sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Such and So

Dalam menyatakan jumlah yang sangat besar, atau untuk menyatakan pujian, seringkali kita menggunakan kata sangat, atau bahasa gaulnya “Banget”. Kita dapat menggunakannya dalam berbagai hal seperti untuk menyatakan jumlah, kondisi, ukuran, dan banyak hal lainnya seperti sangat banyak, sangat besar, sangat tinggi, sangat pendek, sangat kecil, sangat sepi, sangat ramai, dan lain sebagainya.

Pada bahasa inggris, kita dapat menggunakan beberapa pilihan kata seperti “very”, “really”, “such”, dan juga “so”. Pada kali ini, kita akan membahas mengenai dua kata terakhir, yaitu Such dan So. Kedua kata tadi memiliki kegunaan yang sama, yakni untuk menunjukkan kalimat yang lebih kuat, sesuatu yang lebih daripada biasanya.

Meskipun kegunaannya sama, namun kita harus paham penempatan kedua kata tadi dalam suatu kalimat. Jadi, penggunaan So dan Such jangan sampai tertukar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengaplikasikan kedua kata tersebut dalam kalimat. Mari kita ulas bersama, dimulai dari kata yang pertama.

So

Penggunaan kata So ini sebenarnya sangat sederhana. Kita dapat menggunakannya untuk menimbulkan efek lebih atau sangat dalam segala hal seperti sangat cantik (so beautiful), sangat jelas (so clear), dan lain sebagainya. So digunakan setelah to be dan  sebelum kata sifat atau kata keterangan, namun tanpa imbuhan “a”, seperti :

  • He’s so clever, can i be like him? / He is very clever, can i be like him (Dia sangat pintar, bisakah aku seperti dia?)
  • She was so pretty, until that car crash happened / She was very pretty, untl that car crash happened (Dia sangat cantik dulunya, sampai kecelakaan mobil itu terjadi)
  • Mrs. Mira is so great at teaching, that’s why we like her / Mrs. Mira is really good at teaching (Bu Mira sangat baik dalam mengajar, itulah kenapa kami menyukainya)
  • Mr. Sutioso is so good at business industry / Mr. Sutioso is very good at business industry (Pak Sutioso sangat handal di bidang bisnis industri
  • You can taste those American foods, they are so delicious / You can taste those American foods, they are really delicious (Kamu bisa mencoba merasakan masakan Amerika itu, makanan itu sangat enak)
  • Even though it’s nice, the pancake is so expensive / Even though it’s nice, the pancake is very expensive (Meskipun enak, pancake itu sangat mahal)
  • Even though they are still kids, they can speak Japanese so well / Even though they are still kids, they can spean Japanese very well (Meskipun mereka masih anak-anak, mereka dapat berbicara dengan bahasa Jepang dengan sangat baik)

Such

Penggunaan kata such hanya ada sedikit perbedaan saja. Sebelum noun, harus ditambahi dengan imbuhan “a” atau “an”. Jadi, kita hanya perlu menambahkan elemen itu saja untuk bisa menggunakan kata “such”. Jangan gunakan imbuhan tersebut sebelum kata such.

  • Your’e such a pretty girl (Kamu adalah gadis yang sangat cantik)
  • That’s such a tall building right there! (Betapa tingginya bangunan itu yang ada disana!)
  • Even though it’s tiring, climbing the mountain is such a satifsying experience (Meskipun  melelahkan, mendaki gunung merupakan pengalaman yang sangat memuaskan)
  • You have such a low level of character (Kamu punya karakter yang levelnya rendah sekali)
  • It was such a good time in Mount Bromo (Itu adalah waktu yang mengesankan di gunung bromo)
  • Those kids speak such good Japanese (Anak-anak berbicara dengan Bahasa Jepang dengan sangat baik)

Menghubungkan Kalimat dengan dan tanpa “That”

Kita juga dapat menggunakan dua kalimat dengan kata that, jadi ada dua kondisi yang tergabung dalam rangkaian kalimat yang sama. Ada dua pilihan di sini, kamu bisa menambahkan kata “that”, atau menggabungkan kata tanpa menggunakan “that”.

  • It was raining so heavily that i need to spend some time at home / It was raining so heavily i need to spend some time at home (Karena hujannya sangat deras, aku harus menghabiskan waktu lebih di rumah)
  • It was so hot that my ice cream melted quickly / It was so hot my ice cream melted quickly (Karena hari itu sangat panas, es krim ku meleleh sangat cepat)
  • He’s  so clever that he can even beat his older brothers in math / He’s so clever he can even beat his older brothers in math (Karena dia sangat pintar, dia bisa mengalahkan saudara laki-lakinya yang lebih tua di Matematika)
  • That’s such an expensive shirt that he needs to use all his savings / That’s such an expensive shirt he needs to use all his savings (Karena itu adalah kaos yang sangat mahal, dia harus menghabiskan seluruh tabungannya)

 

Penggunaan “Them” Dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Tanda Petik ‘s’
Penggunaan Kata “However”
Penggunaan Kata “Would”
Penggunaan “Yet” vs “Already”
Memahami Kata “Gonna” dan Contoh Penggunaannya Dalam Bahasa Inggris
Perbedaan “Insight” dan “In Sight” Serta Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penggunaan “While” Dalam Kalimat
Penggunaan If vs Whether
Penggunaan “am” dalam I am