat di bawah ini:

Contoh kalimat:

  1. We don’t have much time to try on those dresses, Darling. I have a client to meet at 1 this afternoon. You can buy either the pink dress or the purple dress (kita tidak punya banyak waktu mencoba semua gaun itu, Sayang. Ibu punya klien yang harus ditemui pukul 1 siang ini. Kau bisa membeli antara gaun merah muda atau gaun ungu itu)
  2. Either one of them will be the winner in that spelling competition and win the big prize – $1000 (salah satu dari mereka akan menjadi pemenang kompetisi mengeja itu dan memenangkan hadiah besarnya – uang senilai 1000 dolar)
  3. Now we arrive at the most famous shopping district in this town, where there are many stores on either side of the street. Isn’t it gorgeous, visitors? (sekarang kita tiba ke distrik perbelanjaan yang paling terkenal di kota ini, dimana ada banyak rumah di kedua sisi jalan ini. Bukankah itu hebat, pengunjung sekalian?)
  4. Jane can’t cook the turkey for Thanksgiving and Mary can’t, either (Jane tidak bisa memasak kalkun untuk Pengucapan Syukur dan begitu juga dengan Mary)

“Neither”

“Neither” (/ˈnaɪ.ðər/naide(r) dalam aksen Britania Raya dan /ˈniː.ðər/nider menggunakan aksen Amerika) memiliki makna “tidak juga” atau “tidak juga dengan….” dan merupakan bentuk lain dari “not either”.

“Neither” mempunyai beberapa fungsi dalam suatu kalimat, yaitu:

  • Sebagai konjungsi/ kata sambung (conjunction) untuk dua pilihan, namun kedua pilihan ini tidak bisa kita pilih atau lakukan. Untuk fungsi ini, “neither” dipasangkan dengan “nor”.
  • “Neither” juga digunakan untuk kata ganti (pronoun) yang diletakkan pada permulaan kalimat, yang berarti “tidak ada salah satu dari….”
  • “Neither” yang digunakan sebagai kata sifat (adjective) yang menjelaskan tentang sesuatu atau seseorang dalam konteks negatif. “Neither” di sini dapat bermakna “tidak ada seorangpun atau satupun”.
  • Saat digunakan sebagai kata keterangan (adverb), “neither” dapat diartikan sebagai “tidak/bukan juga” serta “tidak demikian dengan…”. Fungsi ini menunjukkan bahwa kita menyuarakan persetujuan untuk tidak melakukan atau tidak menyukai hal yang serupa dengan orang yang berada di dekat kita.

Untuk lebih memperjelas, mari kita lihat beberapa contoh kalimat dengan penggunaan “neither” di dalamnya berikut ini.

Contoh kalimat:

  1. I have neither enough time nor enough patience to hear the story of why you break up with Tony this time. You guys are always like that, break up dan get back together in several weeks. I honestly can’t understand both of you (aku tidak punya waktu yang cukup dan tidak juga kesabaran yang cukup untuk mendengar cerita bagaimana kau putus dengan Tony kali ini. Kalian selalu seperti itu, putus dan kembali bersama lagi dalam beberapa minggu. Sejujurnya aku tidak bisa memahami kalian berdua)
  2. I don’t understand why do you always say bad things about my sons’ love life. For your information, neither of my sons is still single. They’re both already married to their girlfriends. So, you better be quiet from now on, Brenda! (aku tidak paham mengapa kau selalu mengatakan hal-hal buruk tentang kehidupan percintaan anak-anakku. Sebagai informasi, tidak ada satupun dari kedua putraku yang masih sendiri. Mereka berdua sudah menikah dengan masing-masing pacar mereka. Jadi, mulai sekarang lebih baik kau diam, Brenda!)
  3. That’s enough, Dean! You’re not allowed to drive neither of my two cars. Starting tomorrow, you will go to school by riding your bicycle (sudah cukup, Dean! Kau tidak diizinkan untuk mengendarai salah satu dari kedua mobilku. Mulai besok, kau akan pergi ke sekolah dengan mengendarai sepedamu)
  4. Because of their allergies, Sora can’t eat prawns and neither can Yuki (dikarenakan alergi mereka, Sora tidak bisa memakan udang dan Yuki pun tidak bisa)

Demikian pembahasan kita mengenai “neither” dan juga “either” serta penggunaan kedua kata ini dalam tata kata dan kalimat berbahasa Inggris.

 

Penggunaan “In Terms Of”
Penggunaan “Whom” vs “Whose “
Penggunaan ‘Or’ vs ‘Nor’
Penggunaan Kata Should
Perbedaan Penggunaan “Suppose” vs “Supposed”?
Perbedaan Penggunaan Get, Take, Pick, Bring, Pick
Penggunaan “Would” dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Conjunctions dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Kata “An”
Penggunaan Kata Somehow, Somewhat, dan Someway